penggunaan biopolish leather care

Tips Mengenali Jaket Kulit Asli Agar Tidak Salah Pilih

Jika tidak teliti Anda mungkin akan terkecoh saat membeli jaket kulit. Perlu pengetahuan dasar agar bisa dengan mudah membedakan jaket kulit asli dengan jaket kulit sintetis atau imitasi.

Ada perbedaan mencolok antara jeket kulit asli dengan jaket kulit sintetis mulai dari bentuk, harga dan teksturnya. Namun sebelum itu, kita harus pahami terlebih dahulu apa itu jaket kulit asli dan jaket kulit sintetis.

Jaket kulit asli merupakan jaket kulit yang bahan dasarnya adalah kulit hewan yang sudah melalui proses pengawetan secara kimiawi. Meskipun ada banyak jenis kulit hewan misalnya sapi, domba, kambing, babi, kanguru dan buaya, di Indonesia umumnya hanya menggunakan jeket kulit dari sapi, domba dan kambing.

Jaket kulit sintetis adalah jeket yang berbahan baku kimia dan tidak mengandung bahan kulit hewan. Terdiri dari tiga lapis, yakni polyurethane di lapisan pertama dan microfiberr di lapisan kedua ketiga.

Ada beberapa jenis bahan kimia yang digunakan untuk membuat jaket kulit sintetis di antaranya PVC, semi-polyurethane, polyurethane, microfiber leather, imitation microfiber leather, leather aqueous dan solvent-free leather.

Ada beberapa pertimbangan orang memilih jaket kulit sintetis ketimbang jaket kulit asli, misalnya karena harga jaket kulit sintetis relatif lebih murah. Namun, jangan berharap kualitas jaket kulit sintetis lebih baik ketimbang yang asli.

Selain itu, jaket kulit asli tidak menawarkan banyak varian warna, orang-orang lebih memilih jaket kulit sintetis yang memiliki banyak varian warna yang disukainya. Warna-warna itu tentunya karena terbuat dari bahan kimia yang lebih mudah dibentuk dan divariasi.

Bagi kamu yang benar-benar menginginkan jaket dari kulit hewan asli, perlu kiranya memperhatikan ciri-ciri di bawah ini.

  1. Aroma
Baca Juga:  Rangkuman Masalah Jaket Kulit dan Solusinya Serta Obat Jaket Kulit

Jaket kulit asli memliki aroma yang khas, meskipun kadang ada yang kurang suka terhadap aromanya. Aroma yang dikeluarkan oleh jaket kulit asli adalah aroma khas proses penyamakannya.

Bahan yang digunakan untuk menyamakan adalah krom dan nabati. Aroma yang dikeluarkan dari jaket kulit asli tergantung dari bahan samaknya. Aroma jaket kulit sintetis tidak berbau krom atau nagati sebagaimana jaket kulit asli dari kulit hewan. Aroma jakte kulit sintetis lebih mirip bau bahan kimia seperti kimia polimer atau karet.

  1. Aksesoris

Untuk membedakan jaket kulit asli dengan jaket kulit sintetis, bia dengan melihat aksesorisnya. Para pengrajin tidak mungkin menggukan aksesoris yang murahan untuk ditempatkan pada jaket kulit asli.

Jaket kulit asli, memiliki standar asksesoris benang nilon yang mengkilap, bukan benang katun untuk jahitan. Resleting juga memakai YKK originala sedangkan lining jaketnya menggunakan Dormeuil England yang lebih lembut dan halus.

Sangat mudah mengenali jaket kulit asli hanya. Cukup perhatikan aksesorisnya. Jika aksesorisnya tidak menggunakan bahan dari standar kulit asli, bisa dipastikan itu semi kulit atau jaket kulit imitasi.

  1. Garansi

Jaket kulit asli memiliki geransi resmi dan terjamin, misalnya geransi produk 100% kulit asli atau uang kembali atau geransi repair. Hal ini juga perlu diperhatikan untuk mengantisipasi agar Anda tidak salah pilih saat membeli jaket kulit asli.

  1. Berat

Bobot jaket kulit asli cenderung lebih berat ketimbang jaket kulit sintetis. Jelas kulit sapi lebih berat tapi kulit kambing dan domba lebih ringan, tapi masih lebih berat dibandingkan dengan jaket sintetis.

Nah, poduk asal Indonesia yang menggunakan full grain leather yaitu kulit utuh yang tidak mengalami proses buffed, sanded dan split. Berbeda dengan priduk luar negeri yang kadang sudah displit atau ditipiskan serta memiliki bobot yang hampir sama dengan jaket kulit sintetis.

  1. Ketebalan
Baca Juga:  Penjelasan Lengkap Tentang Polish Kayu Food Grade

Jeket kulit asli lebih tebal ketimbang jaket kulit imitasi, dengan kisaran ketebalannya antara 0.6 mm – 0.7 mm untuk ukuran jaket biasa. Untuk jaket kulit imitasi tidak memiliki ketebalan sedemikian.

  1. Tes api

Cara mengecek keaslian jaket kulit, salah satunya menggunakan korek api. Caranya, nyalakan korek api dipermukaan kulir beberapa detik dan tunggu hasilnya. Jika kulitnya mengelupas bisa dipastikan itu jaket sintetis. Namun, jika tahan dan tidak ada perubahan, itu pasti jaket kulit asli.

  1. Harga

Jeket kulit asli jelas lebih mahal ketimbang jaket kulit sinetetis. Selain karena bahannya yang asli dari kulit hewan, juga pengerjaannya yang cukup lama.

Setelah memahami ciri-ciri jaket kulit asli, kurang afdol rasanya jika tidak sekaligus mengetahui cara ngerawatnya biar tetap awet agar kulaitasnya tetap terjaga.

Solusinya adalah dengan menggunakan produk Biopolis Lether Care. Biopolish Lether Care merupakan produk semir yang bisa menjaga kualitas jaket kulit Anda.

Keunggulan Biopolish Leather Care

Bahan yang terkandung pada Biopolish Leather Care adalah bahan alami yaitu beeswex atau lilin lebah. Di antara keunggulan Biopolish Leather Care adalah sebagai berikut:

  1. Melenturkan dan melembutkan kerajinan berbahan kulit
  1. Melindungi dari paparan sinar matahari
  2. Mencegah permukaan bahan kulit pecah dan mengelupas
  3. Membuat warna asli tetap cerah
  4. Melindungi dari percikan air
  5. Mencegah tumbuhnya jamur pada kerajinan kulit

Nah, untuk langkah-langkah penggunaan Biopolish Leather Care, dijelaskan seperti berikut ini.

  1. Siapkan kain lap kering atau tisu. Siapkan juga produk Biopolish Leather Care
  1. Bersihkan terlebih dahulu bahan kulit sampai benar-benar kering dan tidak ada lagi debu yang menempel
  2. Oleskan produk ini secara tipis dan ratakan kebagian kulit sepatu anda
  3. Diamkan sejenak agar bahan alami produk ini menyerap dan merata
  4. Gunakan Biopolis Leather Care sesuai kebutuhan anda
Baca Juga:  Jangan Sembarangan, Begini Cara Menyimpan Jaket Kulit yang Benar

Cara Mendapatkan Biopolish Leather Care

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care, anda bisa langsung mendatangi toko atau agen-agen yang tersebar di berbagai kota Indonesia, atau melalui marketplace online berikut ini.

https://www.biopolish.com/bio/mp-shopee/ Tokopedia: https://www.biopolish.com/bio/mp-tokopedia/ Bukalapak: https://www.bukalapak.com/biopolishofficial

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi via WhtasApp 081225784920.

Leave a Comment

Your email address will not be published.