Waspada Bahaya Timbal bagi Anak-anak! jangan sampai anda jadi korban

Waspadai bahaya timbal bagi anak-anak. Timbal adalah logam berat yang bersifat toksik dan tidak baik bagi kesehatan Paparan timbal bisa menyebabkan gangguan yang membahayakan. Anak-anak yang mendapatkan paparan timbal tinggi bahkan bisa mengalami kematian bila kondisinya sedang tidak baik. Untuk mencegahnya, sebaiknya anak-anak dijauhkan dari sumber timbal seperti cat berpelarut minyak.

Timbal adalah logam berat yang bersifat toksik dan harus benar-benar diwaspadai paparannya, apalagi pada anak-anak.

Timbal adalah ancaman serius bagi kesehatan manusia. Logam berat ini bisa mengganggu proses metabolisme dalam tubuh yang sifatnya fatal. Meskipun demikian, logam ini sebenarnya telah banyak dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan. Salah satu fungsi timbal adalah sebagai pemberi warna yang menarik dalam cat. Meskipun fungsi ini terbilang penting, akan tetapi, fungsi tersebut tidak sepadan dengan konsekuensi penggunaan cat yang mengandung timbal. Bahaya timbal bagi anak-anak, bahkan menunjukkan efek yang lebih buruk dibanding pada orang dewasa. Paparan timbal yang tinggi bisa bisa menyebabkan kematian.

Ini Bahaya Timbal bagi Anak-anak

Anak-anak memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan orang dewasa. Oleh karenanya, paparan apapun dalam takaran yang sama akan lebih berdampak pada anak-anak karena persentase paparan tersebut menjadi lebih tinggi pada mereka. Anak-anak juga merupakan pribadi yang masih tumbuh dan berkembang. Hal ini menyebabkan sistem pertahanan mereka belum sepenuhnya baik sementara penyerapan mereka atas berbagai faktor luar tergolong tinggi. Perilaku mereka yang masih kekanakan juga menjadi penyebab lebih rentannya anak-anak dibanding orang dewasa.

Efek paparan jangka panjang bahaya timbal bagi anak-anak di bidang kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Anemia
  • Perubahan perilaku
  • Perkembangan dan pertumbuhan terhambat
  • Melemahnya fungsi indera
  • Kerusakan organ dalam seperti hati dan ginjal
  • Kerusakan syaraf
  • Kematian

Memilih Cat Berbasis Air yang Aman untuk Menghindari Bahaya Timbal bagi Anak-anak

Cat dengan pelarut minyak atau oil based paint merupakan salah satu sumber paparan timbal. Sayangnya, regulasi masalah ini di Indonesia masih begitu minim. Hasil penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan timbal di berbagai produk di Indonesia berkisar pada angka 100-57.500 ppm. Padahal di Amerika Serikat, batas keamanan timbal ditetapkan sebesar 90 ppm saja.

Bahaya timbal bagi anak-anak dan manusia secara umum ini memang sering disepelekan mengingat kasus kematian akibat timbal tergolong rendah. Namun, efek bahaya timbal bagi anak seperti penurunan kecerdasan dan pertumbuhan fisiknya jelas perlu diperhatikan. Untuk itu, sebaiknya kita menghindari berbagai sumber bahaya timbal bagi anak-anak seperti penggunaan cat berpelarut solvent. Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan cat berpelarut air yang sangat aman digunakan karena hanya menggunakan air sebagai pelarutnya. Cat-cat seperti ini umumnya juga menunjukkan performa yang lebih baik daripada cat konvensional dengan pelarut minyak. Kualitas ketahanannya seperti tahan air dan cuaca telah dibuktikan lebih kuat pada cat berpelarut air.

Artikel "Green And Healthy Issue"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.