Panduan Merawat Lantai Kayu Ulin Dengan Benar Dan Aman

Lantai kayu ulin terkenal kuat dan tahan lama. Namun bukan berarti lantai kayu ulin tidak membutuhkan perawatan. Lantai kayu tetap rentan dengan serangan serangga ataupun debu yang membuat lantai kayu menjadi rentan rusak dan warnanya tidak menarik. Hal seperti ini tentu tidak di inginkan oleh pemilik lantai kayu.

Lantai kayu ulin bagus digunakan untuk jenis lantai kayu indoor ataupun outdoor. Walauapun terkenal kuat namun bukan berarti jenis lantai kayu yang satu ini tidak membutuhkan perawatan intensif. Salah satu cara paling mudah untuk menjaga kondisi lantai kayu adalah dengan menyapu secara teratur. Selain itu juga bisa menggunakan mesin penyedot debu secara berkala untuk membersihkan lantai kayu. Cara seperti ini walaupun terlihat sepele, namun cukup efektif untuk menjaga kebersihan lantai kayu. Namun agar tidak salah langkah kita juga perlu tahu jenis jenis finishing pada lantai kayu sehingga dapat merawat dan membersihkan lantai kayu dengan tepat.

Umumnya di pasaran terdapat dua jenis finishing lantai kayu :

  1. Lantai kayu dengan jenis finishing surface finish

Finishing lantai kayu dengan jenis surface finish ini biasanya menggunakan lapisan barnish yang mengkilat. Teknik membersihkan dan merawat jenis finishing lantai kayu tipe ini juga harus diperhatikan. Pasalnya jangan sampai justru karena salah melakukan perawatan kondisi lantai yang emngkilat menjadi tidak menawan karena salah perawatan.

  1. Lantai kayu dengan jenis finishing penetrating finish

Lantai kayu dengan teknik finishing jenis ini membuat lapisan finishing yang digunakan mampu meresap kedalam serat kayu sehingga tidak nampak adanya lapisan diatas permukaan lantai kayu. Biasanya hasil akhir dari teknik finishing lantai kayu seperti ini berupa permukaan doff atau matte alias tidak mengkilat sama sekali.

Cara Membersihkan Dan Merawat Lantai Kayu Ulin Dengan Baik

Ada beberapa hal dasar yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga agar kondisi lantai kayu ulin tetap bersih dan terawat seperti menyapu secara rutin, menggunakan penyedot debu, membersihkan dengan menggunakan kain lap kering serta menggunakan sikat halus untuk menyeka bagian–bagian yang sulit dijangkau. Namun selain itu, ada hal-hal yang secara spesifik harus dilakukan untuk merawat dan menjaga kondisi lantai kayu sesuai dengan jenis finishing lantai kayu tersebut.

Berikut ini panduan untuk merawat lantai kayu ulin berdasarkan jenis finishingnya :

  • Panduan perawatan lantai kayu ulin untuk jenis surface finish

Untuk lapisan finishing yang mengkilat, sebaiknya gunakan lap basah yang lembab guna membersihkan secara rutin. Jangan menggunakan pembersih yang berbahan sabun, minyak ataupun lilin. Pasalnya bahan bahan ini justru menjadi masalah menimbulkan efek mengkilat dari lantai kayu justru hilang. Selain itu juga dihindari menggunakan cuka karena justru akan memicu adanya pengelupasan. Juga merupakan pembersih yang memiliki kandungan ph rendah. Sehingga justru melarutkan kandungan mineral sehingga tidak akan efektif guna membersihkan debu dan kotoran. Termasuk pembersih yang mengandung amoniak. Hal ini tidak bagus di aplikasikan karena menggunakan pembersih dengan kadar ph yang rendah. Efeknya justru akan membuat lapisan finishing jadi hilang.

  • Panduan perawatan lantai kayu ulin jenis finishing penetrating finish

Lantai kayu dengan finishing jenis penetrating finish seperti ini tidak bagus jika sering dibersihkan dengan air. Pasalnya air justru akan mengikis lapisan bagian atas sehingga akan membuat permukaan menjadi buram. Sebaiknya cairan yang menempel pada lantai kayu harus segera dibersihkan.

Untuk membersihkan lantai kayu yang menggunakan jenis penetrating finish sebaiknya jika dibersihkan harus dilakukan dua kali, yaitu menggunakan lap lembab kemudian diseka kembali dengan lap bersih dan kering. Sehingga tidak membeiarkan lantai kayu menjadi lembab. Hal ini dilakukan untuk membersihkan debu yang menempel kemudian dilakukan pengelapan lagi untuk mencegah lantai kayu jadi lembab.

Jika anda ingin merawat lantai kayu dengan praktis kami merekomendasikan untuk menggunakan furniture polish yang berbahan alami. Mengapa menggunakan furniture polish yang berbahan alami? Produk furniture polish yang satu ini lebih baik dan aman diaplikasikan pada berbagai jenis tipe finishing lantai kayu. Pasalnya tidak mengandung amoniak ataupun kandungan larutan ph rendah layaknya cuka.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan biopolish linseed oil furniture wax polish, guna merawat dan melindungi lantai kayu ulin dirumah anda. Biopolish linseed oil merupakan furniture wax polish yang di formulasikan khusus dengan bahan alami serta tidak menggunaakan bahan kimia berbahaya. Biopolish linseed oil berbentuk cream padat sehingga dapat diaplikasikan pada berbagai jenis tipe finishing lantai kayu.

Aplikasi biopolish linseed oil untuk lantai kayu ulin sangat sederhana. Anda dapat mengaplikasikan dengan menggosok biopolish dengan menggunakan lap kain bersih dan kering atau menggunakan mesin pemoles atau polisher untuk cara lebih mudah. Nah berikut ini cara memakai biopolish linseed oil untuk merawat lantai kayu:

  • Bersihkan lantai kayu yang akan di poles dengan biopolish linseed oil. Jika memang kotor sebaiknya cuci dahulu lantai kayu
  • Jika lantai kayu dicuci atau di pel biarkan terlebih dahulu sehingga lantai kayu benar benar bersih dan kering
  • Setelah benar-benar kering, barulah oleskan biopolish dengan kain bersih secara tipis merata
  • Kemudian gosok lantai kayu dengan kain bersih atau dengan mesin polisher hingga lantai terlihat bersih, menawan dan tidak lengket
  • Lakukan perawatan secara berkala dengan biopolish linseed oil

Biopolish linseed oil memberikan proteksi pada lantai kayu sehingga tidak mudah pudar warnanya, tidak mudah mngelupas serta menjaga higienitas lantai kayu. Tak hanya itu, biopolish juga mampu memberikan proteksi sehingga lantai kayu tidak mudah tergores.

Biopolish diformualasikan khusus dengan beeswax atau lilin lebah dan berbagai natural oil seperti linseed oil yang kemudian di buat padat sehingga dapat digunakan untuk menaga tampilna lantai kayu dengan baik. Secara praktis dan tidak merusak kondisi lnatai kayu dalam pemakaian jangka waktu lama.

Biopolish linseed oil, saat ini dapat anda peroleh di agen resmi biopolish yang tersebar di seluruh indonesia. Untuk mengetahui alamat agen biopolish linseed oil silahkan klik tautan dibawah ini.

Alamat Agen Resmi Biopolish Di Seluruh Indonesia.

Selain itu, anda juga dapat membeli biopolish langsung secara online dimanapun anda berada, dengan menghubungi customer care kami di nomor 081225784920 atau membeli langsung via akun marketplace kami berikut ini :

TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/biopolish

BUKALAPAK : https://www.bukalapak.com/biopolish

SHOPEE : https://shopee.co.id/shop/7299615/

LAZADA : https://www.lazada.co.id/biopolish

RALALI : https://www.ralali.com/v/biopolish

Artikel "Finishing Dan Perawatan Lantai Kayu"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.