Membersihkan Jaket Kulit Berjamur Bebas Kusam

Jaket kulit menjadi salah satu pakaian yang populer bagi masyarakat Indonesia. Modelnya terus menyesuaikan zaman, meski yang tak pernah berubah adalah kualitas dari kulitnya itu sendiri. Semua kalangan pun menyukainya dari anak-anak, pemuda, bapak-bapak, hingga kalangan perempuan. Jaket kulit juga selain menjadi aksesori yang keren, biasanya berfungsi pula sebagai item untuk melindungi tubuh dari cuaca yang dingin. Maka membersihkan jaket kulit berjamur perlu cara tersendiri.

Jaket yang bersih tentu menjadi fashion yang dingingkan siapapun para pecinta jaket, khususnya jaket kulit yang terlihat lebih trendi, macho, dan berkelas. Apalagi jika jaket tersebut berharga cukup mahal dan memiliki kualitas nomor satu. Sayangnya, fashion yang terbuat dari kulit satu ini tidak banyak yang mengetahui bagaimana membersihkan jaket kulit berjamur yang benar. Bahkan ada orang yang lebih memilih untuk membersihkan dan mencucikannya di jasa perwatan jaket kulit profesional (penatu), alih-alih merawat dan membersihkannya sendiri di rumah.

Alasan kenapa jaket kulit jamuran memang banyak faktor.Jaket kulit ini rentan sekali terhadap jamur. Organisme pengganggu satu ini muncul di jaket kulit ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih. Bercak ini lama kelamaan menimbulkan bau yang tidak enak alias apak, perlu usaha ekstra untuk membersihkan jaket kulit berjamur, dan jika tak segera ditangani akan bisa merusak lapisan kulit. Ini tentu sangat disayangkan, apalagi jika jaket kulit yang diberi berharga mahal. Sebab itu diperlukan cara membersihkan jaket kulit berjamur.

Namun, tahukah kamu apa penyebab kenapa jaket kulit berjamur? Jamur timbul karena umumnya jaket tersebut diletakkan di tempat yang kondisinya lembab, jarang dibuka, serta gelap; padahal kondisi seperti itu menjadi habitat dan ekosistem jamur bereproduksi dan tumbuh berkembang biak dan membersihkan jaket kulit berjamur jarang pula dibersihkan. Kondisi lainnya, jamur bisa muncul karena kecerobohan pemilik yang sering menyimpan jaket kulit ketika kondisinya masih basah. Seharusnya, ketika jaket basah entah karena hujan atau terkena air, harus dikeringkan dulu sebelum dilipat atau disimpan.

Hindari Membersihkan Jaket Kulit dengan Detergen

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar jaket kulit tidak berjamur adalah menyiapkan spons yang biasa kamu gunakan untuk mencuci piring berwarna kuning (yang halus) dan hijau (yang lebih kasar). Gunakanlah bagian yang halus untuk membersihkan jamur yang sedang menempel sebanyak mungkin. Nah, untuk noda jamur yang membandel dan tak mau cepat hilang, kamu bisa menggunakan minyak goreng dalam membersihkan jaket kulit berjamur.

Caranya pun cukup mudah, ambil inyak goreng dan oleskan dengan tangan tepat di bagian bercak jamur untuk menghilangkannya secara pelan-pelan. Kamu juga bisa menggunakan spons yang bagian kasar untuk mengangkat bercak jamur yang membandel tersebut. Namun, kamu harus berhati-hati ya agar permukaan jaket kulit tak terkelupas atau rusak.Cara paling mudah lainnya untuk memperbaiki jaket kulit yang berjamur adalah dengan menjemur dan mengangin-anginkan jaket.

Eits, jangan salah, sebenarnya jaket kulit bisa membersihkan jaket kulit berjamur sendiri lho. Pilihlah produk yang tepat untuk melembabkan dan melembutkan bahan kulitnya. Atau gunakanlah kain basah untuk menyingkirkan noda yang menempel. Jika noda tersebut sangat keras, lap basah bisa kamu tempatkan di bagian jaket yang kotor, tungguh beberapa menit untuk kemudian noda diangkat dan dibersihkan.

Mungkin kamu bertanya, perlukan menggunakan sabun maupun produk pembersih seperti detergen atau yang lainnya? Sebenarnya boleh, tapi kamu harus hati-hati, karena sabun bisa membuat jaket menjadi kering. Lalu jaket jika bisa menjadi terpecah-pecah permukaannya apabila terdapat sabun yang masih menempel.

Untuk alternatifnya, gunakanlah produk pembersih yang lembut, semisal sampo bayi, sabun untuk mencuci piring, atau sabun yang khusus untuk pakaian-pakaian halus. Jika produk ini sudah kamu dapatkan, langkah selanjunya adalah membuat campuran antara air dan sabun halus. Celupkan lap lembut pada cairan tersebut dan oles pada bagian jaket kulit yang kena noda. Usap secara perlahan-lahan dan sampai semua permukaannya bersih. Jika dilihat telah bersih, keringkan jaket tersebut dengan alami, cukup angin-anginkan.

Meski detergen halus diperbolehkkan, ada pula yang berpendapat jika jangan menggunakan detergen atau sabun untuk mencuci jaket kulit. Bahkan direndam lama-lama di dalam campuran air dan sabun juga dilarang; apalagi jika memasukkan jaket kulit ke dalam mesin cuci. Ini penting untuk dihindari karena jika direndam air sebun, lapisan atau permukaan jaket kulit bisa rontok. Hal lain yang perlu untuk dihindari adalah mengucek jaket kulit walaupun kegiatan itu dilakukan menggunakan tangan.

Jika kamu hendak menghilangkan bau yang ada pada jaket kulit, caranya juga cukup sederhana dengan menjemur jaket tersut di bawah sinar matahari yang sedang-sedang saja (tidak terlalu terik), ini bisa kamu lakukan ketika matahari nangkring pada pagi atau sore hari. Jangan pula menjemurnya secara lama-lama agar warnanya tak luntur akibat dari sinar UV matahari. Apalagi jika jaket kulit tesebut berwarna hitam dan gelap lainnya.

Cara Membersihkan Jaket Kulit yang Terserang Jamur

tips menyimpan jaket kulit

Biopolish leather care murupakan produk alami yang menjadi primadona bagi para pecinta jaket kulit untuk membersihkan jaket kulit kesayangannya. Jenis kulit yang bisa dirawat terlebih pada produk jaket kulit asli. Digunakan untuk menjaga dan merwat kondisi jaket jadi lebih menawan, tak gampang rusak, dan tak kusam. Selain itu, Biopolish Leather Care juga bisa membuat jaket kulit jadi tambah lentur, lembut, dan tekstur yang ada jadi nyaman untuk dipakai.

Jika kamu takut untuk menggunakan detergen, kamu bisa memakai Biopolish Leather Care untuk mencegah permukaan kulit dari jaket agar tak mudah pecah kemudian mengelupas. Pasalnya Biopolish Leather Care dibuat dari bahan-bahan alami sekaligus memiliki campuran antioksidan yang baik untuk merawat permukaan jaket kulit sekaligus melindunginya dari paparan sinar matahari. Selain itu Biopolish Leather Care bisa membuat jaket kulit warnanya jadi tempak lebih cerah alami. Bebas kusam.

Cara merawat jaket kulit menggunakan produk Biopolish Leather Care juga cukup mudah. Pertama, bersihkan noda secepat mungkin, jangan menunggu sampai lama. Ambillah sedikit Biopolish Leather Care kemudian oleskan pada jaket kulit secara lembut dan begerak satu arah. Ulangi hingga warna jaket kulit jadi lebih terlihat cerah dan lebih mengkilap. Aplikasikan produk dengan bantuan tangan dan lap hingga merata ke seluruh permukaan jaket.

Setelah semua permukaan terlapisi, tunggu hingga jaket kering. Untuk perawatan yang lebih maksimal, kamu bisa membungkus jaket dengan menggunakan plastik ziplock, atau plastik bening transparan yang halus dan memiliki klip. Simpan jaket ke dalam freezer selama kurang lebih 2-3 jam untuk membuat kecerahannnya bertahan lama. Kemudian angkat dan angin-anginkan dengan tidak menggunakan sinar matahari secara langung. Jika sudah kering, simpan dan gantung pada hanger dengan plastik pelindungnya. Letakkan pula dengan rapi dan gunakanlah jaket secara berkala sesuai kebutuhan.