Cara Mengkilapkan Kayu Tanpa Pernis Dengan Bahan Alami

Cara mengkilapkan kayu yang paling praktis selama ini hanya menggunakan pernis atau plitur. Jenis bahan finishing kayu yang satu ini memiliki banyak varian. ada yang menggunakan pelarut air ataupun thinner. Nah selain menggunakan pernis, cara mengkilapkan kayu juga bisa dilakukan dengan bahan alternatif finishing yang lain.

Cara mengkilapkan kayu tanpa pernis dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Kami memberikan rekomendasi produk berbahan alami dibandingkan anda harus repot untuk meracik bahan bahan tersebut sendiri. Kami merekomendasikan biopolish beeswax dan biopolish linseed oil untuk kembali mengkilapkan furnitur kayu di rumah anda.

Bahan Bahan Alami Di Rumah Yang Dapat Digunakan Untuk Mengkilapkan Kayu

Pada dasarnya ada beberapa bahan di dapur rumah yang dapat digunakan untuk mengkilapkan furniture kayu. Namun bahan bahan tersebut memiliki kekurangan yang cukup signifikan. Pasalnya bahan bahan tersebut hanya bertahan sebentar dan memberikan efek samping. Bahan bahan dapur ini hanya digunakan sebagai alternatif.  Karena tidak di formulasikan dan tidak memberikan efek apapun selain membuat furnitur kayu nampak mengkilap.

Nah apa saja bahan yang alami di dapur rumah yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengkilapkan kayu? Berikut ini daftar bahan bahanya:

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang paling umum digunakan untuk mengkilapkan furnitur kayu. Minyak zaitun memang dapat merasuk kedalam substrat kayu. Namun minyak zaitun memiliki kekurangan yang signifikan. Bahan ini justru membuat gelap furniture kayu dan kalau tidak rata justru membuat noda belang. Di biarkan berlama lama minyak zaitun justru membuat tengik.

  • Mayonais

Mayonais memang dapat mengkilapkan kayu. Caranya dengan menggosok mayonis pada permukaan furniture tersebut. Namun cara ini pada dasarnya juga beresiko. Jika terlalu banyak furnitur kayu justru terasa lengket. Selain itu mayonais juga bisa menyebabkan warna yang tidak rata pada bagian furniture kayu. Bahan dari mayonais ini sendiri bisa mengundang hewan pengerat ataupun kecoa untuk menghampiri furniture kayu anda. Bukankah hal ini kalau dibiarkan berlama lama justru merusak furniture kayu milik anda?

  • Ampas Teh

Ampas teh dapat digunakan untuk mengkilapkan furniture kayu. Caranya dengan menggosok ampas the pada seluruh bagian permukaan kayu. Hasilnya furniture kayu warnanya akan telrihat lebih terang. Namun cara ini tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Warna terang furniture yang dihasilkan setelah di gosok dengan the layaknya furniture habis dibersihkan. Selain itu kadangkala hal ini justru membuat lengket.

  • Biji kemiri

Jika selama ini biji kemiri hanya digunakan untuk menghitamkan rambut, biji kemiri juga dapat digunakan sebagai pengkilap furniture kayu. Cara menggunakanya, bakar beberapa biji kemiri kemudian masukkan kedalam kain. Gunakan kain tersebut untuk menggosok seluruh bagian furnitur kayu. Kayu akan nampak lebih mengkilap. Efek yang ditimbulkan menggunakan kemiri ini pada dasarnya mirip minya zaitun. Karena biji kemiri juga mengeluarkan minyak. Kandungan minyak itulah yang membuat tampak mengkilap. Jika furniture kayu anda ingin terbebas dari bahaya tikus atau hewan lainya sebaiknya jangan menggunakan minyak kemiri. Bau minyak kemiri ini cukup mengundang hewan perusak tersebut.

  • Beeswax

Beeswax merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat. mulai dari digunakan untuk perawatan kecantikan, urusan kesehatan hingga urusan perawatan furniture kayu. Beeswax memiliki banyak manfaat karena mengandung bahan bahan alami yang mampu meresap kedalam substrat bahan yang dirawat. Beeswax dapat diaplikasikan untuk mengkilapkan furniture kayu dengan cara jauh merasuk kedalam substrat bahan kemudian memberikan lapisan anti air serta mampu menajamkan warna kayu. Beeswax diklaim sebagai bahan yang paling bagus untuk merawat furniture kayu.

Alternatif Mengkilapkan Atau Finshing Kayu Selain Pernis Dengan Bahan Alami

Umumnya untuk hasil finishing kayu dengan warna natural dan mengkilap menggunakan produk finishing jenis pernish atau pernis dengan pilihan hasil ahir glossy. Beberapa merk pernis dipasaran memang menawarkan varian kilap atau kilau mulau dari yang matte hingga varian glossy. Namun beberapa pernis tidak memiliki kemampuan memberikan kilau layaknya melamin yang benar benar mengkilap. Umumnya pernis yang tingkat glossynya tidak sampai 100 % merupakan pernis waterbased atau berpelarut air. Jenis pernis ini justru lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan dengan melamin.

Jika anda mencari alternatif untuk mengganti pernis atau varnis untuk memberikan sentuhan akhir pada produk furniture kayu, tidak ada salahnya untuk mencoba rekomendasi bahan alami yang kami berikan. Bahan bahan aami tersebut tidak memberikan tampilan akhir layaknya varnis atau pernis yang memiliki varian kilap atau kilau pada furniture.

Namun bukan berarti bahan bahan alami tidak mampu memberikan sentuhan hasil akhir yang terlihat benar benar natural dan menawan. Walaupun memiliki banyak kekurangan, namun kelebihan utama dari bahan alami yang aman bagi kesehatan patut untuk diperhitungkan.

Bahan alami terbaik untuk mengganti atau menjadi alternatif pernis dapat menggunakan beeswax. Diantara kelebihan dan kekurangan tersebut, beeswaxlah yang paling reliabel dan paling bagus digunakan untuk bahan alternatif finishing pengganti pernis dengan hasil natural pada furniture kayu.

Namun beeswax saja tentu tidak cukup. Beeswax memiliki kekurangan yang signifikan. Pasalnya tidak mampu memberikan perlindungan terhadap organisme perusak serta fleksibilitas serat kayu. Oleh karena itu beeswax alangkah lebih baiknya jika di formulasikan kembali sehingga memberikan lebih banyak manfaat dan perlindungan terhadap furniture kayu.

Anda tidak perlu repot meracik berbagai bahan alami dan memanfaatkan semua kebaikan dari alam tersebut untuk memberikan perlindungan atau perawatan terhadap furniture kayu. Kini, anda dapat menggunakanya secara praktis.

Biopolish memberikan solusi dengan membuat produk dari bahan bahan alami terbaik dengan bahan utama beeswax, untuk merawat, melindungi, menjaga dan menjadi bagian dari produk finishing untuk furniture kayu. biopolish untuk kayu terdiri dari dua varian yaitu Biopolish Linseed Oil dan Biopolish Beeswax.

Cara Mengkilapkan Kayu Tanpa Pernis Dengan Biopolish Kayu

Beeswax atau lilin lebah merupakan bahan alami yang dikenal sejak zaman dahulu kala mampu membuat furnitur kayu tampak lebih mengkilap. Biopolish memanfaatkan beeswax  untuk membuat produk yang ramah lingkungan lagi aman guna merawat dan melindungi furnitur kayu. Beeswax mengandung vitamin E natural yang mengandung anti oksidan yang menjaga dari paparan sinar matahari serta menjaga ketajaman warna kayu.

Umumnya untuk menajamkan dan mencerahkan kembali furnitur kayu yang kusam dengan praktis tanpa menggunakan pernis menggunakan biopolish linseed oil. Sedangkan untuk furnitur kayu yang digunakan untuk peralatan makan ataupun peralatan masak menggunakan biopolish beeswax.

Beeswax yang dikombinasikan dengan linseed oil serta berbagai tambahan natural oil lainya akan memberikan perlindungan kayu yang maksimal. kombinasi ini memberikan perlindungan terhadap furnitur kayu mulai dari paparan sinar matahari, perlindungan terhadap rembesan air serta menajamkan warna furnitur kayu yang kusam. kombinasi linseed oil dan beeswax ini sangat tepat digunakan untuk furnitur kayu di luar ruangan atau tidak bersentuhan langsung dengan makanan.

Kini anda tidak perlu repot merawat furniture kayu dirumah dengan bahan bahan alami yang belum di formulasikan. Biopolish memberikan solusi dengan memformulasikan bahan bahan alami untuk dibuat menjadi produk perawatan furnitur kayu. Biopolish untuk perawatan kayu memiliki dua varian yaitu Biopolish beeswax dan Biopolish Linseed oil.

  1. Biopolish Beeswax

biopolish beeswax merupakan produk polish atau poles kayu yang bersifat food grade. terbuat dari 100 % bahan alami sehingga dapat digunakan untuk perabotan kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan. Biopolish beeswax tidak berbau dan tidak berasa menampilkan keindahan serat kayu secara alami.

2. Biopolish Linseed Oil

Biopolish linseed oil merupakan polish furniture kayu yang diformulasikan untuk merawat dan menjaga furniture kayu yang tidak bersentuhan langsung dengan makanan. Biopolish liinseed oil memberikan perlindungan ekstra dan perawatan menyeluruh untuk furniture kayu.

Untuk mengkilapkan kayu anda bisa menggunakan Biopolish linseed oil sebagai solusi alternatif menggunakan varnish atau pernis. Hasilnya kayu akan nampak mengkilap natural dengan warna yang lebih tajam. Kekuranganya memang tidak bisa memiliki beberapa warna layaknya varnish atau pernis dan tidak memiliki varian glossy.

Cara aplikasi biopolish pada furnitur kayu sangat gampang.  Aplikasi biopolish dapat menggunakan kain ataupun menggunakan mesin pemoles. Berikut ini langkah –langkah aplikasi biopolish untuk mengkilapkan meja kayu yang tidak di finishing :

  • Bersihkan furnitur kayu yang akan di poles dengan biopolish ( pilih produk biopolish sesuai dengan kebutuhan dan fungsi furnitur tersebut)
  • Anda dapat mengaplas furnitur kayu terlebih dahulu untuk membersihkan furnitur tersebut sehingga bersih
  • Oleskan biopolish secara tipis merata dengan kain
  • Gosok dengan kain hingga furnitur terlihat bersih mengkilap
  • Jika anda menggunakan mesin pemoles, gosok furnitur kayu yang telah di olesi biopolish secara tipis merata dengan mesin pemoles

Anda bisa menonton cara aplikasi biopolish untuk mengkilapkan furnitur kayu dengan menonton video berikut ini :

Pernis di buat dengan menggunakan berbagai komposisi yang bertujuan untuk mengkilapkan kayu. Walaupaun pada dasarnya lama kelamaan daya mengkilapnya juuga akan memudar. Biopolish juga membuat kayu mengkilap namun tentunya karena digunakan sebagai produk alternatif dari pernis hasilnya tidak akan semengkilap pernish.

Biopolish sangat tepat jika digunakan sebagai produk untuk merawat furnitur kayu yang telah kusam dan memudar. Namun bukan berarti tidak bisa digunakan sebagai produk pengganti finishing kayu. Untuk hasil yang maksimal menggunakan biopolish sebaiknya dilakukan secara berkala misal seminggu sekali untuk memberikan tampilan yang maksimal.

Biopolish kayu memberikan efek mengkilap yang tidak tahan lama. Sehingga sangat tepat digunakan pada furnitur kayu natural yang berada di dalam ruangan. Pasalnya biopolish mampu meresap kedalam subsrat kayu sehingga menghasilkan hasil finishing yang tidak terlalu mengkilap. Jika anda cukup membutuhkan funritur yang tampak bersih dan menawan namun tidak terlalu mengkilap, biopolish dapat dijadikan pilihan yang tepat.

Biopolish kayu baik biopolish beeswax dan biopolish linseed oil dapat anda peroleh baik online maupun offline. Untuk pembelian offline anda dapat mendatangi kantor pemasaran kami di jl. Sidikan no. 94 sorosutan kec. Umbulharjo yogyakarta, atau mendatangi agen biopolish terdekat di kota anda. Silahkan klik tautan dibawah ini untuk mengetahui alamat agen biopolish kayu terdekat di kota anda.

Alamat agen biopolish di seluruh indonesia

Biopolish juga bisa anda dapatkan dengan cara membeli secara online. Untuk membeli online, anda dapat menghubungi customer care kami di nomor +6281225784920 atau  membeli langsung di marketplace berikut ini:

TOKOPEDIA        : https://www.tokopedia.com/biopolish

BUKALAPAK       : https://www.bukalapak.com/biopolish

SHOPEE              : https://shopee.co.id/shop/7299615/

LAZADA          : https://www.lazada.co.id/biopolish

RALALI          : https://www.ralali.com/v/biopolish

Artikel "Featured"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan no 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY
Indonesia
55162

+62.274.388.301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.