cara merawat busur panah

Bagi yang hoby dengan memanah mungkin bertanya-tanya, bagaimana caranya agar busur panah bisa lentur dan nyaman saat dipakai memanah ? apakah ada produk atau alat untuk membuat lentur dan awet ?

Busur panah agar tetap lentur perlu dijaga dan dirawat kondisinya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan biopolish leather care. Meskipun diberi merek dagang Biopolish leather care, namun produk ini memang diformulasikan untuk merawat dan melindungi kulit natural leather, kulit sintetis, karet termasuk fiber dan lapisan cat atau pernis kayu agar tetap kuat liat fleksibel dan terlindung dari cuaca.

Busur panah khususnya jenis horse bow secara umum terdiri dari 3 komponen utama yaitu:

  1. Limb atau sayap busur
  2. Handle dan siyah
  3. String atau tali busur

Berikut ini kita bahas satu persatu untuk merawat busur panah dengan biopolish leather care :

  1. Perawatan Limb Atau Sayap Busur

Limb biasanya terbuat dari bahan PVC, Fiber atau laminasi kombinasi beberapa jenis bahan namun yg paling umum adalah laminasi fiber dan kayu Fungsi utama limb ini adalah menghasilkan gaya pegas yang akan menentukan kekuatan dan kecepatan laju anak panah. Untuk itu menjaga kelenturan dan kekuatan bahan limb adalah syarat mutlak yang gak bisa ditawar agar busur tetap dalam kondisi full performace.

cara merawat busur panah

Bagaimana Biopolish Leather Care Bekerja Menjaga Kelenturan Bahan Limb?

PVC atau Fiber glass adalah bahan polimer sintetis yang sifat kelenturannya ditentukan oleh jumlah dan panjang rantai polimernya. Biopolish leather care terbuat dari kombinasi beeswax dan beberapa minyak nabati jenis long oil yang secara ilmiah diketahui mampu meresap kedalam strukture polimer dan bekerja menjaga jumlah serta ikatan rantai polimer didalamnya.

Disamping itu sifat anti oksidan yang dimiliki oleh kandungan bahan-bahan alami yang ada didalam Biopolish mampu mencegah proses oksidasi yang disebabkan oleh perubahan suhu dan cuaca. Sesungguhnya proses oksidasi inilah faktor utama putusnya rantai polimer yang akan membuat busur panah kehilangan kelenturan dan kekuatan lentingannya. Oleh karena itu Biopolish leather care terbukti bekerja efektip menjaga kekuatan dan kelenturan limb busur panah horsebow.

Bagaimana Cara Perawatan Limb Dengan Biopolish Leather Care?

  • Sehabis digunakan, pastikan busur dalam kondisi kering dan bersih.

  • Oleskan secara merata biopolish keseluruh bagian limb depan maupun belakang.

  • Biarkan beberapa saat, dan gosok dengan kain halus dan kering sampai benar-benar bersih dan kering kembali (permukaan tidak lengket)

-Simpan busur ditempat sejuk kering dan tidak lembab

  1. Perawatan Handle Dan Siyah

Bagian Handel dan Siyah umumnya terbuat dari kayu atau fiber glas yang di cat atau di lapisi bahan coating atau istilah umumnya vernish (varnish). Kerusakan busur yang paling sering terjadi selain limb patah adalah bagian siyah pecah. Baik itu jenis siyah kayu maupun laminasi fiber glass. Sekali lagi, selain kualitas jenis kayu atau fiber glass yang digunakan.

Faktor cuaca dapat menurunkan kekuatan bahan siyah. Proses oksidasi dipercepat oleh perubahan suhu dan sinar ultraviolet, apalagi jika busur sering digunakan dibawah terik matahari, sinar matahari dan hujan akan membuat bahan kayu atau fiberglass cepat getas dan pecah. Pada bagian siyah ini Biopolish leather care juga bekerja efektif untuk menjaga kekuatan bahan siyah baik yang terbuat dari kayu PVC maupun fiber glass.

 Bagaimana Cara Perawatan Siyah Atau Handle dengan biopolish leather care ?

-Sehabis digunakan, pastikan siyah atau handel busur dalam kondisi kering dan bersih.

-Oleskan secara merata biopolish keseluruh bagian handle dan siah

-Biarkan beberapa saat, gosok dengan kain halus dan kering sampai benar-benar bersih dan kering kembali (permukaan tidak lengket)

-Simpan busur ditempat sejuk kering dan tidak lembab

  1. Perawatan String atau Tali Busur

String atau tali busur terbuat dari serat serat benang yang juga terdiri dari susunan rantai polimer. Tentu saja juga perlu perawatan dengan biopolish leather care agar tetap kuat dan liat. Beeswax yang merupakan bahan utama Biopolish sudah digunakan oleh para pemanah sejak jaman dulu kala. Karena memang secara scientific terbukti mampu menjaga kekuatan tali busur panah baik yang terbuat dari serat alam maupun serat sintetis.

Bagaimana Cara Perawatan String Atau Tali Busur Dengan Biopolish Leather Care?

  • Oleskan Biopolish leather care secara merata pada saat string terpasang dan biarkan tetap basah dan sedikit lengket
  • Oleskan lagi setiap busur akan dipakai.

cara merawat busur panah

Beli Biopolish Leather Care Untuk Perawatan Busur Panah

Kini anda tidak perlu repot dan bingung untuk merawat busur panah. Berbagai bagian pada busur dapat dirawat dengan baik  menggunakan biopolish leather care. Untuk mendapatkan biopolish leather care, silahkan hubungi customer care kami di nomor  +6281225784920 atau membeli langsung di akun marketplace berikut ini:

TOKOPEDIA        : https://www.tokopedia.com/biopolish

BUKALAPAK       : https://www.bukalapak.com/biopolish

SHOPEE                                : https://shopee.co.id/shop/7299615/

LAZADA                                : https://www.lazada.co.id/biopolish

RALALI                  : https://www.ralali.com/v/biopolish

Bagaimanakah Perawatan Busur Panah Dengan Biopolish Leather Care ?
Read previous post:
Cara Menghitamkan Spakbor Motor Yang Kusam Dan Warnanya Memudar

Cara menghitamkan spakbor motor dapat dilakukan dengan bahan alami. Tanpa menggunakan bahan kima berbahaya dan aneh aneh. Bagian plastik spakbor...

Close
web stats