Begini Cara Sederhana Membuat Disinfektan Cegah Virus Corona Dengan WA-250

Disinfektan saat ini menjadi salah satu barang yang paling diburu di tengah kepanikan akan pandemic virus corona baru. Daripada ikut panic dan memborong disinfektan jika kita mau sedikit bergerak sendiri, kita dapat membuat disinfektan sendiri dirumah dengan bahan yang efektif dan tepat. Selain itu hal ini juga dapat digunakan sebagai peluang bisnis yang baru. Lalu, apakah kita dapat membuat disinfektan sendiri dirumah? Jawabanya tentu bisa dengan menggunakan sodium hipoklorid.

Bahan utama disinfektan yang efektif adalah dengan menggunakan sodium hypoklorid sebesar 0.1 % hingga 0.5 %. Kandungan sodium hipoklorid sebesar itu sudah dapat digunakan untuk membasmi bakteri dan virus guna kebutuhan kebersihan lingkungan. Sodium hipoklorid merupakan bahan yang direkomendasikan WHO untuk bahan aktif disinfektan.

Kandungan sodium hipokloride sebesar itu ada pada produk WA-250. Bagi anda yang belum familiar dengan istilah WA-250 , nama tersebut merupakan merek dagang pemutih kayu. WA-250  merupakan produk pemutih kayu yang mengandung sodium hipoklorid hingga 25 %. Dibandingkan dengan pemutih baju kandungan sodium hipoklorid pada WA-250 jauh lebih tinggi sehingga akan lebih efektif digunakan sebagai disinfektan.

Semakin tinggi kandungan sodium hipoklorid dalam pemutih kayu tentu akan semakin efisien dan efektif untuk membunuh bakteri dan virus. Selain itu jika anda akan membuat disinfektan tentunya akan mmebutuhkan larutan yang lebih banyak untuk menurunkan konsentrasi sodium hipokloridenya sehigga biaya produksinya tentu akan lebih murah.

Untuk mendapatkan WA-250 anda dapat membeli secara online. Kini banyak supplier yang menjual WA-250 anda dapat mengetikkan keyword pencarian dimarketplae seperti lazada, bukalapak, tokopedia dengan kata BAHAN PEMUTIH KAYU atau langsung ketikkan kata WA-250. agar lebih mudah berikut kami berikan link untuk memesan WA-250 di masing-masing marketplace dan nomor customer care kami:

Whatsapp : http://bit.ly/CSBioindustries920

Tokopedia : https://www.tokopedia.com/biopolish-ofc

Shopee : https://shopee.co.id/bio.cw04

Bukalapak : https://www.bukalapak.com/u/biopolish_official

Lazada : https://www.lazada.co.id/biopolish-brand/

Cara Membuat Disinfektan Sendiri Dirumah Atau Diy Disinfektan Dengan WA-250

DIY atau do it your self disinfektan sendiri dirumah ternyata caranya sangat sederhana. Anda hanya membutuhkan air dan WA-250. Biar lebih mudah silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat disinfektan sendiri :

  • Siapkan WA-250, wadah dan air
  • Cairankan WA-250 degan air menggunakan perbandingan sebagai berikut, 1 liter WA-250 + 50 liter air bersih
  • Jika menginginkan volume lebih kecil bisa menggunakan perbanidngan ini, 100 ml WA-250 + 4900ml air = 5 liter disinfektan
  • Aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata
  • Larutan disinfektan sudah siap digunakan

Mengapa menggunakan WA-250 menghasilkan biaya pembuatan disinfektan yang lebih murah? Berikut rincian biaya yang digunakan :

  • 1 kg atau 1 liter WA-250 harga Rp 100.000
  • Rp 100.000 menjadi 50liter disinfektan
  • Jadi jika anda ingin menghitung biaya perliternya Rp 100.000/50 liter = Rp2000/liter

Hanya Rp 2000 perliter anda dapat menjual kembali dengan harga yang bis aanda mark up atau menggunakan sendiri dirumah. 50 liter disinfektan dapat digunakan tanpa batas. Jika anda hanya menggunakanya untuk keperluan rumah tangga dapat menggunakan perbandingan volume yang lebih kecil.

Disinfektan WA-250 Lebih Efektif Dan Efisien Dibandingkan Dengan Alkohol

Disinfektan merupakan larutan atau cairan yang memiliki kemmapuan untuk mmebunh bakteri, virus , kuman dan berbagai mikroorganisme lainya yang berada di dalam ruangan atau menempel pada benda-benda mati.

Disinfektan yang bagus mengandung kandungan bahan biosida yang tinggi sehingga akan efktif untuk membunh kuman, bakteri dan virus. Disinfektan biasa digunakan pada barang barang yang biasa kita sentih sehari hari seperti gagang pintu, wetafel, keran meja, kursi, dan lain lain.

Jika banyak beredar dipasaran disinfektan dari bahan alcohol dan bahkan mungkin anda juga berlomba-lomba untuk membelinya, namun apakah disinfektan dengan bahan alcohol tersebut benar-benar efektif?

Disinfektan yang berbahan sodium hipoklorid lebih efektif dibandingkan dengan yang berbahan alcohol. Mengapa demikian? Jika anda juga bertanya-tanya mengapa hal ini terbukti lebih efektif, berikut ini penjelasannya.

Secara molekuler alcohol lebih cepat terurai ke udara dibandingkan degan sodium hipoklorid. Alcohol memang mampu mmebunuh bakteri dan virus dengan cepat namun juga sagat cepat menguap di udara jika digunakan. Sehingga alcohol tidak cukup efktif digunakan untuk ruangan terbuka dan skala penmpang benda yang lebih luas.

Hal ini sangat berbeda dengan sodium hipokloride. Bahan yang satu ini mampu bertahan di udara lebih lama. Diperkirakan hingga 2 jam berada di udara bebas.  Sehingga disinfektan engan bahan sodium hipokloride lebih efektif digunakan untuk luas penampan yang lebih luas, besar dan terbuka. Sangat cocok untuk menyemprot ruangan , rumah ataupun untuk sanitasi lingkungan.

Tidak hanya itu larutan disinfektan dengan bahan sodium hipokloride dapat juga dicampur dengan baan bahan pembersih lainya. Misalnya dengan sabun cuci, pembersih lantai ataupun detergen. Berbagai alasan inilah yang membuat larutan disinfektan berbahan sodium hipokloride lebih efektif dan efisien digunakan dibandingkan dengan disinfektan berbahan alcohol.

Tips Aman Melakukan Sanitasi Lingkungan Dengan Menggunakan Disinfektan

Seperti kita ketahui keadaan saat ini kita tengah diliputi wabah pandemic virus korona baru. Salah satu cara menangkal virus ini adalah dengan membersihkan lingkungan. Apalagi jenis virus ini menyebar lewat tetesan udara dan menempel pada benda-benda tertentu hingga berjam-jam. Oleh karena itu penting sekali untuk melakukan proses pembersihan atau deep cleansing seacara berkala dirumah.

Untuk melakukan deep cleanser tidak cukup hanya dengan mencuci atau mengepel saja. Namun perlu dilanjutkan dengan proses disinfektan. Disinfektan dibuat guna membasmi bakteri dan virus, oleh karena itu bagi pekerja yang menjalankan tugas untuk melakukan disinfektan ataupun pembersihan sebaiknya paham bagaimana tata cara pelaksanaan penyemprotan agar tetap aman, berikut tips melakukan sanitasi lingkungan yang benar:

  • Sebelum melakukan proses disinfektan sebaiknya bersihkan terlebih dahulu ruangan atau perabotan yang akan disemprot tersebut. Jadi prinsipnya adalah cuci dan bersihkan terlebih dahulu barulah menggunakan larutan disinfektan
  • Siapkan perlatan yang akan digunakan
  • Gunakan pakaian kerja yang aman, menggunakan sepatu, kacamata pelindung, sarung tangan, dan masker
  • Semprotkan larutan disinfektan WA-250 secara menrata ke permukaan dinidng, lantai , pintu ataupun mebel lainya secraa berkala. Gunakan term minimal per 2 jam sekali
  • Jika anda membersihkan ruangan pastikan bahwa ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang bagus seperti ventilasi yang terbuka untuk keluar masuk udara bersih. Selain itu pastikan anda tidak menyemprot bagian yang bersinggungan dengan arus listrik secara langsung seperti saklar ataupun bagian stop kontak listrik

Demikian cara yang dapat anda lakukan untuk mleakukan sanitasi dirumah sendiri. Namun pastikan bahwa anda tetap mematuhi tips diatas agar aman tidak menggangu kesehatan anda sendiri. Pasalnya disinfektan yang digunakan merupakan bahan kimia yang bisa saja justru mengiritasi anda. Oleh karena itu harus tetap waspada dan hati-hati.

Semoga usaha menjaga kebersihan dengan sanitasi lingkungan menggunakan disinfektan ini efektif dan mampu mencegah penyebaran virus korona yang kini tengah mewabah di indonesia. semoga tutorial dan informasi yang kami berikan dapat membantu anda semua.

 

Artikel "Green And Healthy Issue"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.