Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah, Begini Cara Mudah Membersihkan Jaket Kulit

Bagi kamu yang memiliki jaket kulit, tentu tujuan utamanya adalah untuk tampil penuh gaya dengan jaket kulit tersebut. Sehingga kamu akan sering menggunakan jaket kulit di setiap kesempatan yang kamu punya untuk tampil lebih percaya diri. Memang, dengan kualitasnya yang sangat bagus, jaket kulit sangat cocok untuk digunakan sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari kamu.

Semakin sering kamu menggunakan jaket kulit, semakin sering juga jaket kulit terkena sengatan sinar matahari. Saat matahari sedang bersinar terik, jaket kulit memberikan perlindungan dengan bahannya yang membuat kamu merasa tidak gerah. Tapi bukan berarti kamu tidak berkeringat.

Jaket kulit bagaimanapun juga adalah pakaian yang digunakan sebagai pelapis. Artinya tubuh kita tertutupi oleh minimal dua lapisan pakaian. Sebagus apapun jaket kulit menahan cuaca panas, tetap saja tubuh kamu akan menghasilkan keringat. Nah, keringat yang sering muncul saat kamu menggunakan jaket kulit bisa memicu bau tidak sedap pada jaket kulit.

jaket kulit kena hujan
jaket kulit kena hujan. sumber: https://nasional.tempo.co/read/1109520/musim-kemarau-bandung-selatan-dilanda-hujan-es

Saat hujan pun demikian. Jika secara tiba-tiba hujan deras turun dan kamu terlanjur tidak membawa mantel hujan, mau tidak mau jaket kulit kamu akan menjadi korban. Air hujan yang mengenai jaket kulit jika tidak langsung dikeringkan akan mengundang tumbuhnya jamur. Kalau sudah tumbuh jamur, alamat jaket kulit kamu akan menjadi bau apek.

 

Membersihkan Jaket Kulit dengan Mencucinya Sesekali

Seperti pakaian lainnya, jaket kulit juga perlu dibersihkan agar tetap enak untuk dipakai. Rata-rata orang menggunakan pakaian sehari pakai langsung dicuci. Selain karena alasan kenyamanan, baju yang dipakai lebih dari satu hari dipakai biasanya sudah tidak nyaman lagi digunakan. Juga karena alasan kebersihan. Pakaian yang sudah lebih dari satu hari dipakai kemungkinan lebih kotor.

Bedanya antara pakaian biasa dengan jaket kulit adalah jaket kulit tidak sehari pakai langsung dicuci. Biasanya orang akan menunggu sampai beberapa hari atau beberapa minggu sebelum akhirnya mencuci jaket kulit.

Alasannya tentu saja karena mencuci jaket kulit tidak semudah mencuci baju biasa. Saat mencuci baju biasa, kamu pasti merendam terlebih dahulu baju kamu dalam cairan deterjen, kemudian mengucek dengan tangan atau sikat, baru dibilas kemudian dijemur. Atau mencuci menggunakan mesin cuci. Proses tersebut tidak berlaku pada jaket kulit.

Ya, memang benar. Jaket kulit sebaiknya tidak terlalu sering dicuci. Usahakan mencuci jaket kulit hanya saat kondisi mendesak saja. Terlalu sering mencuci jaket kulit malah akan membuat permukaan jaket menjadi kasar dan retak. Selain itu jangan menggunakan deterjen karena kandungan deterjen dapat merusak elastisitas permukaan jaket kulit kamu.

 

Cara Mencuci Jaket Kulit yang Benar

Jika jaket kulit kamu sudah mengeluarkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu. Atau jika jaket kulit kamu terkena noda membandel. Maka sudah saatnya kamu membersihkan jaket kulit kamu dengan cara mencucinya.

Mencuci jaket kulit tidak boleh sembarangan. Ada beberapa pantangan yang harus kamu hindari saat mencuci jaket kulit. Beberapa pantangan yang harus kamu hindari saat mencuci jaket kulit yaitu merendam terlalu lama, menggunakan diterjen, menyikat permukaan jaket dengan sikat yang keras, memeras jaket kulit, dan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

ilustrasi sinar matahari
ilustrasi sinar matahari. sumber: unplash.com/Mahime bhm

Lantas bagaimana cara mencuci jaket kulit yang benar? Berikut ini cara mencuci jaket kulit yang bisa kamu lakukan di rumah:

  1. Siapkan air hangat, lap bersih dan handuk
  2. Jika ingin menambahkan pembersih, kamu bisa menggunakan shampo atau cairan cuci piring. Ingat, jangan gunakan deterjen
  3. Campurkan air hangat dengan shampo atau cairan cuci piring
  4. Gantungkan jaket kulit kamu menggunakan hanger
  5. Celupkan lap bersih ke dalam air shampo
  6. Usapkan lap tersebut ke permukaan jaket kulit secara merata
  7. Bersihkan lap dari busa shampo kemudian usapkan lap yang sudah bersih tersebut ke permukaan jaket kulit sampai bersih dari busa shampo
  8. Gunakan handuk untuk mengeringkan air yang tersisa di permukaan jaket kulit
  9. Keringkan dengan cara diangin-anginkan saja

Bagaimana? Mudah, bukan? Kamu bisa mencobanya di rumah.

 

Tambahkan Biopolish Leather Care untuk Perawatan

Selain membersihkan dengan cara dicuci, kamu juga bisa membersihkan jaket kulit dengan cara mengoleskan lotion khusus perawatan jaket kulit. Noda ringan seperti debu atau bau asap rokok dan kendaraan yang menempel di jaket kulit bisa kamu hilangkan dengan lotion perawatan jaket kulit. salah satu produk perawatan jaket kulit yang sudah teruji kualitasnya adalah Biopolish Leather Care.

Biopolish Leather Care merupakan produk perawatan kerajinan berbahan kulit baik sepatu, jaket, sofa, bahkan interior mobil dan motor yang berbahan kulit.

Biopolish Leather Care 100% terbuat dari bahan alami, yaitu lilin lebah (beeswax), yang diolah secara modern. Bentuknya adalah krim padat tanpa warna dan tanpa bau. Sehingga bisa diaplikasikan untuk berbagai warna jaket kulit kamu.

Menggunakan Biopolish Leather Care pada jaket kulit dapat membantu merawatnya. Noda yang melekat pada jaket kulit seperti debu dapat dibersihkan. Bau tidak sedap dari asap rokok atau asap kendaraan dapat disamarkan.  Karena produk ini tanpa bau, saat dioleskan ke jaket kulit tidak akan muncul bau seperti bau semir pada umumnya.

Beberapa manfaat lain menggunakan Biopolis Leather Care adalah melembutkan dan melenturkan jaket kulit. Sehingga jaket kulit kamu tetap terasa nyaman meskipun sering digunakan. Selain itu, karena Biopolish Leather Care tidak berwarna, maka produk ini dapat menjaga warna jaket kulit kamu tetap cerah dan tajam apapun warna jaket kulit kamu.

Untuk menggunakan Biopolish Leather Care sebagai langkah perawatan jaket kulit kamu, ikuti cara-cara berikut ini:

  1. Siapkan jaket kulit kamu dalam kondisi bersih dan kering. Jika masih basah, biarkan sampai kering. Jika masih ada debu, usap dengan kain kering hingga bersih
  2. Siapkan kain lap kering dan Biopolish Leather Care
  3. Oleskan Biopolish Leather Care pada jaket kulit kamu menggunakan kain kering. Oles secara merata agar seluruh permukaan jaket kulit terlapisi dengan baik
  4. Diamkan selama beberapa saat agar Biopolish Leather Care meresap ke bahan kulit
  5. Ulangi langkah 3-4 sebanyak satu kali jika dirasa masih kurang
  6. Simpan jaket kulit yang sudah diolesi Biopolish Leather Care di tempat penyimpanan dengan sirkulasi udara yang baik

 

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Jika kamu tertarik menggunakan Biopolish Leather Car, kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Pembelian online dapat dilayani di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Sedangkan untuk pembelian offline kamu dapat menghubungi reseller-reseller terdekat atau agen-agen yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Kalau kamu tinggal di DIY dan sekitarnya, untuk membeli secara offine kamu bisa mendatangi agen Yogyakarta yang terletak di Jln. Sidikan, No 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55162. Adapun telepon yang bisa dihubungi adalah (0274) 4388301. Sementara nomor whatsapp adalah 081225784920.

tanya cs poli
Tanya Poli!