Sepatu Kulit Kaku dan Retak? Yuk Atasi dengan Biopolish Leather Care

sepatu kulit

Sepatu kulit menjadi salah satu outfit yang tidak bisa kita pisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang bekerja kantoran yang diharuskan menggunakan pakaian formal sepatu kulit menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Baik yang menggunakan kulit asli maupun sintetis. Sepatu kulit bisa menjadi pilihan utama.

Selain bagi para pekerja kantoran, bagi kamu yang tergabung dalam komunitas motor gede (moge) biasanya juga menggunakan aksesoris dari kulit, termasuk di antaranya sepatu kulit. Berbeda dengan sepatu kulit yang digunakan para pegawai kantoran, sepatu kulit yang digunakan oleh komunitas motor gede lebih variatif dalam bentuk.

Sepatu kulit adalah sepatu yang terbuat dari bahan kulit, baik kulit asli maupun sintetis. Sepatu kulit yang terbuat dari kulit asli biasanya diambil dari kulit hewan ternak seperti kulit sapi atau kambing. Sepatu kulit selain membuat pemakainya merasalebih percaya diri karena trendi, juga memiliki banyak keuntungan.

sepatu kulit mengkilap

sepatu kulit mengkilap. sumber: https://bp-guide.id/AXMB4iHv

Sebut saja kemampuan sepatu kulit yang breathable. Yaitu kemampuan sepatu untuk bernafas. Hal ini disebabkan oleh pori-pori kulit yang menjadi bahan sepatu. Adanya pori-pori ini menyebabkan sepatu memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga lebih nyaman digunakan. selain itu kaki menjadi tidak mudah bau karena kepanasan atau lembab.

Selain itu sepatu dengan bahan kulit juga tahan terhadap air. Berbeda dengan sepatu biasa yang rata-rata terbuat dari kain, sepatu kulit tidak akan tembus ketika terkena air. Terlebih lagi jika sepatu kulit kamu dilapisi dengan lilin atau wax khusus yang bisa melapisi lapisan luar separu kulit. Hal ini membuat air tidak tembus ke bagian dalam sepatu sehingga membuat kaki tetap kering.

Jika terkena noda, sepatu kulit lebih mudah dibersihkan dibanding sepatu dengan bahan selain kulit. Untuk membersihkan sepatu kulit cukup dengan lap kering atau sikat berbahan lembut tanpa harus menggunakan sabun atau deterjen. Jika ada noda, percikan sedikit air. Maka noda akan gampang dihilangkan.

Sepatu kulit yang menggunakan bahan kulit asli memiliki daya tahan yang sangat luar biasa. Terlebih jika dirawat dengan baik. Usia sepatu kulit yang dirawat dengan baik minimal 3 tahun. Jika dirawat tentu lebih dari itu usianya.  Perawatannya pun tidak sulit. Sudah banyak produk-produk perawatan untuk sepatu kulit yang beredar di pasaran.

 

Masalah Kaku dan Retak pada Sepatu Kulit

Meskipun memiliki banyak keuntungan, tidak bisa dipungkiri bahwa sepatu kulit tidakbisa terhindar dari berbagai masalah. Masalah yang muncul pada sepatu kulit muncul terutama jika sepatu kulit tidak dirawat dengan baik. Beberapa masalah yang muncul pada sepatu kulit diantaranya adalah sepatu kulit mengalami kaku dan retak.

Penyebab utama dari sepatu kulit menjadi kaku adalah tingkat kelembaban sepatu yang berkurang sangat drastis. Sepatu kulit yang digunakan sehari-hari, terutama untuk beraktifitas di luar ruangan, mendapat paparan sinar matahari yang sangat intens. Paparan ini menyebabkan sepatu kulit kehilangan kelembabannya.

Karena paparan sinar matahari dapat menghilangkan tingkat kelembaban sepatu kulit sampai menjadi kaku, hindari menjemur sepatu kulit di bawah sinar matahari langsung. Jika kamu membersihkan sepatu kulit kamu dengan air, gunakan air sesedikit mungkin. Setelah membersihkan, biarkan kering secara alami tanpa perlu menjemurnya di bawah sinar matahari.

ilustrasi sinar matahari

ilustrasi sinar matahari. sumber: unplash.com/Mahime bhm

Sepatu kulit yang sudah terlanjur kering lama-lama akan retak. Jika sepatu kulit kamu sudah retak, kecil kemungkinan untuk mengembalikannya seperti semula. Hal ini dikarenakan kulit yang sudah retak tidak bisa tersambung kembali. Yang paling mungkin bisa kamu lakukan adalah mengkondisikan sepatu agar keretakan yang muncul tidak terlalu mencolok.

Tentu kamu tidak mau jika sepatu kulit yang kamu banggakan menjadi kaku dan retak. Oleh karena itu, lakukan beberapa tips di bawah ini untuk menghindari sepatu kulit menjadi kaku dan retak.

  1. Jaga kelembaban sepatu kulit. Jangan biarkan sepatu terlalu lama dalam kondisi yang lembab, seperti terkena air kemudian tidak segera dikeringkan. Juga jangan biarkan sepatu kulit berada dalam kondisi yang kering sehingga sepatu kulit menjadi kaku.
  2. Tambahkan gel silika saat menyimpan sepatu kulit. Masukan gel silika ke bagian dalam sepatu kulit saat kamu menyimpan sepatu. Fungsi dari gel silika ini adalah untuk menyerap kelembaban udara dari lingkungan sekitar.
  3. Keluarkan sepatu kulit minimal dua minggu sekali. Cara ini dimaksudkan untuk membuat sepatu kulit tidak terlalu lama di tempat penyimpanan. Karena jika terlalu lama di tempat penyimpanan bisa berdampak pada kelembaban yang tinggi.
  4. Membersihkan dengan lotion khusus. Untuk melindungi lapisan luar dari sepatu kulit, jangan lupa untuk membersihkan sepatu kulit kamu dengan lotion khusus. Produk perawatan khusus untuk sepatu kulit sudah tersedia banyak di pasaran. Biopolish leather care adalah salah satunya.

 

Begini Cara Menggunakan Biopolish Leather Care

Merawat sepatu kulit yang kusam dan pudar warnanya bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan kondisioner khusus yang berfungsi untuk merawat produk kulit. Produk kondisioner khusus yang telah dipercaya salah satunya adalah Biopolish Leather Care yang bentuknya krim dan mudah untuk diaplikasikan pada media sepatu kulit. Biopolish Leather Care sangat efektif dalam menjaga dan merawat sepatu kulit jadi awet.

Biopolish Leather Care

Biopolish Leather Care

Biopolish Leather Care merupakan material yang sangat membantu membersihkan produk-produk fashion berbahan dasar kulit. Selain menjaga agar warnanya tidak pudar, juga bisa untuk mencegah keretakan hingga pengelupasan pada permukaan tas kulit. Produk ini bisa digunakan untuk melakukan perawatan secara pro-aktif ketika dioleskan secara rutin semisal sebulan sekali atau waktu yang tepat bagi masing-masing jenis barangnya.

Biopolish Leather Care juga memiliki keunggulan sendiri dengan fungsi material yang penting untuk menajamkan warna sepatu kulit, bahkan jika sepatu kulit sudah terlanjur kusam. Manfaat itu didukung pula dengan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Biopolish Leather Care seperti terbuat dari bahan alami, tidak memiliki bau menyengat seperti halnya semir, tidak berwarna sehingga sangat cocok diaplikasikan ke semua warna sepatu kulit, tidak terlalu licin sebagaimana minyak, dan kandungan beeswax-nya membuat perlindungan jadi kian maksimal dan awet.

Cara mengaplikasikan biopolish leather care pada sepatu kulit kamu:

  1. Bersihkan sepatu kulit dengan kain kering. Pastikan semua debu sudah bersih
  2. Gunakan lap bersih untuk mengoleskan biopolish leather care pada sepatu kamu.
  3. Diamkan selama beberapa saat hingga formula biopolish leather care menyerap pada substrat sepatu kulit.
  4. Sepatu kulit kamu siap digunakan.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Leather Care kamu bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.