Perawatan Mebel Jati Dengan Biopolish Exterior

Mebel jati memiliki ciri khasnya sendiri. Dengan tekstur kayu yang jati yang kokoh dan ekstotis, mebel jati membuat ruangan menjadi semakin terlihat artistic dan elegan. Harga mebel jati yang mahal memang sebanding dengan kualitas kayu jati yang tahan lama. namun, bukan berarti tanpa perawatan sama sekali. Perawatan mebel jati tetap perlu dilakukan agar menjaga  kualitas mebel jati dalam kondisi yang terbaik.

Harga mebel jati yang tidak murah sudah sepatutunya untuk dirawat. Daya tahan mebel jati memang terkenal panjang umur hingga turun temurun. Hal ini bisa kita lihat dari kayu jati yang telah berusia puluhan tahun dan masih bagus. Hal ini bisa terjadi dengan adanya perawatan yang tepat pada mebel jati. Perawatan mebel jati bisa dikatakan susah-susah gampang. Hendak membersihkanya mebel  dan merawatnnya namun karena cara dan bahan yang digunakan tidak tepat justru membuat rusak  permukaan mebel. Tak hanya itu kadang malah menimbulkan jamur.

Saat ini mebel jati sudah banyak menggunakan lapisan coating yang membuat mebel menjadi lebih awet dan terlindungi. Hal ini sangat berbeda dengan zaman dahulu yang hanya menggunakan ampas kelapa untuk memoles perabotan agar terlihat indah. Namun cara ini tentu akan menyebabkan jamur pada permukaan mebel jati. Walaupun telah diaplikasikan dengan lapisan coating , perawatan mebel jati secara rutin tetap wajib dilakukan untuk menjaga kualitas mebel jati dan tetap bernilai sepanjang masa.

Tips Merawat Mebel Jati Dengan Biopolish Linseed Oil

Perawatan mebel jati secara rutin dapat anda lakukan dengan mengikuti beberapa tips berikut ini :

  • Letakkan mebel pada tempat yang bersih dan kering.

Udara yang lembab akan menyebabkan proses oksidasi kayu menjadi lebih cepat sehingga kayu akan mudah terserang jamur. Tak hanya itu, kondisi yang lembab juga menjadi area yang ideal  untuk perkembang biakan rayap ataupun serangga lainya. Walaupun seperti itu usahakan pula agar furniture tidak terkena sinar matahari secara langsung. sinar matahari yang mengenai kayu secara terus menerus bisa membuat  lapisan coating retak bahkan membuat kayu melengkung.

  • Jagalah agar permukaan mebel tetap kering, bersih dan higienis dari kotoran dan debu.
Perawatan Mebel Jati

Pastikan untuk rutin membersihkan mebel kayu jati dengan menggunakan lap atau kemoceng. Bersihkan sela sela ukiran ataupun sudut dengan sikat yang kecil agar menjangkau debu  atau kotoran yang menempel.

  • Jika ada noda yang membandel segera bersihkan dengan membasahi kain lap.

Jangan membersihkan mebel jati dengan menggunakan bahan kimia seperti methanol, acetone ataupun toloune. Jangan menggunakan bahan bahan kimia untuk membersihkan mebel kayu. Bahan kimia bisa merusak lapisan coating yang paling atas pada mebel jati.

  • Untuk perawatan mebel jati gunakan biopolish linseed oil

Poles berbahan alami ini  sangat mudah diaplikasikan pada mebel jati. Biopolish exterior  bisa diaplikasikan seminggu dua kali untuk melindungi dan menjaga kondisi mebel jati tetap terlihat eksotis.

Berikut cara aplikasi biopolish Linseed Oil pada mebel jati :

  1. Bersihkan mebel jati dari kotoran dan debu yang menempel
  2. Setelah bersih, oleskan biopolish exterior dengan kain pada seluruh permukaan mebel jati
  3. Diamkan beberapa saat agar poles meresap kedalam serat kayu
  4. Gunakan kain yang bersih untuk menggosok kayu secara manual
    Perawatan Mebel Jati
  • Perawatan mebel jati selain menggunakan biopolish Linseed Oil juga harus memperhatikan  perlakuan terhadap mebel jati.

Misalnya saat anda memindahkan mebel. Jangan menggeser mebel namun mengangkatnya. Selain itu jaga permukaan furniture  dari goresan ataupun noda. Anda bisa menggunakan taplak diatas meja atau menggunakan busa atau upholstery yang lainya untuk alas.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.