Wax Untuk Kayu, Tips Terbaik Merawat Furniture Ruang Keluarga

Ruang keluarga atau living room set membutuhkan sentuhan perawatan terbaik dengan menggunakan wax kayu. Pilih wax untuk kayu yang aman untuk kesehatan dan lingkungan. Kami akan memberikan tips sekaligus rekomendasi merawat living room set atau furniture ruang keluarga dengan wax kayu terbaik.

Furniture terbagi menjadi dua yakni furniture interior dan furniture eksterior. Keduanya hanya dibedakan dari peletakan dan jenis furniture saja. Furniture interior pada umumnya lebih beragam karena terbentuk terdiri dari beragam kegunaan seperti stool, tv cabinet, kitchenette, livingroom set dan masih banyak lagi. Sedangkan furniture eksterior seperti furniture teras, garden furniture, bangku panjang atau bahkan ayunan. Kedua furniture tersebut biasanya banyak menggunakan bahan baku kayu karena memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik dari material lain.

Untuk furniture interior seperti ruang keluarga atau living room set, pada umumnya terdiri dari meja, kursi maupun stool yang terbuat dari material kayu. Kayu yang digunakan pun beragam mulai dari kayu jati, kayu mahoni atau jenis kayu lainnya. Terlepas dari jenis kayu yang digunakan, apabila livingroom set ini tidak dirawat maka akan menyebabkan tampilannya terlihat kusam bahkan diantaranya terserang serangga maupun jamur. Untuk mencegah debu yang mengendap, serangga maupun jamur, Anda bisa mengaplikasikan wax untuk kayu secara rutin.

ruang tamu

Pengaplikasian wax kayu tersebut sangat efektif untuk merawat furniture baik livingroom set, kitchenette maupun tipe furniture lainnya. Bahkan tidak hanya kayu, waxkayu juga sangat bagun untuk merawat furniture atau perabotan yang terbuat dari bahan serat alam lainnya yakni rotan, bambu maupun serat alam lainnya. Semua serat alam hampir sama yakni sama-sama diminati oleh serangga, bakteri, mikroorganisme maupun jamur. Karena didalamnya terkandung bahan yang menjadi bahan utama makanan dari serangga ataupun mikroorganisme lainnya. Selain itu, serat alam juga sangat mudah menyerap molekul air yang bisa menyebabkan didalamnya menjadi lembab, keadaan lembab ini lah yang menjadi pemicu munculnya jamur.

Tips Menjaga Living Room Set Tetap Awet

Furniture interior pada umumnya memiliki ketahanan yang kurang baik daripada furniture eksterior. Mulai dari material yang digunakan maupun lapisan cat yang digunakan. Untuk lapisan cat pada furniture interior lebih menggunakan lapisan cat yang tidak memiliki feature tahan cuaca dan kadangkala apabila furniture interior yang terpapar sinar matahari terus-menerus akan mudah mengusam.

Meskipun furniture interior seperti living room set menggunakan lapisan cat yang memiliki feature tahan air tetap saja furniture tersebut mudah terserang jamur maupun serangga apabila terdapat pada ruangan yang lembab. Ruangan yang lembab menjadi pemicu munculnya jamur maupun serangga karena molekul air di udara yang cukup tinggi. Ruang yang lembab tersebut biasanya disebabkan oleh kurangnya sirkulasi udara dan pencahayaan yang menyebabkan ruangan gelap dan menjadi pengap. Bahkan bau yang ditimbulkan tersebut tidak cukup hanya di menyemprotkan pewangi ruangan namun harus membuka jendela atau pintu agar udara bisa bergantian.

polish kayu

Nah, selain pencahayaan dan sirkulasi yang cukup, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan pada living room set Anda:

  • Pastikan untuk membersihkan furniture dengan kemoceng. Apabila furniture dipadukan dengan sofa, maka bersihkan sela-sela lekuka menggunakan kain bersih.
  • Apabila terdapat noda pada bagian kayu sebaiknya untuk tidak membilasnya menggunakan air, cukup dengan kain yang dibasahi ujungnya kemudian bersihkan. Hal ini mengurangi permukaan kayu menjadi lembab sehingga tetap aman.
  • Aplikasikan wax untuk kayu secara rutin menggunakan kain yang bersih. Alangkah baiknya lakukan setiap dua minggu sekali.
  • Apabila furniture sudah berumur lebih dari 5 tahun, sebaiknya untuk mengaplikasikan cat kembali.

Wax Untuk Kayu Yang Baik Menjaga Tampilan Furniture

Wax kayu sangat mudah dijumpai di pasaran dengan berbagai merk sehingga sangat mudah untuk didapatkan. Namun, yang perlu Anda ingat adalah tidak semua jenis wax kayu aman digunakan karena kandungan bahan kimianya yang tinggi. Terdapat pula wax kayu yang memiliki bau wangi yang sangat menyengat namun memiliki kandungan VOC yang sangat tinggi. VOC merupakan senyawa organik yang beracun apabila kandungannya sangat tinggi. Bahkan tidak hanya menyebabkan gangguan kesehatan melainkan juga bisa merusak lingkungan seperti melebarnya lapisan ozon.

Maka dari itu, sangat penting untuk memilah dan memilih wax kayu yang tepat untuk merawat furniture atau perabotan kayu Anda. Anda bisa menggunakan Biopoliseh Linseed Oil atau Biopolish Beeswax yang sudah dipastikan aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Kedua wax untuk kayu tersebut menggunakan bahan alami sebagai bahan baku utamanya yakni beeswax atau juga disebut dengan lilin lebah. Perbedaan Biopolish Linseed Oil dan Biopolish Beeswax adalah pada bahan dan penggunaannya.

polish kayu beeswax

Biopolish Beeswax ini biasanya terbuat dari beeswax tanpa campuran bahan kimia sehingga dipastikan aman jika bersentuhan dengan makanan. Bahkan wax kayu tersebut sudah mendapatkan label Food Grade karena kandungannya yang aman. Selain itu, wax kayu tersebut diproduksi sesuai dengan standar regulasi keamananU.S  Food and Drug Administration (FAD). Jadi, Biopolish Beeswax ini dikhususkan untuk merawat furniture atau perabotan serat alam yang bersentuhan langsung dengan makanan. Dijamin tidak menyebabkan keracunan bahkan wax kayu ini juga tidak akan mengurangi kualitas rasa dari makanan tersebut. Sedangkan Biopolish Linseed Oil merupakan wax kayu yang terbuat dari beeswax, linseed oil dan campuran bahan kimia yang aman lainnya. Pada umumnya, wax kayu ini banyak digunakan untuk perawatan furniture eksterior maupun interior seperti livingroom set.

wax untuk kayu

Baik Biopolish Beeswax maupun Biopolish Linseed Oil ini sama-sama tahan air sehingga apabila bersetuhan dengan air tidak akan menyebabkan warna luntur. Bagi furniture atau perabotan yang tidak dilapisi cat atau tanpa finishing, maka perawatan menggunakan Biopolish ini sangat efektif menjaga tampilan warna karena wax kayu ini bisa mengeluarkan warna kayu menjadi semakin tajam. Tidak hanya menjaga bagian luar saja, Biopolish tersebut juga menjaga bagian dalam karena sifatnya yang semakin lama dioles maka semakin meresap ke dalam serat kayu. Sehingga kecil kemungkinan baik jamur, bakteri, jamur maupun mikroorganisme menyerang kayu tersebut.

Sedangkan untuk furniture yang sudah dilapisi cat maka Biopolish akan menjaga tampilan semakin cemerlang. Tampilan semakin mengkilap dan tampil seperti baru sehingga mengurangi kemungkinan untuk melapisi cat. Jadi, perawatan wax kayu ini sangat penting karena bisa mengurangi intensitas pelapisan cat yang biasa terjadi sekitar 5 tahun sekali. Hal ini jika dalam keadaan normal, apabila furniture tidak dirawat maka akan lebih cepat perawatannya.

wax untuk kayu

Kedua wax kayu ini bentuknya menyerupai lilin tapi lebih lunak sehingga ketika mengaplikasikan tidak perlu dicampur dengan bahan apapun. Cukup hanya dioleskan menggunakan lap bersih ke permukaan furniture. Sebaiknya untuk mengoles wax kayu tersebut searah dengan serat kayu agar tampilan bisa lebih tajam dan cemerlang. Lakukan perawatan tersebut secara rutin hingga Anda mendapatkan furniture Anda terlihat baru setiap saat. Terutama bagian living room yang notabene menjadi pusat perhatian pertama ketika tamu atau keluarga sedang bertamu ke rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *