Cara Mengatasi Jaket Kulit yang Berkerut

Jika kamu termasuk orang yang sangat memperhatikan gaya berpakaian kamu, saatnya untuk mempertimbangkan mengenakan jaket kulit. Saat ini jaket kulit menjadi salah satu bagian fashion yang diburu banyak kalangan, termasuk kaum muda. Karena desainnya yang elegan, bahannya yang nyaman, warnanya yang gelap sehingga menimbulkan kesan stylish.

Pada awalnya dulu pengguna jaket kulit memang didominasi oleh pria dewasa. Di tanah Amerika jaket kulit biasanya digunakan oleh para koboy dan para pengendara motor gede.  Identitas kelaki-lakian kedua kelompok tersebut sangat terwakili oleh jaket kulit. Sehingga muncul kesan bahwa pengguna jaket kulit adalah sosok yang macho dan maskulin.

Jaman sudah berubah. Kini jaket kulit tidak hanya diliki oleh kalangan pria dewasa atau kelompok tertentu saja. Anak-anak muda, laki-laki maupun perempuan, banyak yang sudah mengenakan jaket kulit. Beberapa alasan mereka memilih jaket kulit di antaranya adalah bahannya yang nyaman, tidak panas juga tidak dingin, serta tahan lama.

perempuan dengan jaket kulit
perempuan dengan jaket kulit. sumber: https://www.popbela.com/fashion/style-trends/michaelrichards/model-jaket-kulit-terbaru

Pengguna jaket kulit yang semakin meluas menguntungkan bagi industri kerajinan kulit di Indonesia. Beberapa sentra industri kerajinan kulit seperti di Garut, Jawa Barat dan di Kasihan, Bantul, semakin berkembang. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini bahkan tidak perlu datang ke sentra industry kulit untuk bisa membeli jaket kulit. Kamu tinggal membuka marketplace dan pesanan bisa diantar ke tempat tujuan.

 

Perhatikan Cara Menyimpan Jaket Kulit

Jika kamu tertarik memakai jaket kulit dan ingin membelinya, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli jaket kulit. Yang pertama tentu saja keaslian bahan kulit yang digunakan. Ada perbedaan kualitas yang lumayan jauh antara jaket yang dibuat dengan bahan kulit asli dan jaket yang dibuat dengan bahan kulit sintetis.

Perbedaan kualitas tersebut berpengaruh pada harga. Jaket dengan bahan kulit asli memiliki harga yang lebih tinggi dibanding jaket kulit sintetis. Jika kamu termasuk pribadi yang mendahulukan kualitas, harga mahal tidak akan masalah. Mengingat kulit asli juka sangat awet sehingga bisa digunakan bertahun-tahun.

Setelah membeli jaket kulit dengan bahan kulit asli, untuk menunjang keawetannya, kamu harus melakukan perawatan dengan baik. Perawatan jaket kulit sebenarnya sederhana, tapi sangat berpengaruh pada kualitas jaket jika dilakukan dengan baik. Salah satu cara perawatan yang perlu dilakukan adalah menyimpan jaket kulit.

Untuk menghindari kerusakan, cara menyimpan jaket kulit memang tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah cara menyimpan jaket kulit yang benar:

  1. Jaket kulit disimpan di tempat dengan tingkat kelembaban udara sedang
  2. Jaket kulit disimpan di ruang terbuka
  3. Jaket kulit disimpan di tempat dengan sirkulasi udara yang bagus
  4. Jaket kulit disimpan dengan cara digantung pada hanger

 

Hindari Melipat Jaket Kulit

Salah satu cara untuk menyimpan jaket kulit adalah dengan cara digantung menggunakan hanger. Jangan sampai jaket kulit digantung tapi dengan gantungan baju yang menempel di dinding. Menggantungnya harus menggunakan hanger. Juga jangan sampai jaket kulit disimpan dengan cara dilipat.

Melipat jaket kulit sama saja dengan merusak jaket itu sendiri. Bahan kulit pada jaket memiliki tingkat kelenturan terentu. Jika jaket disimpan dengan cara dilipat, apalagi jika disimpan dalam waktu yang lama, beberapa bagian jaket kulit akan kehilangan kelenturannya. Hasilnya, jaket kulit akan berkerut. Tentu kamu tidak ingin pada saat mengenakan jaket kulit untuk bergaya ternyata jaket kamu malah berkerut.

Jaket kulit yang berkerut mungkin terlihat sepele pada awalnya. Namun jika dibiarkan kondisi ini bisa menyebabkan bagian yang berkerut menjadi mengelupas. Jaket kulit yang sudah mengelupas tentu tidak bisa lagi kamu gunakan.

Oleh karena itu hindari menyimpan jaket kulit dengan cara melipat. Simpan lah jaket kulit dengan cara digantung pada hanger. Agar jaket kulit kamu tidak berkerut. Jika sudah terlanjur, kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi jaket kulit berkerut di bawah ini:

  1. Mengoleskan lotion atau pelembab khusus jaket kulit pada permukaan jaket yang mengkerut
  2. Menyetrika permukaan jaket kulit yang telah diberi lotion. Namun perlu diperhatikan, jangan menyetrika dengan suhu tinggi karena akan membuat jaket kulit mengelupas. Selain itu, tambahkan tiga sampai lima lembar kertas hvs di atas permukaan jaket sehingga setrika tidak langsung bersentuhan dengan permukaan jaket.
  3. Menjaga kelenturan jaket kulit dengan cara mengoleskan lotion atau pelembab khusus jaket kulit secara rutin.

 

Biopolish Leather Care Lotion Berkualitas Tinggi Khusus Jaket Kulit

Untuk mengatasi jaket kulit yang berkerut diperlukan lotion yang dibuat khusus untuk jaket kulit. Mengoleskan lotion pada bagian jaket kulit yang berkerut dapat membantu meningkatkan kembali kelenturan bahan kulit. Setelah masalah jaket kulit berkerut teratasi, kamu tetap harus merawat jaket kulit dengan lotion untuk menghindari kerusakan lainnya.

Salah satu lotion perawatan khusus produk-produk berbahan kulit, termasuk jaket kulit, adalah produk dari Bioplosih. Produk Biopolish yang dibuat khusus untuk perawatan kerajinan berbahan kulit adalah Biopolish Leather Care.  Beberapa keunggulan yang bisa kamu peroleh dari Biopolish Leather Care dibandingkan produk lainnya yang sejenis di antaranya adalah:

  1. Terbuat dari Bahan Alami

Biopolish Leather Care terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak membahayakan. Bahan utamanya adalah beeswax (lilin lebah), linseed oil (minyak biji rami), pine oil (minyak pinus) dan minyak nabati lainnya. Produk ini terbuat dari 100% bahan alami bersertifikat US-FDA sehingga aman dan rmah lingkungan.

  1. Tidak Berbau (odorless)

Produk lotion pada umumnya memiliki bau bawaan, terutama bau bahan-bahan kimia yang menjadi bahan pembuatnya. Biopolish Leather Care sebagai produk yang terbuat dari bahan alami memiliki fiat tidak berbau (odorless). Ketika dioleskan ke jaket kulit kamu, tidak menimbulkan bau tidak sedap sehingga kamu tetap nyaman memakai jaket kulit kamu.

  1. Warna Netral (colorless)

Biopolish Leather Care tidak berwarna sehingga dapat digunakan untuk semua jenis warna jaket kulit kamu. Selain itu, penggunaan produk ini pada jaket kulit juga tidak akan mengubah warna aslinya.

  1. Menjaga Kelenturan dan Kelembutan Kulit

Kandungan beeswax pada produk Biopolish Leather Care akan meresap ke dalam substrat kulit sehingga dapat menjaga serat-serat kulit tetap fleksibel. Serat yang fleksibel menjadikan jaket kulit tetap lentur dan lembut saat digunakan.

  1. Mencegah Permukaan Pecah dan Mengelupas

Produk Biopolish Leather Care memiliki sifat natural plastilizer, yaitu kemampuan membuat kulit binatang maupun kulit sintetis menjadi lentur. Sifat yang dimiliki Biopolish Leather Care ini tentu sangat bermanfaat bagi kamu untuk mecegah jaket kulit pecah dan mengelupas karena kehilangan kelenturannya.

Tertarik mengggunakan Biopolish Leather Care? Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan cara menghubungi reseller yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain.

Jika ingin bertanya atau mencari informasi lebih lanjut, silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.