Cara Merawat Jaket Kulit agar Tidak Kusam dan Pudar

Penyebab Jaket Kulit Kusam dan Pudar

Bagi kamu penggemar jaket kulit, baik untuk keperluan fashion maupun tuntutan seperti komunitas motor gede, jaket kulit pastinya akan selalu digunakan setiap hari. penggunaan jaket setiap hari berarti berpotensi menyebabkan jaket sering terpapar sinar UV maupun terkena hujan. Kedua faktor ini adalah faktor utama yang menyebabkan jaket kulit kamu menjadi kusam dan pudar.

Memang  salah satu kelebihan dari jaket kulit adalah dapat tahan terhadap air, namun perlu diingat namanya juga kulit jika hujannya terlalu deras dan besar air hujan akan tetap masuk. Salah satu ciri kerusakan akibat terlalu sering kena air adalah warna dari jaket kulit kamu akan pudar. Jika terlanjur sudah terkena air, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan agar jaket kulit kamu tidak pudar warnanya.

jaket kulit kena hujan
jaket kulit kena hujan. sumber: https://nasional.tempo.co/read/1109520/musim-kemarau-bandung-selatan-dilanda-hujan-es

 

Yang pertama, jangan menjemur jaket kulit kamu di bawah sinar matahari langsung. Cukup dengan digantung di dalam ruangan, diangin-angin sampai kering secara natural. Atau jika mau, kamu bisa menggunakan lap kering untuk mengeringkan jaket kulit kamu yang baru terkena air.

Yang kedua, jika sudah kering jangan menyimpan jaket kulit kamu dengan cara dilipat. Melipat jaket kulit akan membuat bagian jaket kulit yang berada di dalam lipatan menjadi lembab. Kelembaban ini berpotensi memunculkan jamur yang akan berdampak pada memudarnya warna jaket kulit kamu.

Yang ketiga, jika jaket kulit kamu kotor, hindari mencuci jaket kulit dengan cara direndam, menggunakan deterjen, apalagi menggunakan mesin cuci. Pencucian jaket kulit dengan cara seperti ini justru akan membuat jaket kulit kamu semakin rusak berat. sebaliknya, cucilah dengan menggunakan air hangat dengan cara dicelupkan saja kemudian dilap menggunakan kain kering yang lembut.

Yang kempat, biasakan untuk menggunakan lotion perawatan khusus produk kulit untuk memastikan jaket kulit kamu tidak kusam dan tidak pudar. Produk perawatan khusus jaket kulit ini sudah banyak tersedia di pasaran. Salah satunya adalah biopolish leather care. Produk perawatan khusus aksesoris berbahan dasar kulit.

 

Oleskan Biopolish Leather Care untuk Perawatan Jaket Kulit

Setelah kamu tahu bagaimana langkah-langkah sederhana untuk menghindari jaket kulit menjadi kusam dan pudar, saatnya kamu melakukan perawatan agar jaket kulit kamu semakin mengkilap dan terawat. Perawatan rutin ini dilakukan dalam rangka mencegah jaket kulit kamu rusak. Sehingga perubahan cuaca yang terjadi di luar, baik itu panas terik maupun hujan, tidak akan berdampak terlalu besar karena jaket sudah terlindungi dengan maksimal.

Untuk melakukan perawatan rutin ini, kamu bisa memulainya dengan mencuci secara rutin. Ingat, mencuci jaket kulit tidak boleh direndam, tidak boleh menggunakan deterjen, apalagi mesin setelah itu dikeringkan dengan cara digantung dan dianginkan. Jangan diperas, karena akan membuat jaket kulit menjadi retak.

Setelah kering, ada baiknya kamu mengolesi jaket kulit asli tersebut dengan menggunakan Biopolish Leather Care. Produk satu merupakan bahan yang diformulasikan khusus untuk merawat barang berbahan kulit, salah satunya jaket kulit. Dengan mengolesinya dengan Biopolish Leather Care, maka kondisinya akan tetap terjaga, tak mudah rusak, dan menawan. Biopolish Leather Care juga memberikan perawatan dari serat kulitnya langsung dengan bahan-bahan alami yang dikandungnya seperti beeswax.

Kelebihan yang akan kamu dapatkan ketika mengolesi jaket kulit asli kamu menggunakan Biopolish Leather Care adalah produk ini mampu melembutkan, melenturkan, serta menjaga tekstur permukaan jaket kulit sehingga nyaman ketika dipakai. Dengan mengaplikasikannya secara merata, maka warna jaket kulit juga akan terjaga dan menjadi lebih cerah dan tajam.

Fungsi dari Biopolish Leather Care bagi jaket kulit yaitu berperan sebagai lotion yang membantu mencegah permukaan jaket kulit mengelupas, mengelotok, atau pecah. Selain itu juga melindungi jaket kulit asli dari paparan sinar matahari beserta efek negatif yang ditimbulkan seperti terjadi kekusaman dan perubahan warna.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care kamu bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.

 

Jaket Kulit Sebagai Identitas

Alasan orang menggunakan jaket kulit tentu berbeda-beda. Tetapi yang pasti, dengan pengunaan yang semakin luas, jaket kulit kini menjadi salah satu aksesoris yang wajib dimiliki. Bagi sebagian kalangan jaket kulit adalah sebuah identitas yang tidak bisa dilepaskan. Ke mana pun mereka bepergian, jaket kulit akan melekat di tubuhnya.

Di Amerika Serikat, jaket kulit adalah bagian tidak terpisahkan dari para koboy, sheriff dan komintas motor gede. Ketiganya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama menunjukkan maskulinitas sebagai identitas. Berbadan tegap, otot yang menonjol, beberapa ditambah kumis tebal. Itulah sebabnya jaket kulit sempat identik dengan kaum pria dan kesan macho.

Kesan macho sedikit bergeser dengan semakin banyaknya variasi desain jaket kulit yang dihasilkan. Variasi desain ini kemudian menarik minat anak muda yang ingin tampil penuh gaya dan elegan. Kini anak muda di wilayah perkotaan dengan preferensi fashion tinggi banyak menggunakan jaket kulit. Identitas jaket kulit bergeser dari kesan macho ke kesan muda dan bergaya.

Kesan maskulinitas semakin bergeser ketika mulai banyak kalangan selebritis perempuan menggunakan jaket kulit. Kalangan selebritis perempuan menunjukkan bahwa jaket kulit tidak hanya maskulin, tapi bisa juga sangat cocok dengan sisi feminim. Digunakan oleh perempuan, jaket kulit tidak lantas membuat perempuan terlihat lebih macho. Jaket kulit membuat para perempuan terlihat tangguh tapi tetap anggun.

perempuan dengan jaket kulit
perempuan dengan jaket kulit. sumber: https://www.popbela.com/fashion/style-trends/michaelrichards/model-jaket-kulit-terbaru

Dengan beragamnya identitas yang diwakili oleh jaket kulit saat ini, tidak heran jika jaket kulit menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan. Bagi kamu yang sudah memiliki jaket kulit, upaya perawatan rutin sangat diperlukan untuk menjaga keawetan jaket. Semakin terawatt, semakin kuat pancaran identitas yang ditampilkan di kamu.

Sementara bagi kamu yang sedang mempertimbangkan menggunakan jaket kulit, harus bisa memilih jaket kulit dengan tepat. Karena jaket kulit yang kamu kenakan mewakili siapa kamu sebenarnya.