January 2021

perawatan kursi kayu

Merawat Kursi Kayu dari Serangan Rayap dengan Biopolish Natural Oil dan Biocide

Salah satu hewan menjengkelkan yang kerap kita temui di rumah adalah rayap. Akan lebih menjengkelkan lagi jika rayap tersebut menyerang kursi yang kerap digunakan sehari-hari. Atau justru kursi kesayangan warisan dari kakek/nenek yang telah meninggal. Merawat kursi kayu rayapan bisa dikaukan dengan beragam cara, bisa menggunakan natural oil, bisa juga dengan biocide (biosida).

Merawat Kursi Kayu dari Serangan Rayap dengan Biopolish Natural Oil dan Biocide Read More »

membersihkan furnitur kusam

Tips Simpel Finishing dan Perawatan Kayu dengan Natural Oil dan Biocide

Rumah bergaya etnik di Indonesia cenderung menggunakan kayu sebagai material utamanya. Kayu menjadi dasar tak hanya untuk dinding, lantai, dan kerangkanya, tapi juga perabotan-perabotan yang ada di dalamnya. Jika kamu memiliki hunian bertipe etnik ini, memperhatikan pemilihan kayu menjadi faktor yang sangat penting. Pilihlah kayu dasar yang tepat dan berikan treatment finishing yang tepat agar awet dan bertahan hingga bertahun-tahun.

Tips Simpel Finishing dan Perawatan Kayu dengan Natural Oil dan Biocide Read More »

Macam-Macam Talenan dari Bahan Kayu Pinus, Kayu Jati, Kayu Mahoni

Talenan biasa kita temukan di dapur. Alat satu ini difungsikan sebagai tatakan untuk memotong bahan-bahan yang akan dimasak. Entah itu bumbu-bumbu dapur, sayuran, sosis, dan lain-lain. Benda serba guna satu ini juga berfungsi sebagai landasan untuk mencincang daging-daging yang akan dimasak menjadi makanan yang lezat. Pada umumnya, talenan dibuat dari berbagai bahan dasar, dari plastik, marmer, baja, kaca hingga kayu. Meski lebih sering ditemui di pasaran, macam-macam talenan dari bahan kayu pinus, kayu jati, kayu mahoni juga tersedia.

Macam-Macam Talenan dari Bahan Kayu Pinus, Kayu Jati, Kayu Mahoni Read More »

Mengenal Talenan dari Kayu Jati

Talenan yang diketahui orang umum lebih pada difungsikan untuk keperluan mengiris, memotong, dan mencincang bahan makanan. Ada fungsi lain yang belum banyak dieksplorasi, yaitu talenan sebagai produk seni dan estetika. Khususnya digunakan untuk dekorasi, souvernir, dan karya seni. Bahannya pun bermacam-macam, dari kayu jati hingga balok karet (gutta-percha) seperti pada talenan Tjipetir  yang diteliti oleh Tracey Williams.

Mengenal Talenan dari Kayu Jati Read More »

Cara Finishing Talenan dari Kayu Jati

Di dapur, salah satu kitchen ware yang penting dan bersifat esensial adalah cutting board atau talenan. Alat satu ini memiliki berbagai fungsi yang digunakan untuk memotong buah, bumbu, sayur, daging, dan lain sebagainya. Juga sebagai alat yang digunakan untuk membuat meja dapur jadi tetap bersih, terlindung dari sayatan pisau, dan membuat dapur jadi lebih higinies. Talenan berguna pula untuk membuat mata pisau jadi tetap tajam untuk memotong.

Cara Finishing Talenan dari Kayu Jati Read More »

talenan kayu yang dibersihkan menggunakan Biopolish Beeswax

Mengenal Talenan Kayu Mahoni

Talenan bisa terbuat dari berbagai macam material. Material yang paling sering digunakan adalah kayu, salah satunya kayu mahoni.  Salah satu kayu terbaik yang biasa digunaakan untuk membuat berbagai macam furniture besar maupun kecil. Kayu mahoni sendiri merupakan jenis kayu asli Indonesia yang mempunyai warna cokelat terang, cokelat muda, dan eksotis. Tingkat kewetan yang dimiliki oleh kayu mahoni kelas satu, sedangkan level kekuatannya kelas 2.

Mengenal Talenan Kayu Mahoni Read More »