Year: 2020

Bangunan yang ada di Indonesia dipengaruhi dengan sentuhan arsitektur, interior, hingga furniture dari era kolonisasi, terutama dari Belanda dan Inggris. Hal ini bisa tercermin terutama di kota-kota besar Indonesia, di pusat kota, seperti yang ada di Bandung, Semarang, Jakarta, Surabaya, dan lain-lainnya. Meski saat ini bangungan-bangunan tersebut lebih dialihfungsikan sebagai bangunan komersil. Bangunan bersejarah itu memiliki kekayaan elemen furniture sebagai produk budaya yang menarik untuk dipelajari.

Continue Reading

Setiap jenis kayu memiliki keawetan yang berbeda-beda dan ini menjadi faktor penting dalam menentukan penggunaan. Juga menyangkut umur dari furniture sendiri, jika kayu awet maka akan berumur panjang. Keawetan kayu ditentukan oleh beragam faktor, juga kondisi tempat di mana kayu ditempatkan.

Kayu yang diletakkan di dataran rendah akan berbeda keawetannya jika diletakkan di dataran tinggi. Yang di dataran tinggi lebih awet usianya daripada yang di dataran rendah. Semisal pada Tectona grandis atau kayu jati menurut penelitian, ketika dikubur (graveyard) bisa bertahan selama 7 tahun, tapi jika diuji di laut dalam 3 bulan sudah mendapat serangan dari organisme yang merusak kayu.

Continue Reading

Jepara, kota yang terletak di Jawa Tengah ini memang terkenal dengan produk kayunya yang memiliki kualitas tinggi. Produk kayu dari Jepara sering diburu oleh para pecinta furniture kayu yang di Indonesia maupun di luar negeri. Kualitas produknya pun telah memenuhi standar ekspor dan memberikan keuntungan yang tidak sedikit. Sehingga ada sebagiaan orang yang berminat menginvestasikan tabungannya pada produk-produk furniture kayu dari Jepara. Di samping bentuk-bentuknya yang indah dan estetik, cara merawat furniture kayu jati dari Jepara juga terbilang mudah untuk dibersihkan secara rutin.

Continue Reading

Furniture kayu minimalis banyak diminati di masa sekarang. Bentuknya yang elegan, bermacam-macam, dengan warna menarik membuat furniture kayu minimalis laku pula di pasaran. Apalagi jika furniture kayu mnimalis tersebut memiliki pesona vintage, semakin menambah daya pikita di rumah. Meskipun dalam merawat furniture kayu minimalis diperlukan treatment tertentu agar kayu terus awet dan bertahan lama, dan tetap anggun-elegan hingga tua.

Continue Reading

Serangga yang paling ditakuti oleh para pecinta furniture salah satunya adalah rayap. Makhluk kecil satu ini hidup berkelompok atau berkoloni dengan sesamanya. Peran utama rayap sendiri dalam ekosistem lebih bertindak sebagai pengurai (dekomposer). Namun, karena semakin bertambahnya jumlah penduduk, habitat alami rayap semakin berkurang dan berekspansi pada bangunan perumahan serta perabotan manusia. Hal itu dilakukan sebagai cara untuk mempertahankan hidup ketika mencari sumber daya makanan. Setiap tahun, serangan rayap ini cenderung meningkat. Tumbuh sebagai hama yang bagi manusia mengganggu sehingga pada furniture kayu jati semisal, dibutuhkan tips merawat furniture dari kayu anti rayap.

Continue Reading

Furniture kayu jati mempunyai prestise-nya sendiri, banyak orang menginginkannya sebagai koleksi. Tak hanya untuk keperluan praktis, tapi juga seni. Semakin berumur lama dan terawat, furniture bisa tampil sangat menarik, enak dipandang, adem ketika dipegang, serta kokoh menghadapi perubahan cauca. Untuk mencapai hal ini diperlukan cara merawat furniture kayu jati yang tepat. Banyak rumah memiliki furniture jenis kayu jati dan berbagai cara pun dilakukan untuk melakukan perawatan yang benar.

Continue Reading

Kayu merupakan salah satu produk material yang bisa dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Secara ilmiah, kayu merupakan suatu bagian dari pohon yakni bagian xylem yang susunanya terbuat dari berbagai sel-sel kayu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pnashin dan De Zeuw pada tahun 1978, dan disitasi oleh Ridwanti Batubara menjelaskan komponen-komponen yang unik serta berbeda yang dimiliki oleh sel kayu. Komponen berbeda itu terdiri dari bagaimana kandungan kimianya, bagaimana sifat fisiknya, dan bagaimana mekaniknya. Tak heran ketika bagian kayu ini menjadi perotan rumah tangga diperlukan cara merawat furniture kayu dengan tepat.

Continue Reading

Kayu jati dianggap sebagai “emas hijau” yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Tak khayal, produk alam satu ini banyak dicari-cari untuk pembuatan perabotan atau furniture bermutu tinggi. Sifatnya yang awet, mudah dibentuk, dan fitur seratnya yang khas membuatnya unik. Merawat furniture kayu jati juga tidak terlalu susah.

Belum lagi ketika kayu jati itu tergolong dalam jenis kayu jati kuno. Dengan ciri antik, berumur lama, tapi masih terawat dengan sangat baik. Di pasaran, kayu jati jenis ini harganya bisa melampaui  harga emas yang berlaku sekarang. Kamu bisa menemukan kayu-kayu jati kuno ini di pameran atau galeri barang antik. Mungkin pula jika kamu berkunjung ke kota Kudus, gebyok dalam rumah adat Kudus merupakan satu contoh nyata kayu jati dengan banderol harga ratusan juta rupiah. Tentu merawat furniture kayu jati jenis ini butuh tekniknya tersendiri.

Continue Reading
merawat furniture kayu jati

Ada rahasia yang belum banyak diketahui orang terkadang, yaitu usia suatu perabotan kayu jati menentukan harga. Semakin tua dan terawat dengan baik, maka produk kayu jati akan berharga tinggi. Selain itu, asal kayu jati juga cukup menentukan harga pula. Semisal kayu jati yang berasal dari kota khusus penghasil kayu seperti Blora memiliki kebanggaannya sendiri. Untuk itu, merawatnya tak bisa sembarangan, butuh cara merawat perabot kayu jati yang benar.

Continue Reading

Perabotan klasik yang terbuat dari kayu memang memiliki pesona dan gayanya sendiri. Melihatnya saja kamu bisa menikmati produk budaya dan masa yang berbeda, entah itu masa lalu, vintage, bahkan modern. Tak heran perawatan mebel kayu klasik ini kadang bikin frustrasi bagaimana cara maintenance yang tepat agar bersih dan bebas dari debu membandel.

Ketika kamu tengah melakukan perawatan pada perabot mebel kayu, untuk menjaga agar kayu terlihat bagus kamu harus mengetahui dasar-dasar membersihkannya. Paling tidak, lakukan perawatan mebel kayu secara rutin dari debu, kotoran, hingga risiko terserang serangga yang bisa merusak kayu kesayanganmu. Debu misalnya, dapat menyebabkan adanya endapan udara yang menumpuk pada permukaan furniture kayu.

Continue Reading