Mengenal Kayu Agathis, dari Berat Hingga Serat

Kayu Agathis adalah salah satu jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan furnitur kayu. Kayu ini memiliki spesifikasi khusus yang membedakannya dengan jenis kayu lainnya.

Kayu Agathis adalah kayu yang berasal dari pohon damar atau yang memiliki nama latin Agathis dammara. Pohon ini banyak tersebar di Indonesia terutama di Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Irian. Seringkali, kayu ini dicampuradukkan dengan kayu damar, terutama bagi mereka yang masih awam. Padahal, meskipun berasal dari pohon damar, kayu ini bukan merupakan kayu damar. Istilah kayu damar mengacu pada kayu yang berasal dari spesies pohon dalam genus Araucaria.

Kayu Agathis banyak diperdagangkan di kawasan Indonesia dan Asia Tenggara. Mutunya yang relatif baik, menjadikan kayu ini banyak digunakan dalam industri furniture. Kayu ini sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat meja, kursi, kabinet dapur, gitar, plywood, korek api, konstruksi ringan, hingga triplek dan multiplek.

Karakter Kayu Agathis

Berikut ini ciri-ciri kayu Agathis yang seringkali dijadikan pertimbangan untuk menggunakan kayu ini pada bidang industri furniture:

1. Berat

Kayu agatis termasuk kayu yang terbilang ringan bila dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, meskipun tidak seringan kayu sengon. Kayu ini memiliki berat jenis rata-rata sebensar 0,49.

2. Kekerasan

Kayu ini memiliki tingkat kekerasan sedang.

3. Keawetan

Kayu ini termasuk jenis kayu yang tidak terlalu awet. Namun demikian, kayu ini juga tidak terlalu mudah lapuk bila dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

4. Pengeringan

Kayu agathis termasuk kayu yang harus sesegera mungkin dikeringkan. Hal ini dikarenakan kerentanannya pada hama jamur. Kelebihan kayu ini adalah tergolong kayu yang mudah untuk dikeringkan.

5. Daya Retak

Salah satu letak keunggulan kayu agahtis adalah daya retaknya yang tergolong rendah.

6. Kemudahan Pengolahan

Kayu agathis termasuk kayu yang tergolong mudah untuk diolah. Selain mudah dikeringkan, kayu ini juga sangat mudah untuk dipotong, diserut, didesain dengan bentuk tertentu, dan berbagai jenis pengolahan lainnya.

7. Warna

Warna kayu Agathis cenderung seragam pada bagian pinggir (gubal) dan tengahnya (teras). Sehingga kita tidak akan melihat atau sulit melihat perbedaan yang signifikan pada bagian pinggir dan tengahnya. Warna yang umum pada kayu ini adalah kuning agak keputih-putihan. Namun demikian, terdapat variasi lain yang kadang ditemui yakni kuning kecoklatan hingga agak kemerahan.

8. Serat

Kayu agathis memiliki arah serat yang bervariasi. Arah serat yang domoinan pada kayu ini adalah lurus. Akan tetapi, terdapat pula variasi lainnya yakni pola serat terpilin.

9. Permukaan

Permukaan kayu ini terasa licin bila diraba.

10. Tekstur

Salah satu keunggulan kayu Agathis adalah teksturnya. Kayu ini banyak digunakan dalam industri furniture karena teksturnya yang halus serta merata.

Artikel "Knowledge"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.