Waspadai Sick Building Syndrome karena Cat Beracun

Sick Building Syndrome adalah jenis sindrom yang diakibatkan lingkungan rumah yang tidak sehat. Sindrom ini bisa mengancam siapa saja termasuk keluarga di Indonesia. Efek yang ditimbulkan beraneka macam dari sekedar iritasi hingga gangguan organ dalam. Salah satu penyebab sumber sick building syndrome ini adalah penggunaan cat berpelarut solvent.

Sick Building Syndrome adalah jenis sindrom yang diakibatkan lingkungan rumah yang tidak sehat. Sindrom ini bisa mengancam siapa saja termasuk keluarga di Indonesia.

Seyogyanya, rumah menjadi tempat dimana kita bisa merasa aman dan nyaman. Rumah yang baik harus bisa memberika perlindungan secara fisik dan secara mental. Sayangnya, hal tersebut tidak akan bisa terjadi apabila rumah kita malah menyebabkan sick building syndrome. Sick building syndrome adalah suatu kondisi dimana para penghuni bangunan mengalami gangguan kesehatan akibat lingkungan rumah yang toksik.

Beberapa efek kesehatan sick building syndrome adalah sebagai berikut:

  • Iritasi mata
  • Iritasi saluran pernafasan
  • Iritasi kulit
  • Gangguan pernafasan
  • Gangguan organ dalam (pada paparan jangka panjang yang intens)

Untuk bisa mengatakan gangguan-gangguan di atas sebagai gangguan sick building syndrome adalah valid, maka kita harus memastikan bahwa yang mengalami sindrom tersebut bukan hanya satu orang. Keberadaan sindrom ini akan semakin meyakinkan bila yang mengalami adalah seluruh penghuni gedung dan terjadi dalam jangka waktu yang relatif lama.

Efek Non Kesehatan Sick Building Syndrome adalah Sesuatu yang Juga Harus Segera Dicegah 

Adanya gangguan sindrom ini tidak hanya berakhir pada masalah kesehatan saja. Sebab, dengan kondisi fisik dan mental yang terganggu, tentu performa kita juga akan menurun. Seorang pekerja yang beraktivitas di gedung perusahaan yang menyebabkan sindrom ini tidak akan bisa menunjukkan performa terbaiknya. Hal ini secara tidak langsung dapat menyebabkan penurunan omset perusahaan. Padahal, jumlah kasus sindrom ini tidaklah sedikit. Berdasarkan data dari WHO, diketahui bahwa sekitar 30% bangunan di dunia menyebabkan sick building syndrome. Hanya saja sindrom ini sering disepelekan sehingga tidak banyak diketahui. Oleh karena itu, sick building syndrome adalah sindrom yang harus segera dicegah.

Sebagai pencegahannya, diperlukan upaya-upaya untuk menjauhkan atau meminimalisir sumber sindrom ini. Beberapa sumber sick building syndrome adalah akibat paparan mikroorganisme, jamur, hingga bahan-bahan polimer seperti cat. Keberadaan paparan tersebut bisa dimiminalisir dengan kiat-kiat tersendiri.

Jenis Cat Penyebab Sick Building Syndrome

Sebagaimana yang disebutkan di atas, sick building syndrome adalah sindrom yang salah satunya disebabkan cat. Namun, tentu tidak semua cat bisa menyebabkan sindrom ini. Jenis cat penyebab sick building syndrome adalah jenis cat dengan pelarut solvent. Cat jenis ini memiliki kandungan logam berat dan VOC (Volatile Organic Compounds) yang tinggi. Zat-zat tersebut akan menguar dari lapisan cat di dinding atau kayu dan membuat udara ruangan terpolusi. Kondisi ini akan semakin memburuk bila sistem ventilasi bangunan kurang bagus.

Memilih Cat yang Aman

Sebagai salah satu solusi untuk menjauhkan diri dari sindrom ini, sebaiknya dipilih jenis-jenis cat yang menggunakan pelarut air. Berbeda dengan pelarut solvent yang banyak menggunakan bahan toksik, air merupakan zat yang tidak perlu lagi diragukan keamanannya. Namun, agar lebih jelas, sebaiknya kita mengkonfirmasi keamanan jenis cat seperti ini dari adanya sertifikat pengakuan aman yang berasal dari lembaga yang terpercaya. Kita bisa meminta scan sertifikat yang asli sebagai bukti bahwa klaim aman yang ditampilkan bukan sekedar self proclaim belaka.

Artikel "Green And Healthy Issue"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.