menilik Celah pasar lantai kayu bebas formalin di amerika serikat

Terkuaknya penggunaan formalin pada lantai kayu (wood flooring) yang diimpor dari China, membuat geram ribuan penduduk AS. Pasar lantai kayu bebas formalin pun terbuka lebar untuk para pengusaha Indonesia.

Terkuaknya penggunaan formalin oleh Lumber Liquidator bermula dari tayangan acara “60 Minutes” yang ditayangkan oleh Stasiun Televisi CBSNews pada tanggal 1 Maret 2015.  Dalam acara ini, sang reporter membeli 31 box lantai kayu yang diimpor oleh Lumber Liquidator dan mengirimkan ke dua laboratoium berbeda untuk dianalisa. Dari 31 box, hanya satu box yang memenuhi standar kandungan formalin.

Tayangan “60 Minutes” juga melakukan reportase ke pabrik pembuatan wood flooring di China. Dalam reportase ini terungkap bahwa poduksi wood flooring di China menggunakan formalin jauh diatas ambang batas yang diijinkan.

Hasil tes menunjukkan lantai kayu asal China (merah) memiliki kandungan formalin lebih tinggi.

Semenjak tayangan “60 Minutes” itulah, para konsumen Lumber Liquidator mulai menuntut perusahaan untuk mengganti lantai kayu yang sudah dipasang di rumah para konsumen dengan lantai kayu bebas formalin. Dampaknya, CEO Lumber Liquidator pun mengundurkan diri. Bahkan pada bulan Mei 2015, retailer menghentikan penjualan lantai kayu dari Lumber Liquidator.

Lumber Liquidator terancam bangkrut, sahamnya di pasar bursa anjlok. Tidak sampai disitu, produsen lantai kayu di China juga terpaksa berganti haluan. Seperti yang dilansir The Economist, produsen wood flooring Kemian Wood Industries beralih haluan ke bidang hiburan dan mengganti namanya menjadi Zeus Entertainment.

Kasus tuntutan lantai kayu bebas formalin ini menunjukkan kepedulian konsumen Amerika Serikat terhadap bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan. Mengingat mayoritas produsen di Amerika Serikat masih menggunakan lantai dengan kandungan rendah, maka produk seperti lantai kayu bebas formalin akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima oleh masyarkat Amerika Serikat.

Wujudkan Lantai Kayu Bebas Formalin dengan Produk Perawatan Kayu Natural

BioIndustries sebagai produsen bahan-bahan pengolahan kayu dan perawatan kayu, menggunakan bahan-bahan natural dan berbasis air (water based) serta bebas formalin. Ini merupakan jaminan bahwa produk kayu yang diolah dan dirawat menggunakan bahan-bahan produksi BioIndustries tidak akan melanggar peraturan yang berlaku di Amerika Serikat. Terlebih, produk-produk dari BioIndustries dinyatakan aman oleh lembaga penagawas lingkungan Amerika Serikat, EPA. Tidak hanya di Amerika Serikat, di Eropa pun produk-produk BioIndustries sudah diakui oleh lembaga kima eropa (ECHA).

Artikel "Green And Healthy Issue"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.