Volatile Organic Compounds dan Bahayanya yang Mengerikan

Awas bahaya Volatile Organic Compounds! Volatile Organic Compounds adalah sekelompok senyawa yang terdiri atas senyawa-senyawa seperti benzen hingga formalin. Bahaya Volatile Organic Compounds atau VOC bukan hanya akan merugikan manusia, tetapi juga bisa merugikan lingkungan. Salah satu sumber polusi kelompok senyawa ini adalah penggunaan cat berbasis minyak atau oil based paint.

Volatile Organic Compounds adalah salah satu penyebab ozon. Selain itu, nitrogen oksida yang dihasilkan sebagai polusi juga merupakan pembentuk ozon bersama VOC.

VOC atau Volatile Organic Compounds adalah senyawa organik yang memiliki sifat mudah menguap. Mudahnya senyawa ini untuk menguap pada akhirnya akan menyebabkan lingkungan udara di sekitar bahan yang mengandung senyawa tersebut bersifat toksik karena senyawa VOC memang memiliki sifat tersebut. Contoh senyawa VOC adalah senyawa BTEX atau benzena, toulena, etilbenzena, dan xyelena. Salah satu akibat Volatile Organic Compounds adalah fenomena sick building syndrome. Sick building syndrome adalah fenomena yang terjadi dimana rumah bisa menyebabkan penghuninya terganggu karena paparan biologis dan kimia seperti senyawa ini. Dalam skala yang lebih luas, keberadaan VOC bahkan bisa menyebabkan ekosistem lingkungan terganggu dengan terbentuknya ozon.

Ozon di Stratosfer dan Ozon di Troposfer

Selama ini, ozon dikenal sebagai zat yang melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Seringkali terdapat kampanye yang berisi klaim semakin berlubangnya lapisan ozon yang mengganggu kelestarian alam. Ozon di stratosfer memang memiliki fungsi yang baik. Namun demikian, pada lapisan troposfer dimana kita hidup, ozon malah akan mengakibatkan gangguan pada kehidupan. Hal ini dikarenakan ozon atau O3 memang bisa menyebabkan proses biologis dalam tubuh makhluk hidup terganggu.

Volatile Organic Compounds adalah Salah Satu Faktor yang Meningkatkan Ozon di Troposfer

Salah satu bahaya Volatile Organic Compounds adalah peningkatan jumlah ozon di troposfer. Selain VOC, keberadaan ozon di troposfer juga dipicu oleh adanya sinar matahari dan nitrogen oksida. Nitrogen oksida banyak dihasilkan sebagai polusi bahan-bahan yang menggunakan minyak alami sedangkan Volatile Organic Compounds adalah bahan yang biasa dihasilkan oleh aktivitas industri seperti penggunaan cat berbasis minyak. Bertemunya VOC, Nitrogen oksida, dan sinar matahari akan menyebabkan terbentuknya ozon di troposfer. Efek yang diakibatkan oleh peningkatan ozon pada manusia adalah timbulnya gangguan pernafasan hingga serangan jantung iskemik. Sedangkan pada organisme lain, ozon juga bersifat toksik sehingga bisa mengakibatkan kelestarian ekosistem terganggu.

Oleh karena itu, penggunaan bahan-bahan pemicu ozon sebaiknya dikurangi. Penggunaan cat-cat berbasis minyak yang mengandung VOC tinggi bisa diganti dengan penggunaan cat-cat berbasis air. Cat berbasis air atau water-based paint hanya menggunakan pelarut air dalam produksi dan pengencerannya saat aplikasi sehingga sangat aman digunakan.

Artikel "Green And Healthy Issue"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.