Cara Mengantisipasi Jamur pada Meja Kayu Minimalis

Agar tetap awet, kamu perlu mengetahui cara mengantisipasi jamur pada meja kayu minimalis. Artikel ini akan membahas caranya.

Gaya hidup minimalis sedang trend. Inti dari gaya hidup ini adalah mengusung ide memanfaatkan sesuatu yang sedikit agar bisa berfungsi lebih banyak. Dalam konteks desain interior rumah berarti memanfaatkan sedikit barang agar ruangan berfungsi maksimal.

Gagasan tentang hidup minimalis terinspirasi dari budaya dan filosofi Timur di mana prinsip utama minimalis adalah “Less is More”. Artinya semakin sedikit benda yang kamu miliki justru akan semakin memberikan lebih banyak energi.

Dalam konsep rumah minimalis dan ruang minimalis, sudah pasti akan bersentuhan dengan furniture minimalis. Salah satu furniture minimalis yang sering digunakan adalah meja kayu minimalis.

Meja kayu minimalis sama seperti meja dengan bahan kayu lainnya sangat rentan terhadap serangan organisme yang merusak. Salah satu organisme yang sering merusak meja kayu minimalis adalah jamur. Agar jamur tidak merusak meja kayu minimalis kamu, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengantisipasinya.

Mengantisipasi Jamur pada Meja Kayu Minimalis

Jamur termasuk organisme yang merusak jika tumbuh pada kayu. Akibatnya meja kayu minimalis kamu menjadi cepat rusak. Banyak penyebab yang bisa membuat jamur tumbuh pada meja kayu minimalis. Sebelum terlambat, antisipasi pertumbuhan jamur dengan cara berikut ini.

Atur Kelembaban Ruangan

Salah satu penyebab tumbuhnya jamur adalah kondisi yang lembab. Jamur sangat suka sekali tumbuh di tempat yang lembab. Oleh karena itu kamu harus bisa mengatur kelembaban ruangan tempat meja kayu minimalis kamu berada.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur kelembaban ruangan. Ventilasi udara yang baik bisa menjaga kelembaban ruangan tetap bagus. Semakin bagus ventilasi udara, semakin lancar sirkulasi udara di dalam ruangan. Sehingga kelembaban ruangan tetap terjaga.

Cara lainnya adalah menggunakan lampu. Lampu mengeluarkan radiasi panas yang cukup untuk membuat meja kayu minimalis kamu tetap stabil kelembabannya. Atau jika bahan meja kayu minimalis cukup kuat, sesekali kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Tapi cara ini tidak terlalu disarankan karena terlalu beresiko merusak bahan kayu.

Kamper untuk Melawan Jamur

Salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk melawan jamur adalah kamper. Kamper sering digunakan di bagian dalam lemari kayu untuk mencegah tumbuhnya jamur. Kamu bisa melakukan hal yang sama pada meja kayu minimalis kamu.

Gunakan kamper yang dikemas dalam bungkusan yang bisa digantung. Kamu hanya tinggal meletakan kamper tersebut di atas meja kayu minimalis. Jika kamper habis, segera ganti dengan yang baru.

Oles dengan Poles Khusus Furniture Kayu

Ini adalah cara paling efektif untuk mengantisipasi tumbuhnya jamur. Kamu harus secara rutin mengoles meja kayu minimalis dengan poles khusus furniture kayu. Bahan poles kayu bisa melapisi permukaan meja kayu minamalis kamu dengan baik. Sehingga jamur tidak bisa tumbuh di permukaannya.

Biopolish memiliki dua produk unggulan untuk memoles meja minimalis kayu milik kamu. Satu produk dalam bentuk oil, yaitu Biopolish Natural Oil. Yang lainnya dalam bentuk pasta atau krim, yaitu Biopolish Beeswax. Kedua produk ini sama-sama food grade, yang artinya aman digunakan untuk bahan kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan.

Biopolish untuk Merawat Meja Kayu Minimalis

Jika kamu mencari produk perawatan meja kayu minimalis, Biopolish jawabannya. Kamu bisa memilih produk Biopolish Natural Oil atau Biopolish Beeswax untuk mengantisipasi tumbuhnya jamur pada meja kayu minimalis.

Biopolish Natural Oil

Produk poles kayu yang pertama dari Biopolish. Yaitu Biopolish Natural Oil, merupakan minyak untuk perawatan sekaligus finishing furniture kayu yang serbaguna. Berbentuk minyak yang mampu meresap kedalam subatrat kayu tanpa membentuk lapisan film pada permukaan kayu. Food grade dan aman digunakan untuk berbagai jenis furniture kayu, termasuk meja kayu minimalis.

Biopolish Natural Oil mampu meningkatkan keindahan alami kayu dan menimbulkan efek water repellent atau mencegah air masuk kedalam substrat kayu. Sehingga juga dapat berfungsi untuk melindungi meja kayu minimalis.

Fungsi utama dari Biopolish Natural Oil adalah mencerahkan dan menajamkan warna mebel kayu secara alami. Selain itu dapat mencegah serangan organisme pembusuk serta melindungi meja kayu minimalis dari percikan air.

Biopolish Beesswax

Biopolish Beeswax adalah furniture polish yang sudah bersertifikat food grade dan food safe. Terbuat dari beeswax atau lilin lebah yang berfungsi untuk merawat furniture kayu seperti table ware, dining room, kitchen ware, kitchen set dan berbagai jenis furniture kayu lainnya. Termasuk juga meja kayu minimalis.

Mengikuti aturan FDA (food and drugs administration) Amerika sebagai standar formulasinya membuat produk ini aman digunakan. Bahkan sudah mampu memenuhi kualitas ekspor keluar negeri yang mensyaratkan standar FDA pada produk yang masuk ke negara tersebut.

Biopolish Beeswax sangat efektif menampilkan keindahan warna dan kilau alami kayu, menampilkan efek air di daun talas (water repellent effect) serta melindungi meja kayu minimalis dan furnitur kayu lainnya dari serangan jamur dan bakteri. Tidak hanya higienitas media yang lebih terjaga, fleksibilitas dan daya tahan media yang dipoles dengan beeswax juga akan lebih terjaga dengan baik

Cara Merawat Meja Kayu Minimalis dengan Biopolish

Perawatan meja kayu minimalis sangat penting untuk dilakukan. Langkah perawatan rutin harus dilakukan untuk mengantisipasi jamur pada meja kayu minimalis. Produk Biopolish sudah terjamin keamannya untuk digunakan pada furniture kayu, termasuk meja minimalis.

Cara menggunakan produk Biopolish pada meja kayu minimalis sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Bersihkan permukaan meja kayu minimalis dari debu dan kotoran lainnya
  • Ambil sedikit demi sedikit produk Biopolish dengan kuas dan oleskan ke seluruh permukaan meja kayu minimalis secara merata
  • Tunggu beberapa saat antara 5-10 menit agar kandungan alami produk Biopolish menyerap ke dalam substrat kayu
  • Setelah beberapa saat, gunakan kain bersih, kering dan lembut untuk menggosok seluruh permukaan meja kayu minimalis sampai halus dan mengkilat alami
  • Ulangi jika perlu

Cara Mendapatkan Produk Biopolish

Jika kamu tertarik untuk menggunakan produk Biopolish untuk perawatan meja kayu minimalis di rumah kamu. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara membeli secara online ataupun offline. Untuk pembelian online kamu dapat membeli di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Atau melalui whatsapp di nomor 081225784920.

Untuk pembelian offline. Kamu bisa menghubungi store point Biopolish yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Sementara itu, bagi kamu yang berdomisili di DIY, kamu bisa langsung mengunjungi store point di alamat Jln. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, 55162. Phone/fax (0274) 388301.