October 2020

Cara Merawat Furniture Kayu Jati Agar Warna Tetap Tajam dan Kinclong

Furniture kayu jati mempunyai prestise-nya sendiri, banyak orang menginginkannya sebagai koleksi. Tak hanya untuk keperluan praktis, tapi juga seni. Semakin berumur lama dan terawat, furniture bisa tampil sangat menarik, enak dipandang, adem ketika dipegang, serta kokoh menghadapi perubahan cauca. Untuk mencapai hal ini diperlukan cara merawat furniture kayu jati yang tepat. Banyak rumah memiliki furniture jenis kayu jati dan berbagai cara pun dilakukan untuk melakukan perawatan yang benar.

Cara Merawat Furniture Kayu Jati Agar Warna Tetap Tajam dan Kinclong Read More »

Cara Merawat Furnitur Kayu yang Keras dan yang Lunak

Kayu merupakan salah satu produk material yang bisa dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Secara ilmiah, kayu merupakan suatu bagian dari pohon yakni bagian xylem yang susunanya terbuat dari berbagai sel-sel kayu. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pnashin dan De Zeuw pada tahun 1978, dan disitasi oleh Ridwanti Batubara menjelaskan komponen-komponen yang unik serta berbeda yang dimiliki oleh sel kayu. Komponen berbeda itu terdiri dari bagaimana kandungan kimianya, bagaimana sifat fisiknya, dan bagaimana mekaniknya. Tak heran ketika bagian kayu ini menjadi perotan rumah tangga diperlukan cara merawat furniture kayu dengan tepat.

Cara Merawat Furnitur Kayu yang Keras dan yang Lunak Read More »

Merawat Furniture Kayu Jati Kuno: “Emas Hijau” Berharga Tinggi Secara Alami

Kayu jati dianggap sebagai “emas hijau” yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Tak khayal, produk alam satu ini banyak dicari-cari untuk pembuatan perabotan atau furniture bermutu tinggi. Sifatnya yang awet, mudah dibentuk, dan fitur seratnya yang khas membuatnya unik. Merawat furniture kayu jati juga tidak terlalu susah.

Belum lagi ketika kayu jati itu tergolong dalam jenis kayu jati kuno. Dengan ciri antik, berumur lama, tapi masih terawat dengan sangat baik. Di pasaran, kayu jati jenis ini harganya bisa melampaui  harga emas yang berlaku sekarang. Kamu bisa menemukan kayu-kayu jati kuno ini di pameran atau galeri barang antik. Mungkin pula jika kamu berkunjung ke kota Kudus, gebyok dalam rumah adat Kudus merupakan satu contoh nyata kayu jati dengan banderol harga ratusan juta rupiah. Tentu merawat furniture kayu jati jenis ini butuh tekniknya tersendiri.

Merawat Furniture Kayu Jati Kuno: “Emas Hijau” Berharga Tinggi Secara Alami Read More »

Cara Merawat Perabot Kayu Jati Tanpa Keluar Banyak Biaya

Ada rahasia yang belum banyak diketahui orang terkadang, yaitu usia suatu perabotan kayu jati menentukan harga. Semakin tua dan terawat dengan baik, maka produk kayu jati akan berharga tinggi. Selain itu, asal kayu jati juga cukup menentukan harga pula. Semisal kayu jati yang berasal dari kota khusus penghasil kayu seperti Blora memiliki kebanggaannya sendiri. Untuk itu, merawatnya tak bisa sembarangan, butuh cara merawat perabot kayu jati yang benar.

Cara Merawat Perabot Kayu Jati Tanpa Keluar Banyak Biaya Read More »

Perawatan Mebel Kayu Agar Bebas Dari Debu yang Membandel

Perabotan klasik yang terbuat dari kayu memang memiliki pesona dan gayanya sendiri. Melihatnya saja kamu bisa menikmati produk budaya dan masa yang berbeda, entah itu masa lalu, vintage, bahkan modern. Tak heran perawatan mebel kayu klasik ini kadang bikin frustrasi bagaimana cara maintenance yang tepat agar bersih dan bebas dari debu membandel.

Ketika kamu tengah melakukan perawatan pada perabot mebel kayu, untuk menjaga agar kayu terlihat bagus kamu harus mengetahui dasar-dasar membersihkannya. Paling tidak, lakukan perawatan mebel kayu secara rutin dari debu, kotoran, hingga risiko terserang serangga yang bisa merusak kayu kesayanganmu. Debu misalnya, dapat menyebabkan adanya endapan udara yang menumpuk pada permukaan furniture kayu.

Perawatan Mebel Kayu Agar Bebas Dari Debu yang Membandel Read More »

Perawatan Furniture Kayu Agar Selalu Tampak Anyar

Perabotan berbahan dasar kayu sering dipilih dibanding perabotan berbahan material lain karena berbagai alasan. Selain karena lebih teduh, klasik, tahan lama, juga menjadi perabotan yang gampang untuk disandingkan dengan furniture-furniture lainnya. Kayu juga menjadi bahan yang sangat populer di Indonesia dan menjadi kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh berbagai wilayah yang berhutan luas. Meski begitu, apabila perawatan furniture kayu tidak tepat maka akan tampak kusam.

Perawatan Furniture Kayu Agar Selalu Tampak Anyar Read More »

Cara Perawatan Furnitur Kayu Agar Bebas dari Teter

Hewan tertentu membuat sesi perawatan furnitur kayu di rumah memerlukan penanganan ekstra. Terlebih jika hewan tersebut berukuran kecil sekali dalam ukuran mikron. Hewan jenis ini kurang bisa disadari keberadaannya. Tahu-tahu furnitur kayu yang dimiliki rusak, terutama yang bagian dalam kayu yang telah menjadi santapan makhluk mikro. Hewan mirko itu salah satunya adalah teter, yang menjadi aktor perusak kayu terbanyak setelah rayap.

Cara Perawatan Furnitur Kayu Agar Bebas dari Teter Read More »

Berapa Bulan Sekali Melakukan Perawatan Mebel Kayu Jati?

Lazim dikenal jika kayu jati merupakan kayu berkualitas tinggi. Tanaman dengan nama ilmiah Tectona grandis ini mempunyai banyak manfaat terlebih sering digunakan untuk membuat furnitur rumah tangga. Selain untuk mebel, jati bisa digunakan juga sebagai bahan struktur bangunan. Rumah-rumah adat yang ada di Indonesia kebanyakan menggunakan kayu jenis ini. Meski begitu, beberapa perabot tertentu juga butuh perawatan mebel kayu yang pas.

Berapa Bulan Sekali Melakukan Perawatan Mebel Kayu Jati? Read More »