Jenis Jenis Rayap dan Pencegahanya

Apa saja jenis rayap dan pencegahanya yang tepat? Jenis rayap yang biasa menyerang produk buatan manusia sangat beragam. Kenali berbagai jenis rayap dan pencegahanya yang tepat berikut ini.

Kenali jenis rayap dan pencegahanya

Rayap adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera yang dikenal luas sebagai hama. Rayap bersarang di berbagai media dan memakan zat organik seperti perabotan atau kerangka rumah yang terbuat dari kayu sehingga banyak menimbulkan kerugian secara ekonomi.

3 Jenis Rayap dan Karakternya

Rayap Kayu Kering

Ditemukan di kayu kering, biasanya di struktur timber dari gedung. Rayap kayu kering tidak terlalu tergantung pada sumber air dan jarang mencari makanan di dalam tanah.

Rayap Kayu Lembab

Memakan kayu yang sudah membusuk, misalnya kayu dari pohon yang sudah tumbang.

Rayap Tanah

Rayap jenis ini senang berkelompok dan membentuk koloni dalam jumlah sangat besar. Mereka umumnya tinggal di bawah permukaan tanah dan merusak struktur bangunan tanpa terdeteksi. Kelompok ini masuk melalui jalan tersembunyi yang hampir tidak terlihat di pondasi dinding atau lantai.

Jenis Rayap dan Pencegahanya yang Tepat

Pencegahan serangan rayap dapat dilakukan dengan:

  1. Memilih Kayu dengan benar

Pemilihan kayu yang akan dipakai sebagai kusen, almari, meja, kursi, ataupun perabot lainnya merupakan langkah awal pencegahan terhadap rayap yang bisa dilakukan. Ada dua jenis kayu yang sangat disarankan untuk dipakai menghias interior rumah kita, yaitu kayu Jati dan kayu Merbau. Kedua kayu ini sangat tidak disukai rayap.

  1. Menghindari Kondisi Lembab pada Kayu

Tempat lembab merupakan tempat kesukaan rayap untuk berkembang biak. Karena itu usahakanlah tidak ada kebocoran di rumah Anda. Jika terdapat kebocoran di genteng atau saluran air, bersegeralah menambalnya.  Jangan biarkan terlalu lama.

  1. Memberi Jarak antara Furnitur atau Mebel Kayu dengan Lantai

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rayap sering berkembang biak pertama kali di bawah tanah rumah kita. Karena itu sebisa mungkin berikan jarak antara barang-barang berbahan kayu dengan lantai.

  1. Mengenali Tanda-tanda Serangan Rayap

Sangat penting untuk mengenali tanda serangan rayap, dan sesegera mungkin melakukan penanganan sebelum rayap berhasil merusak perabot kayu kita.

Tanda-tanda serangan berbagai jenis rayap sendiri adalah:

Tanda-tanda serangan rayap dapat berupa serpihan-serpihan kayu dan lubang dimana-mana hingga gumpalan-gumpalan kecil seperti lumpur menempel di kayu.

Nah, semoga barang-barang kesayangan Anda terhindar dari serangan rayap.  Aplikasikan pula anti serangga bila diperlukan. Semoga informasi jenis rayap dan pencegahanya ini bermanfaat. (*)

Baca juga:

Empat Tips Mencegah Rayap Merusak Rumah Kita

Artikel "Knowledge"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.