Cara Merawat Perabot Kayu Jati Tanpa Keluar Banyak Biaya

Ada rahasia yang belum banyak diketahui orang terkadang, yaitu usia suatu perabotan kayu jati menentukan harga. Semakin tua dan terawat dengan baik, maka produk kayu jati akan berharga tinggi. Selain itu, asal kayu jati juga cukup menentukan harga pula. Semisal kayu jati yang berasal dari kota khusus penghasil kayu seperti Blora memiliki kebanggaannya sendiri. Untuk itu, merawatnya tak bisa sembarangan, butuh cara merawat perabot kayu jati yang benar.

Tahukah kamu jika zaman dajulu cara merawat perabot kayu jati masih menggunakan serabut kayu kelapa. Yap, serabut yang memiliki tekstur khas dan sering digunakan untuk menggosok dan mencuci. Sayangnya, menggunakan serabut kelapa punya masalah memunculkan jamur pada permukaan furniture kayu, mebel, dan perabot. Sehingga cara ini pun pelan-pelan ditinggalkan. Orang-orang kemudian memiliki caranya sendiri untuk membersihkan perabotan kayu jati.

Ada yang menempatkan perabot kayu jati di ruangan yang bersuhu normal agar terhindar dari jamur. Kemunculan jamur bisa membuat permukaan kayu jati jadi terlihat kusam, tak bersih (kotor), dan tak enak dipandang. Jika jamur muncul, orang biasanya membersihkannya menggunakan air deterjen dan lap hingga menghilang. Kemudian dilap kering dan diolesi minyak kayu seperti Biopolish Natural Oil. Cara merawat perabot kayu jati pula, terlebih ibu-ibu biasa menggunakan pelindung seperti kaca atau penutup meja agar permukaan kayu jati tak tersentuh langsung oleh kotoran.

Perawatan khusus terhadap perabotan kayu jati memang tak mengherankan, karena furniture kayu jati masih menjadi perabot pilihan kebanyakan masyarakat Indonesia yang hidup di wilayah tropis. Juga khususnya bagi orang tua-orang tua yang telah senior, etnah itu kakek, nenek, paman, bibi, hingga orang tua kita sendiri. Selain perabotan kayu jati bisa diwariskan secara turun menurun, warna kayu dan elemen tanahnya sangat hangat dan cocok untuk iklim cuaca di Indonesia. Sebab itu ada sejumlah cara merawat perabot kayu jati.

Merawat Perabot Kayu Jati Tak Harus Mahal

Cara merawat perabot kayu jati ternyata tak semahal yang dibayangkan lho. Banyak tips dan trik sederhana yang bisa kamu terapkan terutama soal penempatan. Jika kamu misalnya memiliki lemari kayu, berilah jarak dengan dinding sekitar lima sampai sepuluh centimeter. Hindari menempelkan permukaan kayu jati langsung dengan dinding. Sebab sirkulasi lembap yang ada pada di tembok bisa memunculkan risiko munculnya jamur. Diberi jarak pula biar mudah untuk dibersihkan.

Setelah letak dari dinding ditaruh secara tepat, jangan lupa pula untuk mengecek posisi lemari kayu jati secara rutin. Mengecek posisi di sini berarti melihat kondisi perabotan seperti apa dari luar hingga dalam prabotan secara berkala. Hindarilah untuk menaruh beban lebih pada perabotan-perabotan kayu jati yang tak sesuai dengan fungsi dan kapasitasnya. Misal jangan menaruh baju basah di dalam lemari kayu atau duduk di lengan kursi kayu. Cara merawat perabot kayu jati satu ini memang terlihat sederhana, tapi sering dilupakan.

Tak kalah penting pula ketika kamu hendak menggeser perabotan kayu ke tempat lain Peganglah secara hati-hati biar tak ada goresan baik di permukaan kayu maupun pada lantai. Kalau perlu, berilah bantalan pada kaki perabotan kayu agar mudah digeser dan tak berbunyi derit-derit yang kurang enak di telinga.  Cara lain untuk menggeser bisa mengajak keluarga, saudara, atau teman dekat. Penggeseran seperti ini biasanya terjadi ketika rumah baru atau masih dalam tahap renovasi.

Cara merawat kayu jati tak harus mahal lainnya yaitu dengan menggunakan minyak khusus kayu jati. Tak harus mahal di sini kamu tak perlu merogoh kocek dalam misalnya untuk melakukan vernish ulang atau prosedur lainnya. Cukup menggunakan produk Biopolish, perabotan kayu jati di rumah kamu jadi seperti tampak baru, tajam, dan awet.

Biopolish memiliki empat produk yang sangat berguna untuk merawat perabot kayu jati. Pertama, ada Biopolish Beeswax yang digunakan untuk merawat furniture yang berkaitan dengan makanan, minuman, atau kitchen set. Perabot-perabot dapur seperti piring, gelas, telenan, dan lain-lainnya yang terbuat dari kayu bisa kamu aplikasikan Biopolish Beeswax ini untuk membuatnya jadi lebih baru, bersih, dan terawat. Biopolish Beeswax terbuat dari bahan alami yang aman untuk digunakan pada peralatan makan.

Kedua, Biopolish Leather Care semacam pelembab sekaligus semir yang biasa digunakan untuk perawatan perabotan-perabotan yang berhubungan dengan kulit. Semisal bantalan pada kursi kayu jati, sandaran pada sofa kayu jati, dan lain-lain sampai tas, sepatu, jaket, yang berhubungan dengan kulit produk Biopolish Leather Care bisa diaplikasikan. Cara merawat perabot kayu jati yang berhubungan dengan kulit menggunakan produk ini juga mudah dengan cara mengoleskannya.

Ketiga, Biopolish Linseed Oil yang digunakan untuk perawatan kayu serta finishing perabotan kayu yang tak bersentuhan dengan alat-alat dapur atau peralatan makan. Berupa furniture-furniture yang hampir selalu kita temui setiap hari seperti lantai kayu, meja kayu, kursi kayu, lemari kayu, dan seterusnya. Cara merawat perabot kayu jati menggunakan Biopolish Linseed Oil juga mudah tinggal dioles secara merata.

Keempat, Biopolish Natural Oil yang serbaguna bagi apapun jenis kayunya. Baik kayu yang terkana makanan atau bebas dari makanan. Minyaknya terkonsentrasi dari berbagai subtrat alami membuat furniture jadi tambah terlindungi. Natural oil-nya sangat penting guna menajamkan serta mencerahkan warna perabot kayu jati, menghindari adanya organisme pembusuk, dan membuat warnanya jadi tambah bersinar.

Langkah-langkah Membersihkan dan Merawat Perabot Kayu Jati

  1. Siapkan kain halus untuk membersihkan perabot kayu jati. Berbagai jenis kain yang bisa digunakan dari kain microfiber, kain berbahan wol, atau kain berbahan katun. Jangan menggunakan kain yang strukturnya kasar karena bisa melukai body perabotan kayu jati yang kamu miliki.
  2. Untuk permukaan yang susah dijangkau seperti ukiran gunakanlah kuas kecil. Menggunakan kuas akan sangat terbantu juga ketika membersihkan bagian dalam perabotan yang penuh dengan debu. Struktur kuas yang lentur bisa memudahkan pengambilan kotoran.
  3. Air hangat bisa untuk membersihkan perabot kayu jati tanpa vernish menggunakan kain yang diperas dari air hangat. Air hangat membuat kotoran jadi mudah terangkat dari permukaan, sehingga ritual bersih-bersih perabotan jadi tambah gampang. Selain itu air hangat bisa meningkatkan mood jadi hangat pula ketika tangan dicelupkan ke dalam ember atau baskom.
  4. Gunakan produk-produk Biopolish yang sesuai dengan kebutuhan. Biopolish memiliki empat produk yang masing-masing telah dijelaskan, dari Biopolish Beeswax, Biopolish Leater Care, Biopolish Linseed Oil, dan Biopolish Natural Oil. Jika belum memiliki, cobalah hubungan agen Biopolish terdekat di kotamu.
  5. Pakailah kain kering yang bersih saat melakukan finishing pembersihan dan perawatan perabotan kayu jati. Keringkan dengan benar agar tak tercipta kelembaban baru. Setelah itu letakkan perabotan dengan benar pada tempatnya semula.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.