Finishing Kayu dengan Pelapis Non Transparan


( ! ) Notice: Undefined offset: 1 in /home/biopolish.com/public_html/wp-content/themes/biopolish/include/imgres.php on line 575
Call Stack
#TimeMemoryFunctionLocation
10.0001400248{main}( ).../index.php:0
20.0001400928require( '/home/biopolish.com/public_html/wp-blog-header.php' ).../index.php:17
30.04102744920require_once( '/home/biopolish.com/public_html/wp-includes/template-loader.php' ).../wp-blog-header.php:19
40.04152814008include( '/home/biopolish.com/public_html/wp-content/themes/biopolish/single.php' ).../template-loader.php:78
50.05032957256the_content( ).../single.php:29
60.05042957280apply_filters( ).../post-template.php:247
70.05042957680WP_Hook->apply_filters( ).../plugin.php:208
80.05202972240is_srcset_post( ).../class-wp-hook.php:286

Finishing kayu dengan pelapis non transparan hanyalah satu dari sekian jenis finishing. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis finishing ini dan pilihan yang bisa diaplikasikan.

Setelah kita berbicara mengenai finishing pelapis transparan color sekarang gilirannya kita berbicara pelapis non transparan. Selain untuk keindahan kita harus paham fungsi dasar finishing kayu, bahwa bahan pelapis tidak hanya memberi hasil akhir yang sesuai keinginan anda, tetapi juga harus mampu membuat furniture anda menjadi awet dan terlindung dari kerusakan akibat perubahan cuaca dan gangguan organisme perusak jamur dan rayap. Sebelum menentukan jenis bahan finishing kita perlu melihat dan menentukan hasil seperti apakah yang kita inginkan. Dengan kata lain alasan mana yang paling menjadi prioritas kita menerapkan finishing pada sebuah produk kayu di rumah kita. Apakah keawetan, estetika, kemudahan aplikasi, biaya atau lingkungan.

Contoh Finishing Kayu Dengan Pelapis Non Transparan Contoh finishing kayu dengan pelapis non transparan

Jika penggunaan pelapis transparan digunakan terhadap kayu yang memiliki serat dan warna alami yang indah. Berbeda halnya dengan penggunaan pelapis non transparan, bahan pelapis ini akan menutup bahan substrate aselinya dan memberikan perubahan warna dan tampilan furniture yang anda miliki.

Dibawah ini jenis pelapis non transparan yang bisa menjadi pilihan anda.

5 Jenis Finishing Kayu dengan Pelapis Non Transparan

  1. Cat Duco

    Cat Duco merupakan kepanjangan istilah dari Cat decorative, yaitu jenis cat atau bahan coating yang digunakan untuk memberikan warna-warna decorative color yang menarik dan beragam. Umumnya cat duco memberikan pilihan warna-warna solid opacque dan metalic color, sehingga sangat cocok digunakan untuk furnitur anak yang membutuhkan warna cerah dan bervariasi. Namun demikian anda harus hati-hati dalam memilih bahan cat duco khususnya yang akan digunakan untuk furniture anak dan ibu hamil, sebab beberapa jenis cat duco bisa mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya seperti melamin, formalin, merkuri dan berbagai jenis bahan berbahaya lainnya. Cara yang paling sederhana dalam memilih bahan cat yang aman adalah dengan menghindari cat berbahan thinner sebagai pelarut dan berbau pedas menyengat, selalu pilih cat berbahan dasar air atau waterbased paint. Hindari cat duco melamin dan epoxy. Anda dapat mengunjungi situs www.bioindustries.co.id untuk mendapatkan pilihan bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan.

  2. Veneer

    Tampilan pelapis ini bagus dan alami karena memang jenis pelapis ini menggunakan serat kayu asli. Tetapi ternyata ada harga yang harus dibayar untuk hasil tersebut karena memang anda akan mengeluarkan dana yang cukup lumayan untuk pelapis ini, dan yang perlu anda ingat jenis pelapis ini sangat tipis sehingga diperlukan lem yang sangat kuat agar tahan lama. Beberapa jenis lem yang digunakan juga dapat mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan, cara yang paling sederhana untuk menghindarinya adalah dengan memilih lem yang tidak berbau pedas menyengat.

  3. Laminate

    Variasi motif dan warnanya beragam disesuaikan dengan selera anda, hanya saja tekstur yang licin membuat pelapis laminate terlihat tidak alami apabila digunaka pada furniture kayu anda.

  4. Tacon

    Pelapis ini memiliki tekstur sehingga terkesan alami, kekurangan dari pelapis ini disebabkan warna yang mudah memudar dan berubah menjadi kekuningan sehingga mengurangi keindahan perabot kayu anda.

  5. PVC (polyvynil carbonate)

    PVC paling banyak ditemui di sekeliling anda, karena pelapis ini lebih awet dan harganya paling terjangkau bila dibandingkan dengan pelapis lain. Hanya saja penampilannya tidak alami dan bahannya kurang ramah lingkungan.

Pilihlah yang menurut Anda paling cocok di antara kelima jenis finishing kayu dengan pelapis non transparan di atas. Jenis finishing kayu dengan pelapis non transparan boleh beragam, tetapi pilihan tetap ada di tangan anda sepenuhnya.

Baca Juga

Cara Merawat Lantai Vynil agar Menawan

Cara Membersihkan Lantai Parket

Artikel "Uncategorized"

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.