Sarung Jok Mobil Terbuat dari Bahan Kulit? Begini Cara Merawatnya agar Aman dan Tidak Cepat Rusak

Produk Biopolish Leather Care dapat digunakan untuk merawat berbagai jenis produk kerajinan dari bahan kulit. Salah satu produk kerajinan dari bahan kulit yang kita kenal adalah sarung jok. Baik jok mobil maupun sepeda motor. Dapat ditutupi dengan sarung jok dengan berbagai bahan, termasuk kulit.

Biasanya, pemasangan sarung jok mobil dilatarbelakangi oleh beberapa alasan. Yang pertama untuk modifikasi yang lebih estetis. Kita tahu kalau jok mobil bawaan dari dealer mobil setelannya standar. Bagi para penyuka otomotif kadang kondisi jok ini tidak sesuai dengan keinginan mereka sehingga perlu diganti dengan sarung lain yang lebih estetik.

Alasan kedua untuk alasan keawetan. Melapisi jok dengan sarung tentu membuat jok menjadi terlindungi dari berbagai faktor yang bisa merusak. Misalnya air, tumpahan makanan atau minuman,

Alasan kenyamanan. Beberapa bahan sarung jok lebih terasa nyaman untuk digunakan dibanding dengan jok bawaan pabrik. Oleh karena itu pemilik mobil memilih melapisi jok dengan sarung jok yang bahannya paling nyaman.

Baca juga : Punya Sofa Kulit? Yuk Dirawat dengan Biopolish Leather Care

Cara Memasang Sarung Jok Mobil

Sebelum memutuskan ke bengkel interior mobil, terlebih dahulu kamu harus pahami beberapa hal tentang sarung jok mobil. Misalnya, dalam hal memasang sarung jok mobil. Terdapat dua cara memasangnya, yaitu cara permanen dan semi permanen.

Cara pemasangan permanen artinya sarung jok yang dipasang satu paket dengan keseluruhan jok. Sehingga jok asli bawaan dari pabrik akan dilepas dan diganti dengan bahan yang telah ditentukan. Baru setelah itu ditutup dengan sarung jok.

Kamu harus memikirkan baik-baik jika ingin menggunakan cara permanen. Karena cara ini mengubah jok mobil secara keseluruhan. Bahan jok yang dipilih harus benar-benar nyaman sesuai dengan standar kenyaman agar mobil kamu tetap enak dinaiki.

Lebih aman jika kamu memilih cara pemasangan semi permanen. Cara pemasangan ini lebih aman untuk dipilih karena yang diganti adalah sarung jok nya saja. Jok asli tetap dipertahankan. Hanya mengganti sarung jok yang bisa ditutup dan dilepas kapan saja juga memberikan keuntungan. Jika kamu merasa tidak cocok dengan bahannya, maka kamu bisa menggantinya kapan saja.

Baca Juga:  Tips Merawat Jaket Kulit Berjamur Agar Tetap Kece Seperti yang Dipakai Artis

Jenis-Jenis Bahan Sarung Jok

Setelah mengetahui cara memasang sarung jok mobil, saatnya kamu mengenali beberapa bahanyang biasa digunakan untuk sarung jok mobil. Berikut ini adalah beberapa bahan yang sering digunakan sebagai bahan sarung jok mobil.

  1. Kulit asli
  2. Kulit sintetis premium
  3. Kulit sintetis
  4. Kain atau fabric

Masing-masing bahan memiliki kualitas yang berbeda, sehingga harganya pun berbeda. Semakin baik kualitasnya, semakin mahal harganya. Yang paling banyak digunakan adalah sarung jok dengan bahan kulit sintetis. Selain karena harganya yang lumayan terjangkau dibanding bahan yang lain, juga karena perawatannya lebih mudah.

Sarung jok dari bahan kulit sintetis tidak memerlukan perawatan yang ribet seperti halnya sarung jok dari bahan kulit maupun bahan kain. Jika kamu menemukan kotoran di sarung jok dengan bahan kulit sintetis, kamu tinggal mengelapnya dengan kain basah. Sedangkan untuk sarung jok dengan bahan kulit asli atau kulit sintetis premium membutuhkan lotion khusus.

 

Penyebab Sarung Jok Mobil Cepat Rusak

Jika kamu rutin menggunakan mobil kamu setiap hari untuk keperluan pekerjaan, kemungkinan rata-rata usia sarung jok mobil kamu adalah 4-5 tahun. Akan tetapi itu semua tergantung pada bagaimana kamu merawat jok mobil kamu. Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa memperpendek usia sarung jok mobil kamu.

  1. Kebiasan makan atau minum di dalam mobil

Kebiasan kamu makan dan minum di dalam mobil bisa merusak sarung jok mobil kamu lebih cepat. Pasalnya, zat asam yang terkandung pada makanan dan minuman yang tumpah bisa mengganggu keawetan sarung jok mobil. Oleh karena itu hindari kebiasaan makan dan minum di dalam mobil jika tidak terlalu mendesak.

  1. Membiarkan mobil terpapar sinar matahari langsung

Jika kamu harus berhenti untuk keperluan pekerjaan, upayakan agar memarkir mobil kamu di tempat yang teduh. Jika tidak bisa menemukan tempat yang teduh, tutuplah jok mobil kamu dengan kain atau penutup lainnya. Agar sinar matahari tidak langsung mengenai jok. Sinar matahari dapat merusak sarung jok kamu, terutama sarung jok dengan bahan kulit.

  1. Meletakkan benda-benda tajam di jok
Baca Juga:  Cara Mencuci Tas Pu yang Benar tidak Bikin Kaku dan Pecah-Pecah

Meskipun tidak sering, kadang-kadang ada pemilik mobil yang meletakan benda-benda tajam di atas jok. Benda seperti gunting, cutter, puplen dan merobek permukaan jok mobil kamu. Oleh karena itu berhati-hatilah dengan benda ytajam yang dibawag ke mobil.

  1. Kehilangan kelembaban

Seperti halnya kulit manusia, sraung jok mobil juga memerlukan kelembaban. Hal ini dimaksudkan agar sarung jok tidak cepat retak dan pecah. Terutama untuk bahan kulit yang sangat memerlukan tingkat akurasi kelembaban yang tinggi, oleh karean itu kamu perlu membuatnya tetap lembab. Salah satunya denan mengoleskan lotion perawatan kulit.

  1. Duduk dengan menggesek-gesekan celana ke jok

Selain beberapa fator tersebut, ada beberapa faktor sepele lain yang bisa membuat sarung jok mobil menjadi lebih rusak. Factor sepele ini mungkin secara tidak sadar penah lakukan oleh banyak orang. Mungkin bisa jadi kamu juga sering melakukan.

Tindakan menggesekan celana ke jok mobil mungkin sangat sepele. Tapi jika terlalu sering dilakukan lama-lama jok mobil kamu menjadi lebih cepat rusak.

Baca juga : Tips Merawat Jok Mobil Mbtech Dengan biopolish leather care praktis

Cara Merawat Sarung Jok Berbahan Kulit

Jika kamu termasuk orang yang memutuskan untuk menggunakan bahan kulit sebagai sarung jok kulit mobil kamu, maka perlu ada cara-cara khusus dalam merawatnya. Merawat jok berbahan kulit tidak bisa sembarangan. Karena bahan kulit apalagi kulit asli memiliki kualitas bagus yang harus dirawat secara khusus.

Begini cara-cara merawat sarung jok berbahan kulit:

  1. Air dan Lap Lembut

Untuk membersihkan sarung jok kulit kamu bisa menggunakan lap lembut dengan sedikit air. Jangan menggunakan terlalu banyak air karena justru dapat membuat jok menjadi basah dan menimbulkan jamur.

Sebagai alternatif pengganti air, kamu bisa memilih pembersih khusus produk kulit yang berbentuk pasta. Contohnya adalah Biopolish Leather Care. Penggunaan lap lembut agar tidak menimbulkan bekas goresan di jok.

  1. Sikat dengan Lembut
Baca Juga:  inilah biopolish leather care Polish Alami Untuk Leather Goods

Jika kamu menemukan ada noda yang membandel, sulit dibersihkan, menempel di jok mobil kamu, maka kamu bisa mengganti lap lembut dengan sikat lembut. Bahan pembersihnya bisa sama, hanya mengganti lap saja dengan sikat agar noda membandel bisa dihilangkan.

Cara menyikatnya tidak boleh ditekan keras-keras. Cukup digerakkan saja tanpa tenaga agar jok tidak rusak dan tergores.

  1. Shampoo Bayi

Alternatif lain jika tidak ada pembersih khusus, kamu bisa menggunakan shampoo bayi. Shampoo bayi dibuat dengan pH yang seimbang dan formula yang lembut. Sangat cocok untuk perawatan produk bayi.

  1. Coating

Untuk mengantisipasi saat kamu tidak menemukan tempat parkir yang teduh, gunakan coating sebagai pelapis sarung jok kamu.

Baca juga : Praktis Merawat interior kulit Mobil Dengan Biopolish leather care

Biopolish Leather Care untuk Perawatan Sarung Jok Kulit

Kegunaan Biopolish Leather Care untuk merawat kerajinan bahan kulit atau leather goods. Baik bahan kulit asli dari binatang ataupun bahan kulit imitasi. Biopolish leather care dapat digunakan baik untuk jaket kulit, tas, dompet, sepatu kulit, jok mobil dan lain-lainya.

Biopolish Leather Care mampu menguatkan dan menajamkan warna alami bahan kulit. biopolish sangat tepat diaplikasikan  untuk mengatasi jaket kulit, sepatu kulit, jok mobil dan kerajinan bahan kulit lainya yang telah kusam warnanya.

Tak hanya itu, biopolish leather care juga melembutkan, melenturkan, dan mencegah paparan sianr matahari merusak tekstur bahan kulit. biopolish leather care berfungsi untuk melenturkan, melembutkan dan juga membersihkan bahan kulit.

Baca juga : Harga biopolish Pelembab Jok Kulit Mobil Terbaik Di Indonesia

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care kamu bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti https://www.biopolish.com/bio/mp-bukalapak/, shopee, https://www.biopolish.com/bio/mp-tokopedia/, blibli dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 082122225920.