Ini Bukti Efektifnya Perawatan Kayu dengan Bahan Alami

Perawatan kayu dengan bahan alami bisa memberikan proteksi yang tak kalah baik dibanding perawatan kayu menggunakan bahan sintetis. Malah, sebuah kuil kayu di Jepang yang didirikan sejak 597 Masehi masih berdiri kokoh hingga hari ini menggunakan perawatan dengan bahan-bahan alami.

Kuil Koryuji yang terbuat dari kayu dan berusia lebih dari 1000 tahun.

Dengan menggunakan kombinasi foto sinar x dan dendrochronology, kayu yang digunakan sebagai tiang utama bangunan pagoda di Kuil Horyuji diketahui ditebang pada tahun 597 Masehi. Hingga kini, kuil tersebut masih berdiri kokoh. Pada abad keenam, perawatan kayu pada bangunan kuil ini bukan dilakukan dengan bahan kimia berbahaya, melainkan dengan bahan-bahan natural.

Kompleks Kuil Koryuji terletak di Ikaruga, perfektur Nara, Jepang.  Kompleks kuil ini diakui sebagai bangunan kayu tertua di dunia dan tercatat sebagai salah satu Peninggalan Cagar Budaya Dunia oleh UNESCO.

Kuil Horyuji dibangun pada tahun 607 oleh Pangeran Shotoku. Setidaknya ada 26 bangunan di Kompleks Kuil Horyuji. Salah satu bangunan yang paling menarik adalah bangunan pagoda berlantai lima dengan tinggi 32.5 meter.

Mungkin tidak pernah terbayang oleh kita bahwa bangunan kayu bisa bertahan lebih dari 1000 tahun. Namun pagoda di kompleks Kuil Horyuji membuktikan bahwa hal tersebut tidaklah mustahil.

Setidaknya ada dua hal yang membuat kuil tersebut bisa bertahan begitu lama. Pertama adalah beban yang harus diterima oleh kayu dan kedua adalah perawatan. Dalam desain bangunan pagoda, tiang utama didesain sedemikian hingga tidak mendapatkan beban yang terlalu besar. Dengan demikian,  secara fisik kayu pada tiang utama tidak mudah rusak.

Hal kedua adalah perawatn kayu. Perwatan kayu yang diterapkan pada kuil tersebut jelas merupakan perawatan kayu dengan bahan alami yang harus dilakukan dengan rutin. Rutinitas perawatan kayu akan menjamin setiap sudut bangunan selalu teramati sehingga jika terjadi gangguan atau kerusakan dapat diatasi sejak dini. Sedangkan bahan-bahan natural akan menjamin bahwa organisme-organisme pengganggu tidak akan memiliki resistensi.

Seperti kita ketahui, banyak organisme seperti bakteri dan virus yang mampu berevolusi sehingga tahan atau resisten terhadap zat-zat sintetis. Hal ini banyak dijumpai pada bidang kedokteran dimana banyak organisme penyebab penyakit yang resisten terhadap obat-obat tertentu.

Perawatan Kayu dengan Bahan Alami Menggunakan Semir Kayu Biopolish Exterior – wood polish and furnitur care-

Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa perawatan kayu dengan bahan alami malah lebih baik dibanding perawatan kayu menggunakan bahan sintetis. Gunakan produk perawatan kayu dengan bahan alami seperti Biopolish eksterior-wood polish and furnitur care-. Produk semir kayu tersebut diformulasikan dari campuran beeswax, linseed oil, dan pine oil sebagai antiseptik yang akan melindungi organisme dari paparan merugikan.

Kayu makin indah dengan biopolish.

Selain meningkatkan estetika kayu, perawatan kayu dengan bahan alami menggunakan Biopolish juga efektif memberikan perlindungan terhadap jamur dan organisme merugikan lainnya.

Biopolish terbukti efektif mencegah jamur tumbuh di furniture.

Kontak dan Pemesanan

Jual Bahan Perawatan Kayu

Dapatkan Biopolish Exterior -wood polish and furnitur care- Untuk pemesanan silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan no 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY
Indonesia
55162

+62.274.388.301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.