Kulit Sapi atau Kulit Domba? Kenali Perbedaan Bahan Jaket Kulit

Kulit sapi maupun kulit domba biasa digunakan sebagai bahan jaket. Yuk kenali perbedaan jaket kulit sapi dan jaket kulit domba.

Di dunia fashion dikenal beberapa jenis kulit berdasarkan bahannya. Yang pertama adalah bahan kulit asli. Jenis bahan kulit asli 100 persen berasal dari hewan. Tanpa ada campuran apapun saat dibuat menjadi produk fashion.

Bahan jenis kulit yang kedua adalah kulit semi sintetis. Artinya bahan kulit hewan dicampur dengan bahan lain dalam proses pembuatan produk fashion.

Yang terakhir bahan kulit sintetsi atau imitasi. Jenis kulit ini sama sekali tidak terbuat dari bahan kulit. Semua bahannya berasal dari bahan buatan. Meskipun tidak mengandung unsur kulit, bahan ini isebut kulit karena bentuknya yang menyerupai bahan kulit.

Bagi kamu pecinta fashin kulit, tentunya ingin menggunakan produk dengan bahan kulit asli. Bahan kulit asli memiliki banyak keunggulan dibandingkan bahan semi sintetis, apalagi dibandingkan bahan sintetis.

Bahan kulit asli yang sering digunakan untuk membuat jaket adalah kulit sapi dan kulit domba. Ingin tahu perbedaan keduanya? Simak artikel berikut ini.

 

Perbedaan Jaket Kulit Sapi dan Jaket Kulit Domba

Tidak semua jaket kulit dibuat dari bahan kulit yang sama. Di Indonesia sendiri bahan kulit yang sering digunakan untuk membuat jaket kulit adalah kulit sapi atau kulit domba. Kulit kedua hewan tersebut dijadikan bahan untuk membuat jaket karena stoknya yang melimpah. Kedua hewan tersebut diternak oleh banyak masyarakat Indonesia.

Meskipun sama-sama kulit. baik kulit sapi maupun kulit domba memiliki beberapa perbedaan. Simak perbedaan jaket kulit sapi dan jaket kulit domba berikut ini.

 

Tingkat Kelenturan

Di antara kedua jaket kulit, yang memiliki kelenturan paling bagus adalah jaket kulit domba. Jaket kulit domba terasa lebih lentur saat digunakan dan bentuknya akan mengikuti bentuk tubuh si pemakai.

Sementara itu jaket kulit sapi lebih kaku. Bahkan saat digunakan, jaket kulit sapi akan membentuk lekukan tertentu di beberap tempat yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh. Kamu akan merasakan perbedaan tingkat kelenturan kedua jaket kulit ini saat memakainya.

 

Pori-pori Permukaan Kulit

Salah satu keunggulan jaket kulit adalah memiliki pori-pori. Pori-pori ini berguna untuk sirkulasi udara saat jaket sedang digunakan. Nah, kamu bisa menggunakan pori-pori permukaan jaket kulit kamu untuk mengenali jenis bahan kulitnya.

Pori-pori permukaan kulit sapi jaraknya lebih lebar satu sama lain. Selain itu bentuk pori-porinya cenderung berbentuk garis. Sedangkan pori-pori kulit domba posisinya lebih rapat dan bentuknya bulat. Tentunya semakin rapat pori-pori yang dimiliki jaket kulit berarti semakin bagus. Karena dapat meningkatkan sirkulasi udara saat jaket digunakan.

Cara untuk mengetahui posisi pori-pori pada permukaan jaket kulit. Tarik jaket kulit kea rah yang berlawanan. Dan kamu bisa melihat pori-porinya.

 

Tingkat Kecerahan Warna

Warna yang timbul dari jaket kulit bisa juga digunakan untuk membedakan bahan kulit. perhatikan warna jaket kulit yang kamu gunakan. Jika warnanya cenderung lebih cerah dan mengkilap, berarti jaket kulit kamu terbuat dari bahan kulit domba. Sedangkan jaket kulit yang warnanya cenderung gelap dan redup berarti terbuat dari bahan kulit sapi.

 

Ketebalan Kulit

Cara lain untuk membedakan jaket kulit sapi atau kulit domba adalah dengan melihat ketebalannya. Pegang permukaan jaket kulit kamu dan rasakan ketebalannya.

Jaket kulit yang terbuat dari bahan kulit domba memiliki permukaan kulit yang lebih tipis. Permukaan yang tipis ini sangat bagus untuk penggunaan sehari-hari. Karena jaket akan terasa lebih ringan dan nyaman saat digunakan,

Lain lagi dengan bahan kulit sapi. Ketebalan yang dimiliki bahan kulit sapi lebih tebal. Bahan kulit ini cocok digunakan untuk para biker. Karena ketebalan jaket kulit sapi dapat melindugi di pemakai dari terpaan angina dan cuaca. Dengan kondisi yang lebih tebal, jaket kulit sapi lebih awet dibandingkan jaket kulit domba.

 

Tekstur Permukaan Kulit

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui perbedaan jaket kulit sapi dan domba. Raba permukaan jaket kulit kamu kemudian rasakan teksturnya.

Permukaan jaket kulit yang terbuat dari kulit domba akan terasa lebih halus dan lembut saat diraba. Tentunya dengan tekstur yang halus dan lembut jaket kulit akan lebih nyaman untuk digunakan. Sedangkan untuk kulit sapi tekstur permukaannya lebih kasar.

 

Biopolish Learher Care untuk Merawat Jaket Kulit

Baik jaket kulit sapi sapi maupun jaket kulit domba memiliki kualitas yang sama bagusnya. Perbedaan-perbedaan yang ada di antara kedua bahan kulit ini tidak terlalu berpengaruh pada kualitas. Hanya saja berpengaruh pada fungsi dan kegunaan saja.

Jika kamu ingin menggunakan jaket untuk kegiatan sehari-hari, maka jaket kulit kambing bisa jadi pilihan. Sedangkan jika kamu seorang pecinta motor dan sering melakuka touring, maka jaket kulit sapi bisa jadi pilihan utama kamu.

Bahan kulit apapun yang kamu pilih untuk jaket kamu, pastikan perawatannya menggunakan Biopolish Leather Care. Biopolish Leather Care merupakan produk perawatan kerajinan berbahan kulit baik sepatu, jaket, dan tas yang berbahan kulit.

Biopolish Leather Care 100% terbuat dari bahan alami, yaitu lilin lebah (beeswax), yang diolah secara modern. Bentuknya adalah krim padat tanpa warna dan tanpa bau. Sehingga bisa diaplikasikan untuk berbagai warna jaket kulit kamu.

Menggunakan Biopolish Leather Care pada jaket kulit dapat melembutkan, melenturkan, serta menjaga tekstur permukaan jaket kulit sehingga nyaman ketika dipakai. Dengan mengaplikasikannya secara merata, maka warna warna jaket kulit kamu juga akan terjaga dan menjadi lebih cerah dan tajam.

 

Cara Menggunakan Biopolish Leather Care

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Biopolish Leather Care untuk perawatan jaket kulit. Cara menggunakannya sangat mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah merawat jaket kulit dengan Biopolish Leather Care:

  • Bersihkan noda dari permukaan jaket kulit
  • Ambil sedikit demi sedikit Biopolish Leather Care dengan kain lap
  • Oleskan Biopolish Leather Care ke seluruh permukaan jaket kulit secara merata
  • Tunggu beberapa saat antara 5-10 menit agar kandungan alami Biopolish Leather Care menyerap ke dalam substrat kulit
  • Setelah beberapa saat, gunakan kain bersih, kering dan lembut untuk menggosok seluruh permukaan jaket kulit sampai halus dan mengkilat alami
  • Ulangi jika perlu

 

Cara Mendapatkan Biopolish Leather Care

Jika kamu tertarik menggunakan produk ini untuk merawat jaket kulit, kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Pembelian online dapat dilayani di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Sedangkan untuk pembelian offline kamu dapat menghubungi reseller-reseller terdekat atau agen-agen yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Kalau kamu tinggal di DIY dan sekitarnya, untuk membeli secara offine kamu bisa mendatangi agen Yogyakarta yang terletak di Jln. Sidikan, No 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. 55162. Adapun telepon yang bisa dihubungi adalah (0274) 4388301. Sementara nomor whatsapp adalah 081225784920.