finishing kayu yang tepat

Cara Efektif Cegah Cat Kayu yang Mudah Retak dengan Biopolish Natural Oil

Apakah kamu sering mengalami masalah pada lapisan cat kayu? Biasanya cat kayu mudah mengelupas atau warna menjadi pudar. Hal ini biasa terjadi pada furniture, decking flooring, pagar sampai pada cat kayu exterior lainnya. Hal ini wajar terjadi. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan warna furniture kayu menjadi pudar, retak atau mengelupas. Salah satunya adalah ketahanan kayu terhadap cuaca.

Hal ini terjadi ketika musim kemarau tiba. Biasanya cat kayu mudah luntur dan terkelupas karena serat yang terdehidrasi dan kehilangan kelembabannya. Sebenarnya tidak hanya cat kayu. Namun, hal ini juga bisa terjadi pada semua jenis cat baik itu cat dinding, kayu, besi maupun genting dan mobil. Kerusakan tersebut membuat bentuk serpihan pecah-pecah yang mengurangi estetika dari furniture kayu di rumah.

Maka dari itu penting bagimu sebagai pengoleksi furniture kayu agar dapat memberikan perawatan yang tepat. Cat kayu yang mudah retak tentu akan kurang enak dipandang mata. Selain itu pengelupasan cat tersebut juga merupakan tanda bahwa kondisi dari furniture kayu sedang tidak dalam keadaan baik. Sehingga butuh perawatan tertentu untuk mengembalikan kualitasnya seperti semula.

Penyebab lapisan cat mudah retak

Ketika kondisi normal, kerusakan lapisan cat atau yang biasa disebut flaking disebabkan karena proses oksidasi yang terjadi secara terus menerus dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Proses tersebut menyebabkan struktur dari polimer lapisan cat menjadi tidak stabil dan kehilangan kelenturannya. Sehingga ketika terjadi pergerakan kembang susut pada permukaannya, lapisan cat tersebut akan jadi mudah retak.

Selain itu lapisan cat juga akan kehilangan sifat adhesinya. Hal ini menyebabkan lapisan cat menjadi mudah terkelupas dan membentuk serpihan kecil-kecil. Ketika diraba, permukaan kayu akan terasa kasar dan tidak rata. Proses oksidasi ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain karena intensitas sinar matahari secara langsung. Artinya furniture kayu dibiarkan terlalu lama terpapar sinar di ruang terbuka tanpa pelindung apapun.

Perlu diperhatikan bahwa sinar matahari terutama ketika sedang teriknya merupakan faktor paling familiar yang menyebabkan cat kayu mudah retak dan terkelupas. Selain itu terdapat perubahan suhu dan juga kelembaban udara yang membuat serat kayu harus mampu beradaptasi. Padahal seharusnya kayu diletakan pada ruangan dengan suhu dan kelembaban yang normal.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus dan dalam waktu lama, tentu akan membuat furniture kayu menjadi cepat terkelupas. Selain itu daya tahan kayu pun juga akan berkurang. Kayu menjadi mudah keropos, dihinggapi rayap sampai jamuran. Proses oksidasi biasa terjadi pada furniture yang berada di luar ruangan. Sedangkan untuk kasus furniture dalam ruangan, prosesnya jauh lebih lambat.

Bagaimana cara mengatasi cat kayu agar tidak mudah retak? 

Untuk kamu seorang pemula yang masih belajar mengenai finishing, jangan khawatir. Kamu pasti mengharapkan furniture kayu tetap bisa kembali mengkilap seperti pertama kali beli. Hal itu tentu bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa mengamplas terlebih dahulu baru kemudian melakukan finishing. Hal ini tidak akan membuatmu double kerja dengan harus refinishing kembali ketika cat kayu retak lagi.

Saat mengecat ulang, pastikan jika cat atau pelembut yang digunakan memiliki formulasi yang tepat. Ikuti petunjuk dengan baik dan benar. Baik dari segi mencampurkan produk sampai pada proses pengeringan. Apakah harus menggunakan pengering, dijemur, atau tidak. Karena efek retak pada furniture bukan hanya karena faktor yang dipaparkan di atas saja. Melainkan jika terdapat langkah yang salah, hal ini akan mempengaruhi hasil akhirnya.

Jika kamu masih bingung dengan berbagai produk di luar sana, kamu dapat mencoba salah satu produk dari Biopolish. Terdapat tiga varian dari Biopolish salah satunya adalah Biopolish Natural Oil. Produk ini dipastikan dapat mempertahankan kualitas alami air kayu tanpa merusak serat di dalamnya. Mengapa? Karena Biopolish Natural Oil mengandung bahan alami sehingga aman untuk digunakan.

Selain itu Biopolish Natural Oil juga dapat meresap dengan mudah pada permukaan kayu sehingga akan tekstur dari permukaan kayu akan tampak mengkilap. Dan tentunya hal ini akan mengurangi pengelupasan pada kayu akibat dari kelembaban dan suhu udara yang tidak menentu. Pengaplikasiannya pun juga mudah dan dapat dilakukan pada berbagai furniture kayu rumah lainnya. Sehingga akan jauh lebih menghemat biaya.

Langkah praktis perawatan furniture dengan Biopolish Natural Oil

Terdapat cara cepat bagaimana Biopolish Natural Oil bekerja. Pertama, haluskan furniture dengan amplas. Hilangkan goresan, noda dan berbagai permukaan rusak lainnya. Setelah itu tutup pori-pori kayu menggunakan Biovarnish Wood Filler. Kamu bisa mengaplikasi Biovarnish Sanding Sealer untuk hasil yang lebih maksimal dan bagus. Selanjutnya, oleskan Biopolish Natural Oil secara merata pada setiap lini permukaan termasuk sela-sela furniture.

Gosok secara perlahan sampai warna permukaan mulai tampak mengkilap. Untuk lebih baik lagi, kamu bisa mengulang step barusan dengan mengoleskan kembali Biopolish Natural Oil supaya tampak lebih indah lagi. Dengan cara ini dijamin furniture kayu di rumah tidak akan muda retak kembali. Selain melakukan perawatan menggunakan Biopolish Natural Oil, kamu juga harus memperhatikan berbagai faktor lainnya yang dapat merusak lapisan cat kayu.

Jika penasaran kamu bisa mendapatkan produk Biopolish Natural Oil dengan cara menghubungi reseller yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Atau hubungi customer service kami di bawah ini, ya!

Kontak mudah pesan Biopolish Natural Oil