Sebagaimana namanya, beeswax atau bees wax adalah lilin yang asalnya dari lebah madu. Lilin ini langsung disekresikan lebah dari kelompok lebah pekerja. Fungsi bahan ini sangat beragam. Bees wax sangat umum digunakan untuk bahan pembuatan candle, kosmetik, hingga sebagai bahan poles serbaguna Biopolish® Leather Cre, Biopolish® interior dan Biopolish®Eksterior.

Beeswax adalah lilin alami dari sarang lebah madu.
Beeswax adalah lilin alami dari sarang lebah madu.

Beeswax merupakan lilin alami yang disekresikan oleh lebah dari genus Apis. Bagi lebah, lilin yang disekresikan oleh kelompok pekerja muda ini adalah untuk memperkokoh sarang koloni.

Tahukah Anda, saat sarang lebah tampak tak begitu kuat, maka para lebah muda akan memakan banyak madu simpanan? Ini mereka lakukan agar produksi beeswax semakin banyak. Kemampuan lebah pekerja ini akan semakin menurun seiring berjalannya waktu. Hingga pada akhirnya, lebah pekerja tua benar-benar kehilangan kemampuannya.

Perbandingan komposisi antara madu yang dikonsumsi dan lilin lebah yang dihasilkan sendiri ialah 5:1. Jadi, bila lebah memakan 5 gram madu, maka yang dihasilkannya hanya 1 gram lilin lebah.

Beeswax has long history to be used by human. Although people commonly don’t realise that, bees wax has been utilized in many products which they often used.

Bagi manusia, lilin lebah sudah banyak dimanfaatkan sejak dulu. Meski masyarakat awam belum begitu mengenalnya, namun material ini  sebenarnya sudah terdapat pada produk-produk yang familiar mereka gunakan.

Berdasarkan ada tidaknya treatment dan jenis perlakuan yang dilakukan manusia, lilin lebah dapat dibedakan atas :

  1. Lilin Kuning, yakni lilin lebah mentah yang sama sekali belum diapa-apakan oleh manusia.
  2. Lilin Putih, yakni lilin lebah yang sudah diputihkan oleh manusia
  3. Lilin Absolut, yakni lilin lebah yang sudah sudah dicampur dengan alkohol untuk keperluan tertentu.

Kandungan Beeswax

Lilin lebah memiliki kandungan yang sangat beragam. Bahan ini bukan hanya terdiri atas satu senyawa saja. Secara kimia, beeswax mengandung palmitate, ester oleate, palmitoleate, dan berbagai komponen senyawa lainnya. Bahan berumus kimia C15H31COOC30H61 ini memiliki titik didih rendah. Artinya mudah tidak begitu mudah meleleh. Akan tetapi pada suhu sehari-hari, bahan ini tetap berbentuk padatan.

Beeswax Dapat Digunakan untuk Membuat Produk Tampak Baru!

Bagi manusia bees wax paling banyak digunakan untuk:

  • Membuat lilin. Lilin dari bahan ini sangat wangi dan lebih indah
  • Bahan kosmetik. Bees wax biasa digunakan untuk bahan lipstik, lip balm, lip gloss, hingga pelembab rambut

Selain dua manfaat yang sudah sangat biasa tersebut, bees wax juga banyak dimanfaatkan untuk bidang makanan dan farmasi. Misalnya untuk melapisi buah-buahan yang akan dikirim antar kota. Lilin lebah yang sangat aman (bahkan untuk dimakan langsung) akan membuat buah-buahan lebih awet karena bersifat water resistance sehingga mencegah pembusukan.

Biopolish Beeswax

Selain itu, manfaat luar biasa lilin lebah lainnya adalah sebagai bahan produk poles. Tahukah Anda, Anda bisa membuat hampir semua produk Anda tampak baru dengan kilap dan warna lebih menawan dengan bahan ini?

Di bidang perawatan produk-produk yang terbuat dari kayu, kulit, karet, hingga vynil, beeswax sering dijadikan poles serba guna. Contoh produk poles yang menggunakan bahan ini adalah Biopolish Leather Care, Biopolish Interior dan Biopolish Eksterior.

Ketiga produk pemoles tersebut mengandung beeswax sebagai komponen utama yang kemudian ditambah dengan vegetable oil seperti linseed oil. Sifat water resistance material ini dan kemampuannya membuat serat produk lentur akan membuat produk-produk Anda senantiasa awet. Standar keamananya pun food grade hingga aman digunakan untuk poles alat-alat makan. Sangat menarik bukan?

lilin lebah
Produk-produk dari kayu, kulit, vynil, hingga karet akan tampak baru lagi dengan Biopolish!

Incoming search terms:

  • contoh Beeswax
  • contoh beswak#spf=1
  • Lilin boleh dimakan
  • guna beeswax
  • manpaat lilin untuk buah
  • bee wax bisa dimakan
  • manfaat makan wax madu
  • kandungan atau komposisi lilin
  • manusia yang namanya lilin
  • kegunanaan umum wax /lilin
Beeswax, Lilin Alami Sejuta Manfaat
Read previous post:
Sejuta Manfaat Beeswax (Benefit) – Jadikan Perabot seperti Baru lagi!

Percaya atau tidak, yang kita duga cuma bahan tak banyak guna, faktanya bisa menghemat jutaan rupiah. Itulah beeswax atau yang...

Close
web stats