Cara Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan

Ikuti langkah-langkah cara merawat dan membersihkan furniture rotan di bawah ini. Furniture yang terbuat dari rotan memang sering memberikan tantangan tersendiri ketika coba dirawat dan dibersihkan karena detilnya yang begitu rumit.

Bentuk rotan membuat furniture yang terbentuk memiliki struktur rumit.

Rotan adalah golongan tumbuhan palma dari genus Calameae. Tumbuhan ini memiliki habitus memanjat dengan memanfaatkan tumbuhan lain di dekatnya. Calameae sendiri terdiri atas sekitar enam ratus anggota. Kelompok tumbuhan ini banyak tersebar di bagian tropis dunia termasuk Asia, Afrika, dan Australia.

Tumbuhan rotan umum digunakan sebagai bahan furniture. Bentuk rotan yang khas membuat furniture yang dibuat dari bahan ini memiliki struktur yang rumit namun unik. Banyak celah-celah yang memberikan kesan berbeda dibanding furniture yang terbuat dari kayu dan material lainnya. Meskipun terlihat indah, namun hal ini juga merupakan tantangan tersendiri untuk aplikasi cara merawat dan membersihkan furniture rotan. Berbagai celah sempit pada rotan merupakan tempat persembunyian debu yang baik. Namun bukan berarti kita lantas tidak mengaplikasikan cara merawat dan membersihkan furniture rotan. Aplikasikan cara merawat furniture rotan dengan kiat-kiat yang khusus.

Cara Merawat dan Membersihkan Furniture Rotan dan Kiat Khusus

Aplikasikan cara merawat dan membersihkan furniture rotan berikut ini agar keindahannya senantiasa terjaga.

  1. Gunakan Vacuum Cleaner. Bersihkan furniture rotan sebelum dicuci dengan pembersih menggunakan vacuum cleaner. Gunakan ujung berbulu panjang pada alat vacuum cleaner untuk menjangkau debu di celah-celah anyaman. Jangan menekan permukaan furniture terlalu keras agar tidak melepas jalinan rotan dan membuat cacat permukaannya.
  2. Gunakan sikat atau kuas kecil untuk membersihkan celah-celah pada furnitur rotan. Anda juga bisa menggunakan lidi atau berbagai benda runcing lainnya. Namun, lakukan dengan hati-hati. Jangan sampai langkah cara merawat dan membersihkan furniture rotan ini malah menggores permukaan furniture.
  3. Rapikan serabut-serabut rotan dengan gunting. Seiring dengan bertambahnya usia furniture rotan, biasanya akan mulai muncul serabut-serabut yang mencuat. Jangan menarik serabut-serabut tersebut karena akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Gunakanlah gunting untuk merapikan serabut-serabut tersebut.
  4. Keringkan setelah dibersihkan. Pastikan furniture rotan Anda benar-benar kering setelah dibersihkan. Gunakan hair dryer atau jemur di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terik. Anda memang tidak disarankan memanfaatkan paparan suhu yang terlalu panas. Sebab, hal tersebut malah akan menyebabkan lepasnya perlekatan pada furniture rotan.
  5. Cara merawat dan membersihkan furniture rotan berikutnya adalah dengan Biopolish eksterior. Gunakan Biopolish exterior yang merupakan produk semur kayu. Secara berkala, gunakanlah biopolish untuk menjaga keindahan warna dan ketahanan furniture rotan. Biopolish eksterior merupakan semir kayu yang akan membuat produk-produk kayu dan serat alam semakin indah dan terjaga keawetannya. Semir kayu ini 100% terbuat dari bahan alami yang tak berbau dan berasa. Cara merawat furniture rotan dengan Biopolish Eksterior pun mudah, cukup oleskan bahan ini pada furniture rotan menggunakan kain lap yang lembut dan kering. Gosok permukaan furniture rotan hingga mengkilap untuk tampilan yang lebih indah. (informasi lebih lanjut mengenai produk ini, silahkan baca artikel ini).Demikian cara merawat dan membersihkan furniture rotan yang kami rekomedasikan. Semoga dengan aplikasi cara merawat dan membersihkan furniture rotan di atas, furniture Anda senantiasa awet dan indah.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan no 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY
Indonesia
55162

+62.274.388.301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.