Menjaga Lantai Kayu tetap Awet dengan Biopolish Natural Oil

Bagi kamu yang sering menonton serial drama Korea, kamu pasti pernah melihat rumah-rumah di pedesaan Korea yang lantainya masih menggunakan kayu. Kondisi rumah terlihat sederhana tapi juga artistik. Sehingga muncul kesan suasana rumah yang asri dan tenang.

Penggunaan kayu sebagai lantai rumah sudah berlangsung sejak jaman dahulu. Termasuk di Indonesia penggunaan lantai kayu masih banyak digunakan meskipun tidak sebanyak lantai keramik. Perbedaan yang tampak mencolok adalah dari segi perawatan. Terlihat lantai kayu di rumah-rumah tradisional Korea lebih terawat.

Baca Juga : Panduan Cara Mudah Merawat Lantai Kayu Ulin dengan Benar dan Aman

Lantas, bagaimana merawat lantai kayu agar tetap awet? Yuk simak artikel berikut ini.

Memilih Material Lantai

Lantai termasuk ke dalam elemen bagian dalam rumah yang sangat penting. Oleh karena itu kamu harus memilih material yang tepat untuk lantai rumah. Memilih material lantai yang nyaman saat digunakan untuk duduk lesehan, atau tiduran, atau bahkan memilih material yang tahan lama.

Beberapa pilihan material lantai yang sering digunakan diantaranya material vinyl, granit, marmer, keramik atau kayu. Bahan vinyl terkenal halus sehingga cocok untuk keluarga yang memiliki balita. Lantai granit menghasilkan kesan mewah. Sementara marmer lebih banyak digunakan di perkantoran, mall, maupun hotel.

Baca Juga : Mengetahui jenis Jenis Kayu untuk Lantai kayu yang Paling Awet

Ketika kamu ingin memiliki interior rumah yang artistik kamu bisa memilih material kayu sebagai lantai rumah kamu. Tapi pertimbangan ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, dengan desain rumah, dan tentu saja dengan pertimbangan kelebihan dan kekurangan material kayu.

Kelebihan Lantai Kayu

Material kayu memiliki bahan yang solid sehingga memberik kesan yang estetik. Selain itu, warna dan coraknya menimbulkan kesan alami pada bagian dalam rumah. Bagi kamu yang senang dengan suasana alami, kesan yang muncul dari penggunaan material kayu ini bisa membuat kamu makin merasa nyaman tinggal di rumah.

Baca Juga : Gunakan Bahan Alami saat Finishing Furniture Kayu, Begini Alasannya

Lantai kayu juga memiliki motif yang beragam. Kamu bisa memilih motif bahan kayu yang paling sesuai dengan selera kamu. Pemilihan motif bisa disesuaikan dengan desain interior ruangan yang kamu rancang.

Jika dirawat dengan baik dan benar, lantai kayu juga bisa sangat awet. Dengan perawatan rutin, lantai kayu bisa bertahan sampai 20 tahun. Jika kamu ingin memilih material kayu sebagai lantai rumah kamu, maka harus menyiapkan diri untuk merawatnya secara rutin.

Baca Juga : Wajib Dirawat, Oleskan Biopolish Natural Oil untuk Furniture Rumah

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan dari lantai kayu adalah ruangan yang lebih hangat. Sebagai informasi, kayu memiliki kemampuan menyerap panas yang sangat bagus. Saat siang hari, kayu dapat menyimpan panas, sedangkan pada malam hari kayu mampu menghangatkan ruangan.

Untuk membersihkan lantai kayu cukup mudah. Membersihkan remah-remah, debu, dan kotoran ringan lainnya kamu hanya perlu menggunakan sapu halus. Sedangkan untuk kotoran yang sedikit membandel kamu bisa menggunakan kain pel biasa.

Baca Juga : Kualitasnya Tidak Diragukan, Gunakan Biopolish Natural Oil untuk Finishing Furniture Kayu

Fakta menarik lainnya, kayu diyakini bisa mengurangi pengaruh volatile organic compounds (VOC). VOC adalah senyawa-senyawa organik yang memiliki tekanan tinggi dan mudah menguap. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat karsinogenik yang dapat merusak kesehatan. Dengan menggunakan lantai kayu, kamu dapat mengurangi efek tersebut.

Kekurangan Lantai Kayu

Selain memiliki kelebihan, lantai kayu juga memiliki kekurangan. Kekurangan utamanya adalah di harga. Baik harga bahan maupun harga pemasangan sangat tinggi. Material kayu harus diolah sedemikian rupa sehingga harganya menjadi mahal. Belum lagi pemasangannya tidak bisa dilakukan sembarang orang.

Kekurangan lainnya adalah mudah rusak oleh air. Meskipun kayu bisa menyerap panas dengan baik, tapi kayu juga sangat rentan terhadap air. Jika lantai kayu kamu sering terkena air tapi tidak dirawat dengan baik, maka siap-siap untuk mendapati lantai yang keropos.

Di samping mudah rusak oleh air, lantai kayu juga mudah sekali tergores. Goresan yang muncul pada lantai kayu tentu akan meninggalkan bekas. Bekas-bekas goresan ini membuat lantai kayu menjadi tidak lagi estetis.

Lantai bagaiaman cara mengatasinya?

Kuncinya ada di perawatan. Harga mahal jika dirawat dengan baik akan awet hingga puluhan tahun. Begitu juga dengan kerusakan karena air dan goresan. Bisa diatasi dengan beberapa langkah perawatan.

Cara Merawat Lantai Kayu

Berikut ini adalah cara merawat lantai kayu:

  1. Menyapu dengan rutin

Debu dan kotoran ringan yang menempel di kayu harus dibersihkan secara rutin setiap hari. Hindari membiarkan debu menumpul karena dapat mengurangi daya tahan kayu. Jika diperlukan, sesekali gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu di lantai kayu.

  1. Mengepel dengan rutin

Selain disapu, lantai kayu juga perlu dipel secara rutin. Mengepel lantai kayu tidak boleh disamakan dengan lantai biasa. Kayu sangat rentan terhadap air. Sehingga cara mengepel lantai kayu harus berbeda.

Gunakan air hangat tanpa campuran deterjen atau pembersih lantai. Kemudian sebelum pel diletakan di lantai kayu, usahakan air yang menempel di pel benar-benar habis agar saat pel menyentuh lantai hanya tinggal efek basahnya saja tanpa ada airnya.

  1. Menggunakan poles kayu

Menggunakan poles kayu untuk perawatan sangat disarankan. Poles kayu bisa berfungsi untuk melindungi lapisan permukaan lantai kayu sehingga lebih awet. Dengan menggunakan pole kayu yang tepat, kayu akan tahan terhadap air dan serangan rayap. Salah satu produk poles kayu yang sudah teruji kualitasnya adalah Biopolish Natural Oil.

Biopolish Natural Oil untuk Merawat Lantai Kayu

Biopolish Natural Oil merupakan cairan berkualitas yang dibuat khusus menggunakan formula alami. Cocok untuk diaplikasikan baik di dalam atau di luar ruangan. Berbagai jenis kayu juga bisa diolesi dengan minyak satu ini, seperti kayu jati asli, kayu jati belanda, kayu mahoni, dan lain-lain.

Dengan menggunakan Bioplosih Natural Oil untuk lantai kayu kamu, bahan ini sanggup meresap ke permukaan dalam lantai kayu yang membuatnya terlihat baru dan terawat. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, minyak ini menjadi serba guna baik untuk finishing maupun perawatan.

Minyak ini terbuat dari mineral oil bermanfaat untuk menambah keindahan dan keawetan lantai kayu dengan cara pengaplikasikan yang mudah. Beberapa fungsi utama adalah untuk memberikan kecerahan dan ketajaman kayu dengan alami, melindungi dari percikan air, dan mencegah datangnya organisme yang mengganggu.

Tertarik menggunakan Biopolish Natural Oil untuk poles lantai kayu kamu?

Kamu bisa mendapatkan produk Biopolish Natural Oil dengan cara menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, produk Biopolish Natural Oil juga tersedia di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Jika penasaran dan ingin bertanya tentang produk ini, informasi lebih lanjut silahkan hubungi reseller terdekat di kota kamu atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.