Cara Mudah Mengatasi Bau tak Sedap pada Jaket Kulit

Jaket Kulit untuk Semua Kalangan

Jaket kulit menjadi salah satu pilihan fashion yang bisa dipertimbangkan untuk kamu kaum muda. Desain jaket kulit yang elegan, bahannya yang solid, serta kenyamanan yang ditimbulkan oleh bahan kulit merupakan beberapa alasan untuk mempertimbangkan jaket kulit sebagai pilihan utama.

Desain yang elegan dan bahan kulit yang solid memunculkan kesan macho bagi kamu kalangan pria pengguna jaket kulit. Rata-rata desain jaket kulit sangat simple, tidak banyak tempelan, kemudian dilapisi dengan warna gelap. Kebanyakan warna yang digunakan adalah cokelat dan hitam. Faktor-faktor ini yang menjadikan jaket kulit memiliki kesan macho.

Apakah jaket kulit terbatas penggunanya hanya di kalangan pria? Tentu saja tidak. Saat ini sudah banyak perempuan yang mulai memakai jaket kulit. Baik mereka yang hobi mengoleksi fashion berbahan kulit, atau karena tergabung dalam komunitas, bahkan karena tuntutan pekerjaan. Sudah banyak kalangan perempuan yang pede menggunakan jaket kulit.

Beberapa selebritis perempuan baik dari Indonesia maupun mancanegara juga sudah banyak yang menggunakan jaket kulit. Salah satu selebritis perempuan yang sudah terbiasa menggunakan jaket kulit adalah Aura Kasih.

aura kasih mengenakan jaket kulit
aura kasih mengenakan jaket kulit. sumber: https://www.gridoto.com/read/222150343/sudah-cantik-suka-naik-motor-aura-kasih-tampil-menawan-tunggangi-cafe-racer

Jadi, jaket kulit sekarang sudah merambah digunakan oleh semua kalangan. Tidak terbatas pada laki-laki saja. Tidak terbatas pada komintas motor gede saja. Tidak terbatas pada kalangan selebritis saja. Jaket kulit sekarang menjadi kebutuhan fashion untuk semua kalangan.

 

Bahan Kulit untuk Jaket Kulit

Setidaknya ada tiga bahan kulit hewan yang biasa digunakan untuk bahan pembuatan jaket kulit di Indonesia. Kulit hewan yang biasa digunakan untuk jaket kulit adalah kulit domba, kulit sapi dan kulit kambing. Dari ketiga hewan tersebut, terdapat jenis bahan kulit yang lebih spesifik. Berikut adalah bahan-bahan kulit yang biasa digunakan untuk jaket kulit di Indonesia.

Kulit Domba

Kulit domba sering digunakan sebagai bahan dasar untuk jaket kulit karena Fitur Kulit domba lembut, elastis, dan permukaan rata dengan pori-pori sangat kecil. Fitur ini menjadikan kulit domba selalu menjadi pilihan utama untuk setiap jaket gaya dalam fashion. Memang, kulit domba memiliki fitur yang sebagian besar jaket butuhkan untuk bergaya.

Jenis kulit domba sendiri dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Setiap jenis memiliki perbedaan kualitas tersendiri yang berpengaruh pada penentuan harga. Misalnya jenis kulit domba nappa. Jenis kulit ini adalah jenis domba gandum penuh. Dalam karakteristik warna yang rata dan tahan lama. tekstur halus dan lembut. Jaket kulit 2018 dijual sekitar Rp. 850.000.

Jenis kedua adalah jenis spinil kulit domba. Memiliki karakter yang lebih cerah dari jenis nappa tetapi disertai dengan bintil hitam keci. Tidak ada warna yang seragam pada jenis kulit ini. Dibanding nappa, jenis spinil lebih fleksibel tetapi dari segi warna nappa lebih tahan lama.

Kulit Sapi

Jenis kulit sapi adalah bahan kulit yang sering dijadikan bahan dasar jaket cowboy. Hal ini diakrenakan tekstur kulit sapi lebih lembut dan memiliki tingkat elastisitas yang tinggi dibandingkan kulit domba. Akan tetapi salah satu kekurangannya adalah kurang fleksibel. Ketika dibilas dengan air permukaannya menjadi  gampang keriput.

Kulit Kambing

Berbeda dengan dua jenis kulit sebelumnya, kulit kambing jarang digunakan untuk bahan jaket kulit gaya. Penyebabnya adalah karakteristik kulit kambing yang memiliki aroma khas dan pori-pori permukaan yang kurang jernih. Sebagai bahan jaket, kulit kambing lebih banyak digunakan untuk campuran jaket kulit olahraga.

 

Penyebab Jaket Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Menggunakan jaket kulit sebagai kebutuhan fashion kamu sehari-hari tentu menimbulkan beberapa efek negatif. Salah satu efek negatif yang bisa muncul adalah adanya bau tidak sedap pada jaket kulit yang kamu gunakan. Kemunculan bau tidak sedap ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan jaket kulit kamu menjadi berbau tidak sedap.

Faktor yang pertama adalah cuaca. Menggunakan jaket kulit dalam kegiatan setiap hari berarti membiarkan jaket kulit kamu terpapar sinar matahari saat hari cerah dan tersiram air hujan saat cuaca buruk.

Saat terkena sinar matahari, bagian luar jaket kulit akan memudar warnanya. Sedangkan di bagian dalam tubuh kamu berkeringat. Keringat yang bercampur bakteri menimbulkan bau badan dan akhirnya bau badan ini ikut menempel di jaket kulit.

Sedangkan saat cuasa buruk, jaket kulit yang terkena air hujan dan tidak segera dikeringkan bisa menyebabkan tumbuhnya jamur. Jamur menimbulkan bau apek yang mengganggu. Tetapi awas, jangan sampai menjemur jaket kulit yang basah di bawah sinar matahari karena itu akan merusak jaket kulit kamu.

jaket kulit kena hujan
jaket kulit kena hujan. sumber: https://nasional.tempo.co/read/1109520/musim-kemarau-bandung-selatan-dilanda-hujan-es

Selain faktor cuaca, faktor kebiasaan dan gaya hidup juga mempengaruhi. Bagi kamu yang punya kebiasaan merokok, saat merokok menggunakan jaket kulit, bau dari asap rokok akan menempel di jaket. Selain itu, kebiasaan menyimpan jaket kulit di ruang tertutup yang lembab bisa mengundang jamur. Yang mana jamur ini menimbulkan bau apek pada jaket kulit.

Jika kamu merasa jaket kulit kamu sudah mulai mengeluarkan bau tidak sedap, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya. Yuk disimak cara-cara berikut ini.

 

Mengatasi Bau Tidak Sedap Jaket Kulit, Oleskan Biopolish Leather Care

Dari beberapa faktor penyebab bau tidak sedap pada jaket kulit, kamu bisa melakukan beberapa cara mudah di bawah ini untuk mengatasinya:

  1. Mengeringkan Jaket Kulit yang Basah

Kalau jaket kulit kamu terkena air hujan, langsung keringkan dengan cara digantung di ruangan terbuka yang memiliki sirkulai udara yang cukup. Ingat, jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung karena justru akan merusak jaket.

  1. Membersihkan dengan Larutan Cuka

Untuk membersihkan jaket kulit, kamu bisa menggunakan larutan cuka. Larutan cuka dipilih karena kandungannya dapat menetralkan bau tidak sedap pada jaket kulit. Dua jenis cuka yang bisa kamu pilih adalah cuka putih atau cuka apel. Untuk menggunakan larutan cuka, kamu harus mencampurnya dengan air, perbandingannya adalah 1:1.

Gunakan kain lap kering untuk mengambil larutan cuka yang telah dicampur air. Kemudian oleskan ke bagian dalam jaket kulit kamu. Jika tidak terjadi perubahan warna pada bagian dalam jaket kulit, artinya bahan cuka tersebut aman digunakan dan kamu bisa melanjutkan mengoles ke seluruh bagian jaket kulit.

  1. Membersihkan dengan Soda Kue

Selain dengan cairan cuka, larutan yang dicampur dengan soda kue juga dapat digunakan untuk mengatasi bau tak sedap. Caranya cukup mudah. Kamu tinggal melarutkan soda kue dengan air. Kemudian celupkan kain ke dalam larytan tersebut. Lantas usapkan kain ke jaket kulit. Larutan soda kue dipercaya mengandung zat yang dapat menghilangkan bau tidak sedap.

  1. Mengoleskan Pelembab Khusus

Seperti halnya kulit manusia yang membutuhkan pelembab, jaket kulit kamu juga membutuhkan pelembab, lho. Pelembab khusus jaket kulit selain dapat menambah awet juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tida sedap. Untuk menghilangkan bau tidak sedap diperlukan pelembab khusus yang bahannya sesuai dengan kebutuhan. Salah satu produk pelembab jaket kulit yang bisa kamu pilih adalah Biopolish Leather Care.

Biopolish Leather Care merupakan bahan yang diformulasikan khusus untuk merawat barang berbahan kulit, salah satunya jaket kulit. Produk ini mengandung bahan alami berupa beeswax, atau lilin lebah. Kandungan tersebut memberikan perawatan yang maksimal karena menyerap ke dalam serat jaket kulit. Kandungan alami ini juga memberikan aroma natural yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada jaket kulit.

Kelebihan lain yang akan kamu dapatkan adalah produk ini mampu melembutkan, melenturkan, serta menjaga tekstur permukaan jaket kulit sehingga nyaman ketika dipakai. Dengan mengaplikasikannya secara merata, maka warna jaket kulit juga akan terjaga dan menjadi lebih cerah dan tajam.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care kamu bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.