Mengapa Furniture Kayu Harus Dirawat ?

120

Furnitur kayu hampir selalu ada di hunian manusia sejak zaman dahulu kala. Walaupun banyak diminati, furnitur kayu tidak bebas dari masalah. Jenis furnitur yang satu ini ternyata rentan terhadap serangan debu, serangga ataupun berbagai jenis kumbang yang membuat kayu mudah lapuk bahkan berjamur.  Hal ini tidak hanya terjadi pada furnitur yang tidak di finishing. Beberapa furnitur yang sudah di finishingpun tidak lepas dari berbagai masalah seperti warna furnitur yang semakin lama semakin memudar.

Alasan Umum Mengapa Furniture Kayu Harus Dirawat

Apakah anda masih bertanya mengapa furnitur kayu harus dirawat  padahal sudah difinishing? Ada beberapa alasan umum mengenai pentingnya merawta furnitur kayu. Seiring berjalanya waktu terjadi perubahan penampilan pada furnitur kayu. Hal ini disebbakan karena derajat keausan dari furnitur kayu itu sendiri. Agar furnitur kayu tetap tampak menawan dalam jangka waktu yang lama bahkan selama mungkin, tidak bisa dipungkiri jelas furnitur kayu membutuhkan perawatan.

Tahukan anda bahwa kondisi ruangan terutama kelembapan juga snagat mempengaruhi penampilan dari furnitur kayu. Tahukah anda bahwa kayu dapat mengembang dan memui akibat kelembapan udara pada ruangan tersebut berubah. Idealnya kelembapan yang ideal untuk furnitur kayu antara 45 sampai 55 persen. Nah jika ada perubahan kelembapan ini secara drastis biasanya akan mempengaruhi kondisi kayu menjadi menyusut atau bengkok. Tak hanya itu, jika kondisi ruangan lembab ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, jamur dipastikan tumbuh merusak furnitur kayu. Oleh karena itu hindari menempatkan furntiur kayu di ruang bawah tanah, loteng atupun area hunian anda yang memiliki kelembapan ekstrim.

Alasan mendasar mengapa furnitur kayu harus dirawat karena material kayu sendiri memiliki potensi untuk mengakumulasi debu, kotoran dan minyak. Dari jenis materialnya saja bahan kayu memiliki kekurangan tersebut. Kayu juga sangat rawan mengumpulkan berbagai jenis lemak dan kotoran dari pengaruh lingkungan. Hal ini menjadi pemicu mengapa furnitur kayu yang sudah di finishing dengan mengkilap lama-lama juga akan kehilangan pesona kilaunya. Oleh karena itu furnitur kayu harus dirawat, dibersihkan dan di poles secara teratur guna menjaga kondisinya agar tetap menarik.

Berbagai jenis furnitur kayu yang sering digunakan seperti meja, kursi, lemari jelas membutuhkan perawatan. Furnitur tidak lepas dari aktivitas manusia oleh karena itu dibutuhkan pemahaman yang mendalam mengenai jenis furnitur ini. Misalnya untuk furnitur kayu kombinasi dengan kulit seperti sofa, mungkin kita akan menemui panduan perawatan. Hal ini bertujuan untuk menjaga agra furnitur tersebut tetap awet dan tahan lama.

Bagaimana Cara Mencegah Akumulasi Debu Dan Kotoran Atau Berbagai Hal Yang Mampu Merusak Keindahan Furnitur Kayu ?

Pada dasarnya ada berbagai faktor yang turut berkontribusi dalam merusak furniture kayu di rumah anda. Mulai dari kondisi lingkungan, papran sinar matahari serta aktivitas manusia yang ada. Bahkan menyimpan atau meletakkan furnitur secara tidak benar atau saat menyimpan furnitur ketika di tinggal pergi dalam jangka waktu tertentu, faktor kelembapan ruang jjuga turut mempengaruhi kondisi dari furnitur kayu tersebut. Jangan sepelekan pula bahwa hewan pengerat atau serangga tidak akan merusak kondisi furnitur anda. Selain itu tentunya penyebab paling umum adalah abainya dalam merawat dan menjaga kondisi furnitur.

Jika kita sudah mengetahui bagaimana penyebabnya, tiada lain untuk mencegahnya adalah dengan merawta secara teratur. Untuk menghilangkan dan mencegah akumulasi debu dan kotoran, anda dapat melakukan dusting atau pembersihan debu secara teratur. Proses pembersihan debu ini bisa dilakukan dengan sangat mudah menggunakan kemoceng yang lembut. Lakukan proses perawatan seperti ini paling tidak setiap hari.

Untuk merawat kayu, ingatlah satu hal bahwa kayu merupakan zat alami atau bahan dari alam. Oleh karena itu perhatikan kondisi dan perubahan lingkungan, termasuk paparan sinar matahari. Cahaya matahari dna kelembapan merupakan faktor yang harus diperhatikan. Kedua hal tersebut dapat emnghancurkan furnitur kayu. Cahaya dan suhu yang meningkat mampu mempercepat proses perubahan warna kayu dan tekstur kayu dalam kondisi ekstrem hal ini akan mempercepat proses pelapukan kayu. Oleh karena itu jangan lupakan untuk menggunakan polish kayu atau semir kayu secara berkala guna menjaga agar warna furnitur kayu tetap menarik selain itu juga menjaga dari paparan sinar matahari yang merusak.

Langkah Langkah Merawat Furniture Kayu Di Rumah

Berikut ini urutan untuk melakukan perawatan furnitur kayu di rumah anda :

  1. Menghilangkan debu

Lakukan proses membersihkan debu secara rutin. Udara bisa mengendapkan debu diatas permukaan furnitur kayu. Oleh karena itu, proses ini harus dilakukan secara rutin. Catatan untuk proses penghilangan debu ini gunakan alat yang lembut namun efektif untuk menghilangkan debu. Untuk menghindari agar debu kembali menempel di furnitur setelah mengapung di udara anda dapat menggunakan kain yang lembab setelah menggunkaan kemoceng yang lembut.

  1. Membersihkan furnitur kayu

Untuk melakukan pembersihan furnitur kayu, jangan sekali kali menggunakan semprotan pembersih jika funritur kayu anda merupakan kayu natural. Untuk melakukan pembersihan sederhana anda dapat menggunakan larutan perasan jeruk nipis dan air, kemudian celupkan kain lap kedalamnya. Peras lap tersebut hingga lembab. Selanjutnya bersihkan furnitur kayu dengan lap tersebut.

  1. Menggunakan semir Furnitur kayu atau furnitur polish berbahan alami

Jangan lupa untuk menggunkan semir furnitur kayu atau polish furniture untuk mendapatkan keindahan warna alami kayu. Pilihlah produk polish yang terbuat dari bahan alami. Pasalnya bahan bahan kimia untuk perawatan kayu dipasaran justru kebanyakan menggunakan silikon. Padahal bahan ini tidak bagus digunakan secara terus menerus pada furnitur kayu.

Tips Untuk Menggunakan Semir Furnitur Kayu Atau Furniture Wax Polish

Menggunakan furniture polish sangat baik untuk menjaga dan melindungi furnitur kayu. Furniture kayu yang sudah di finishing dengan varnish ataupun top coat pada dasarnya digunakan untuk melindungi permukaan kayu. Namun menggunakan semir kayu atau furniture polish bertujuan untuk membantu mengurangi goresan pada permukaan furniture kayu dan menjaga kondisi furniture kayu seperti sedia kala.

Untuk memilih jenis semir furniture kayu sebaiknya pilih yang berbentuk pasta padat dari beeswax. Carilah produk khusus dari beeswax yang direkomendasikan untuk merawat furniture kayu. Walaupaun bentuk cairan lebih mudah di aplikasikan, namun cairan atau produk yang berbentuk aerosol mengandung silikon yang menggerus lapisan permukaan kayu. Jika furniture kayu and atelah di varnish, maka produk tersebut justru menggerus lapisan varnish tersebut tanpa memberikan perindungan pada furniture kayu.

Rekomendasi Produk Semir Furnitur Kayu Atau Furniture Wax Polish Alami Terbaik Di Indonesia

Indonesia memiliki produk lokal berkualitas untuk semir furniture kayu, yaitu biopolish beeswax dan biopolish linseed oil. Kedua produk ini memiliki fungsi yang hampir sama namun di aplikasikan pada objek furniture kayu yang berbeda.

Biopolish beeswax merupakan produk untuk perawatan funriture kayu yang bersifat food grade. Diformulasikan dengan 100 % bahan alami, biopolish beeswax dapat digunakan untuk memoles perabot kayu yang digunakan untuk bersentuhan langsung dengan makanan atau anak anak dan bayi. Seperti talenan, mangkok, piring kayu serta berbagai perbaot furniture kayu anak anak dan bayi.

Hal ini berbeda dengan biopolish linseed oil. Produk yang satu ini merupakan produk perawatan untuk furniture kayu yang tidak bersentuhan langsung dengan makanan. Biopolish linseed oil dapat digunakan untuk merawat furniture kayu seperti meja, kursi, jendela, kusen, hiasan kayu hingga lantai kayu. Kedua produk ini memiliki keunggulan dibandingkan produk smeir funriture kayu yang lain. Biopolish dapat digunakan untuk perawatan furnitur kayu ataupun untuk pelengkap finishign natural.

Apa keunggulan biopolish furnitur polish dibandingkan produk lain ? berikut ini daftar keunggulan biopolish dibandingkan dengan  produk lain :

  • 100 % bahan alami

Biopolish di formulasikan dengan bahan utama beeswax dan berbagai bahan alami lainya. Sehingga produk yang satu ini aman di gunakan pada tekstur permukaan kayu serta ramah lingkungan.

  • Natural antiseptik

Biopolish mengandudng natural antiseptik yang mampu menjaga higienitas dari furnitur kayu yang di poles. Sehingga anda tidak perlu takut menggunakan semir furniture kayu dari biopolish.

  • Food grade

Biopolish beeswax di rekomendasikan untuk perawatan profuk produk furnitur kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan ini bersifat food grade. Aman di gunakan saat bersentuhan langsung dengan makanan. Pasalnya biopolish beeswax tidak berbau ataupun berasa.

  • Menjaga ketajaman warna alami kayu

Biopolish mengandung anti oksidan yang menjaga furnitur kayu dari paparan sinar matahari yang merusak. Kandungan seperti ini sangat penting di gunakan untuk menjaga ketajaman warna kayu serta membuat kayu tidak mudah rusak akibat paparan sinar matahari.

  • Water repellant

Biopolish mampu meresap jauh kedalam substrat furniture kayu sehingga tidak menyumbat pori kayu. Walaupaun begitu, produk yang satu ini mampu memberikan perlindungan water repellant sehingga furniture kayu tidak mudah basah.

  • Meningkatkan keindahan warna kayu

Biopolish bekerja dengan menajamkan kembali warna kayu yang memudar, hal ini mengapa produk yang satu ini disebut dengan semir furniture kayu. Silahkan coba bagaimana funritur anda yang memudar akan kembali menawan dengan polesan biopolish.

  • Menjaga lapisan film finishing sehingga tidak mudah retak atau mengelupas

Biopolish mengandung natural plastilizer yang menjaga agar furnitur kayu tidak mudah bengkok atau lapisan film coating pada permukaan kayu tidak mudah mengelupas. Manfaat ini sangat penting anda gunakan untuk keawetan furniture kayu yang anda miliki.

Cara Menggunakan Semir Furniture Kayu Dari Biopolish

Ada banyak sekali manfaat dari menggunakan biopolish ini. Kini anda tidak perlu takut efek akumulasi debu dan kotoran pada furniture kayu di rumah akan membuat kotor dan warna furniture memudar. Biopolish memberikan solusi praktis untuk membantu merawat furniture kayu dengan baik. Lalu bagiamana cara merawat furniture kayu dengan menggunakan biopolish ? ikuti langkah langkah berikut ini :

  • Siapkan furniture kayu yang akan di poles dengan biopolish, lap kain bersih atau mesin pemoles kecil (hand polisher)
  • Bersihkan terlebih dahulu furniture kayu tersebut dari debu atau noda yang menempel
  • Setelah bersih, oleskan biopolish baik beeswax atau linseed oil sesuai dengan kebutuhan secara tipis merata
  • Gosok dengan kain hingga terlihat warnanya tajam, bersih dan tidak lengket
  • Untuk menggosoknya anda juga bisa menggunakan mesin pemoles atau hand polisher

Untuk mengetahui contoh aplikasi atau penggunaan biopolish untuk merawat furniture kayu, silahkan tonton video dibawah ini. Jangan lupa, like, comment dan subscribe :

Biopolish memiliki banyak manfaat untuk merawat dan menjaga furniture kayu agar tetap awet dan tahan lama. Anda dapat membeli biopolish langsung di agen biopolish di seluruh indonesia. Untuk mengetahui lokasi dimana saja agen biopolish berada, silahkan klik tautan dibawah ini untuk mengetahui lokasi agen biopolish di seluruh indonesia:

Lokasi Agen Biopolish Di Seluruh Indonesia

Selain itu anda dapat membeli biopolish secara online di seluruh indonesia dengan menghubungi customer care kami di nomor 081225784920  atau membeli biopolish langsung di akun marketplace berikut ini :

BUKALAPAK                       : https://www.bukalapak.com/biopolish

TOKOPEDIA                        : https://www.tokopedia.com/biopolishnatural

SHOPEE                                : https://shopee.co.id/shop/7299615/

 LAZADA                               : https://www.lazada.co.id/biopolish