monsanto inilah nama perusahan GMO paling kontroversial di dunia

Monsanto adalah raksasa perusahaan agrikultur dengan teknologi genetic engineering. Pro dan kontra atas perusahaan ini telah lama disuarakan hingga sekarang.

Monsanto adalah raksasa perusahaan agrikultur yang banyak menuai pro dan kontra.

Monsanto adalah perusahaan agrikultur multinasional yang bergerak di bidang pertanian yang memiliki kantor pusat di Creve Coeur, Greater St. Louis, Missouri, Amerika Serikat. Secara global, perusahaan ini memiliki kepemilikan fasilitas di 66 negara di dunia. Perusahaan ini memanfaatkan teknologi genetic engineering untuk menghasilkan produk-produk GMO (Genetic Modified Organism) seperti bibit jagung dan kapas yang telah termodifikasi. Selain itu, perusahaan ini juga menghasilkan bahan bakar alkohol E85, hormon somatotropin, dan herbisida berupa herbisida Lasso, Ramrod, Roundup, hingga 2,4-Diklorofenoksiasetat.

Memaksimalkan Pertanian dengan Genetik Engineering

Teknologi genetic engineering mengacu pada teknologi yang dilakukan dengan memodifikasi genome suatu organisme sehingga nantinya dapat menghasilkan organisme yang berbeda dari yang aslinya. Teknologi ini memerlukan pemahaman mendalam mengenai jenis-jenis gen serta ekspresinya. Tanpa pemahaman tersebut, modifikasi yang dilakukan malah akan berakibat buruk seperti kecacatan. Tujuan genetic engineering biasanya bersifat antroposentrik dan dilakukan dengan usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin besar.

Monsanto adalah perusahaan yang kerap menggunakan teknologi genetic engineering untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki lebih banyak manfaat bagi manusia dibanding produk yang lebih alami. Biji-biji yang diproduksi oleh perusahaan ini telah dibuat sedemikian rupa hingga menjadi kebal terhadap herbisida, insektisida, atau kekeringan. Karakter tersebut dapat menjawab permasalahan matinya tanaman akibat herbisida atau insektisida yang seharusnya hanya mematikan hama. Monsanto sendiri juga telah memproduksi Glikofosfat yang dapat membunuh gulma tanpa membunuh tanaman. Sedangkan karakternya yang tahan terhadap kekeringan sangat diperlukan untuk pertanian di daerah kering seperti di wilayah pegunungan dan Afrika.

Pro dan Kontra atas Monsanto adalah Wajar?

Pro dan kontra atas perusahaan ini telah berlangsung sejak lama. Penggunaan teknologi engineering yang bisa menghasilkan tanaman super adalah inti dari berbagai protes yang dilayangkan kepada Monsanto. Penggunaan tanaman yang memiliki ketahanan tinggi terhadap hama ditakutkan akan menyebar keluar area pertanian dan memicu evolusi hama yang lebih ganas. Sebab, saat tanaman modifikasi Monsanto adalah salah satu yang marak digunakan oleh petani, akan terjadi seleksi, dimana hama yang lemah akan tereliminasi. Bila hal ini terjadi secara terus menerus, pada akhirnya petani yang tidak menggunakan bibit Monsanto akan terkena dampaknya karena diserang hama yang lebih ganas. Semakin mengganasnya hama juga akan membuat karakter tahan hama tanaman yang lama tidak berarti lagi. Yang terjadi selanjutnya adalah fenomena para petani yang tidak memiliki pilihan lain kecuali bergantung pada penjual bibit yang bisa melakukan genetic engineering untuk menghasilkan bibit yang lebih tahan hama lagi.

Artikel "Green And Healthy Issue"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.