Pine Oil (Minyak Pinus) Manfaat, Cara Pakai Dan Efek Samping

Pine oil dalam bahasa Indonesia sering disebut minyak pinus merupakan minyak esensial dari pohon pinus sylvestris. Wikipedia menyebutkan bahwa minyak pinus merupakan jenis minyak yang diperoleh dari proses destilasi uap dari buah pinus sylvestris.

Akhir akhir ini mungkin kita sering mendengar istilah pine oil digunakan dalam beragam kehidupansehari hari. Apalagi kini ditengah wabah pandemic korona, disebut sebut minyak ini sebagai bahan disinfektan alami yang cukup ampuh.

Apakah benar minyak pinus atau pine oil dapat digunakan sebagai disinfektan alami yang cukup ampuh atau minyak ini memiliki beragam manfaat lain yang dapat kita manfaatkan. Nah berikut ini akan kita kupas satu persatu mengenai minyak pinus atau biasa dikenal dengan pine oil ini.

Apa Itu Pine Oil ? Apa Manfaat Dan Kegunaan Dari Pine Oil?

Pine oil atau minyak pinus berdasarkan situs halodoc disebutkan adalah minyak yang berwarna kekuningan memiliki aroma yang cukup segar dan hampir mirip dengan terpentin. Minyak ini harus dibedakan dengan minyak kacang pinus atau biasa dikenal dengan minyak biji pinus. Pasalnya yang terahir disebut merupakan minyak sayur yang dapat digunakan untuk memasak. Seddagan minyak pinus disini sendiri bukan untuk bahan memasak.

Minyak kacang pinus merupakan minyak dari biji Bungan pinus, sedangkan minyak pinus yang akan kita bahas ini merupakan minyak dari ekstraksi dedaunan pinus yang diperoleh dengan cara destilasi uap sehingga menghasilkan minyak. Oleh karena itu sangat berbeda ketika membahasa minyak biji kacang pinus dengan minyak pinus itu sendiri.

Manfaat dan kegunaan pine oil sangat beragam. Mulai dari perawatan diri atau kecantikan, hingga urusan pembersihan lingkungan atau digunakan sebagai bahan disinfektan alami. Selain itu bahkan manfaat pine oil juga digunakan dalam industry finishing kayu atau cat.

Kandungan dari pine oil terdiri dari monoterpen, sesquiterpene, diterpene, terpineol, monoterpen careen, dipenten a-terpinen, borneol, borny acetate dan champagne. Wikipedia menyebutkan bahwa minyak pinus mengandung a-terpineol dan alcohol terpene siklis lain, selain itu juga mengandung hidrokarbon, eter dan ester. Komposisi kandungan zat didalam pine oil iini sangat tergantung dari dimana varietas pinus tersebut tumbuh dan diproduksi.

Pada dasarnya pine oil memiliki senyawa aktif yang mampu mengurangi peradangan, membunuh bakteri, jamur dan pathogen lainya serta ketika digunakan sebagai aromaterapi dapat menngkatkan mood pengguna.

Pine essential oil atau minyak pinus esensial yang biasa digunakan sebagai minyak esensial memiliki manfaat yang banyak sekali. Bahkan minyak pinus ini telah dikenal di Rumania sejak zaman dahulu kala sebagai minyak yang bermanfaat dalam praktek kedokteran mereka, hal ini bahkan juga ditemukan sejak zaman yunani kuno.

Minyak pinus atau pine oil telah dipelajari bertahun tahun memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang mampu menghambat perkembangan sel sel kanker, melindungi organ –organ vital tubuh sperti hati, usus dan jantung.

Daftar Manfaat Pine Oil Dalam Kehidupan Dari Minyak Esensial Hingga Disinfektan

Manfaat pine oil atau minyak pinus sangat beragam. Minyak ini dianggap mmeiliki banyak sekali kegunaanya dalam kehidupan kita sehari-hari, bahkan mungkin kita sendiri sampai tidak sadar akan manfaat dan kegunaan ini.

Berikut ini daftar manfaat dan kegunaan minyak pinus atau pine oil dalam kehidupan sehari hari:

  1. Perawatan kulit

Minyak pinus memiliki manfaat yang sangat besar terhadap perawatan kulit atau kecantikan. Minyak ini dapat mengatasi gatal gatal, beragam masalah kulit seperti psoriarisis, bisul, eksim, jerawat bahkan maslaah kaki atlet. Cara penggunaan minyak pinus untuk perawatan kulit juga sangat sederhaan, cukup di oleskan ke bagian yang akan dirawat. Tidak hanya itu minyak pius juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit kepala seperti mengatasi rambut kering dan ketombe.

  1. Aromaterapi

Minyak pinus organic atau minyak pinus yang dibuat sebagai esensial oil dapat digunakan sebagai aromaterapi. Aroma khas dari pohon pinus yang menyegarkan membuat minyak ini menennangkan sehingga sangat wajar dapat digunakan sebagai aromaterapi.

Minyak pinus yang dicampur dengan  bergamot oil, lemon oil dapat digunakan untuk bermeditasi aau saat membutuhkan ketenangan. Campuran minyak ini dapat digunakan untuk mengurangi stress atau menurunkan rasa kecemasan secara alami.

Tidak hanya itu sebagai aromaterapi minyak pinus juga dapat digunakan untuk membantu pencegahan infeksi saluran pernapasan karena minyak pinus mengandung agen anti bacterial yang cukup kuat.

  1. Pine oil sebagai Disinfektan

Pine Oil Dessinfectan

Wikipedia menyebutkan bahwa  minyak pinus memiliki property disinfektan yang efektif terhadap brevibacterium ammoniagenes, jamur candidia albicans, escheria colli, bakteri enteric gram negative, kuman rumah tangga biasa seperti jenis salmonella, enterobacter aerogenes. Tidak hanya itu pine oil juga efektif beekrja membasmi bakteri penyebab jamur, penyebab bau, staphyloccocuc aeureus, streptoccocuc pyogenes dan lain lain. Jadi pine oil sebagai disnfektan karena memiliki sifat antiseptic ringan.

Tidak hanya itu situs Wikipedia menambahkan bahwa pine oil dapat digunakan untuk membunuh penyebab penyakt tipus, gastroenteriris, kolera, rabies, beberapa jenis meningitis atau batuk rejan, dan disentri.

  1. Meredakan pembengkakan

Minyak pinus memiliki khasiat yang sangat kuat sebagai obat untuk meredakan pembengkakan atau meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Terutama untuk mengatasi bengkak dan nyeri serta ketidak nyamanan pada persendian tubuh. Minyak ini dapat digunakan langsung pada bagian meradang atau bengkak. Oleh karena itu banyak kita temukan minyak pinus digunakan sebagai minyak untuk pijat atau urut.

  1. Bahan pembersih rumah tangga

Kamar mandi, lantai keramik, berbagai perabotan yang ada di rumah dapat dibersihkan menggunakan minyak pinus. Bahkan minyak pinus juga dapat digunakan sebagai pembersih wajan, panci yang berkerak.

Tidak hanya itu minyak pinus juga dapat digunakan untuk membersihkan cermin dan kaca hingga untuk membersihkan karpet. Cara menggunakan pine oil untuk membersihkan perabot rumah tangga cukup mudah, dapat dicampur dengan baking soda kemudian dibuat pasta atau dicampur dengan cuka putih untuk membuat larutan pembersih.

  1. Meredakan sakit kepala

Minyak ini dikenal mampu menurunkan kandungan bakteri atau racun yang ada di udara sehingga dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit kepala. Minyak ini memiliki manfaat untuk menurunkan kadar stress dan membuat suasana hati lebih baik. Cara menggunakan minyak pinus untuk mengatasi sakit kepala cukup mudah , cukup teteskan secukupnya an oleskan ke pelipis.

  1. Mengatasi organisme berbahaya

Berbagai komponen zat yang ada di dalam pine oil membuat minyak ini diklaim mampu mengatasi organisme berbahaya. Tentunya dengan penggunaan rutin, minyak ini diklaim dapat membantu menjaga tubuh terhindar dari organisme berbahaya seperti infeksi saluran kemih dan berbagai jenis infeksi kulit.

  1. Sebagai antioksidan yang ampuh

Kandungan antioksidan alami dalam komponen minyak pinus mampu mneetralkan radikal bebas sehingga dapat digunakan untuk memperlambat proses kerusakan sel sel tubuh. Tidak hanya itu minyak ini juga dapat memperlambat proses penuaan. Tidak berhenti disitu, antioksidan memiliki fungsi penting dalam menjaga tubuh untuk terhindar dari penyakit mata, gangguan system syaraf dan degenerasi oto.

  1. Berfungsi sebagai Ekspektoran

Sebagai minyak esensial, minyak pinus memiliki kemampuan untuk mengencerkan dahak dan mampu bertugas sebagai ekspektoran yang mencairkan lendir dari dalam tubuh dan mengeluarkannya. Kemampuan ini membuat minyak pinus dapt digunakan untuk mengurangi adanya infeksi sinus.

Tidak hanya itu karena memiliki sifat melawan mikroba dan jamur yang ada di udara, minyak pinus mampu mengatasi masalah yang kesluitan nafas, mata berair, alergi rinithis dan juga flu. Sehingga minyak pinus juga dapat digunakan untuk melawan alergi.

  1. Perawatan furniture kayu

Selain berbagai manfaat diatas ternyata pine oil bermanfaat untuk industry wood working. Salah satu kegunaan dari pine oil yang paling krusial saat ini adalah untuk perawatan furniture kayu. Kandungan anti mikrobakterial pada pine oil digunakan untuk menjaga agar furniture kayu tetap terjaga dari serangan jamur dan organisme perusak.

Untuk perawatan furniture kayu, pine oil memiliki banyak manfaat karena kandungan antiseptic alami yang dimilikinya. Tentunya anda menginginkan furniture kayu bersih dan awet bukan, solusinya adalah dengan merawatnya menggunakan produk yang mengandung pine oil.

Apakah Minyak Pinus Memiliki Efek Samping?

Efek Samping Pine Oil

Mungkin sempat terlintas dalam pikiran anda apakah minyak pinus atau pine oil memiliki efek samping yang berbahaya ketika digunakan? Minyak pinus atau pine oil beradasarkan banyak penelitian menunjukkan memiliki toleransi yang sangat rendah akan efek samping negative atau dapat dikatakan hampir tidak memiliki efek samping.

Akan tetapi walaupun nilai toksisitasnya rendah dalam beberapa keadaan seperti penggunaan yang tidak sesuai dosisi, aplikasi yang tidak dianjurkan,kualitas minyak yang jelek dan telah teroksidasi dapat saja menimbulkan iritasi pada kulit manusia. Selain itu juga bisa menimbulkan efek samping lain misalnya pada masalah pencernaan, gangguan pernpasan dan aspirasi yang parah.

Jika anda akan menggunakan minyak pinus dalam bentuk esensial oil sebaiknya oleskan dulu beberapa tetes pada bagian kulit. Hal ini dianggap sebagai bentuk tes terhadap kondisi kulit. Setelah itu tunggulah antara 24 hingga 48 jam untuk melihat apakah ada reaksi yang terjadi. Biasaya reaksi yang terjadi seperti kemerahan atau tanda iritasi lainya akan mucul dalam rentang waktu tersebut.

Reaksi tersebut biasanya terjadi pada orang dengan kulit yang sangat sensitive atau menderita alergi. Oleh karena itu untuk menyiasati reaksi alergi seeprti ini anda dapat mengkombinasikan minyak pinus dengan carrier oil atau dengan minyak lainya. Terutama untuk penggunaan langsung ke kulit anda.

Pastikan jangan menggunakan atau aplikasikan minyaklangsung pada mata, hidung serta area tubuh yang terbuka atau terluka. Hal ini penting diperhatikan untuk meminimalisir potensi alergi dan iritasi yang akan terjadi.

Rekomendasi Dosis Penggunaan Minyak Pinus

Manfaat Pine Oil

Agar anda tetap aman menggunakan minyak pinus dibutuhkan dosis yang tepat dan sesuai dengan masalah yang anda hadapi. Sebagai esensial oil, anda dapat mengaplikasikan pine oil pada diffuser atau pada tempat lain.

Minyak pinus esensial dapat digunakan dengan dosis yang tepat antara 4 hingga 6 tetes. Jumlah tersebut dapat dicampurkan pada air hangat atau minyak lain sebagai kombinasi. Perbandinganya jika akan mencampur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun 50 : 50 bagian antara keduanya.

Selain itu untuk penggunaan seperti kebutuhan pembersih udara atau pembersih perabot dapur dapat anda sesuaikan takaranya dengan perbandingan maksimal 50: 50 bagian tersebut. Khusus untuk penggunaan pminyak pine hydrosol anda dapat mencampurkan 1 sendok the minyak ke 32 ons air bersih.

Pada dasarnya hingga saat ini belum ada interaksi yang menujukkan kegawat daruratan dengan penggunaan minyak ini. Selain itu juga belum ada laporan mengenai penggunaan minyak ini bersamaan dengan obat obatan lain menimbulkan masalah.

Namun sebagai bentuk kehati-hatian tidak ada salahnya anda terutama yang tengah hamil tidak perlu mengkonsumsi minyak ini jika tidak ada saran dari tenaga medis. Selain itu bagi penderita asma atau alergi sebaiknya menghindari pasalnya bisa saja serbuk sari pinus ini memicu asma atau alergi anda semakin parah.

Produk Pilihan Berbahan Minyak Pinus Atau Pine Oil Terbaik

Ada banyak sekali produk olahan minyak pinus terutama jenis minyak pinus esensial di pasaran. Jika anda tertarik untuk menggunakan minyak pinus esensial selalu perhatikan untuk memilih yang organic atau murni tidak menggunakan campuran lain.

Selama ini yang paling terkenal manfaat dari pohon pinus adalah terpentin yang dihasilkan dari olahan getah btang pohon pinus. Zat ini sangat bermanfaat dalam industry coating atau cat. Pasalnya ini menjadi salah satu cumber pembuatan cat. Namun khususnya untuk minyak dari biji pinusnya sering dilewatkan dalam indstri ini.

Padahal pine oil juga memiliki manfaat yang tidak kalah besar dibandingkan dengan terpentin. Dalam indsutri perkayuan dan coating atau cat, kini pine oil banyak digunakan sebagai bahan untuk perawatan furniture kayu.

Anda mungkin akan menemui beberapa produk yang menggunakan pine oil sebagai tambahan komposisi bahanya. Hal ini karena manfaat pine oil yang dapat digunakan untuk menghentikan pertumbuhan organisme perusak sehingga sangat tepat digunakan untuk perawatan furniture.

Salah satu produk yang menggunakan pine oil untuk perawatan furniture adalah biopolish. Produk ini merupakan produk perawatan furniture yang bersifat alami. Sehingga bahan bahan formulasinya juga dari bahan bahan alami. Anda dapat menemukan manfaat pine oil pada produk ini. Jika anda berminat anda dapat menemui produk ini dipasaran seperti di marketplace atau beberapa toko cat di daerah anda.

 

 

 

 

 

 

 


( ! ) Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/biopolish.com/public_html/wp-content/themes/newbiopolish/single.php on line 72
Call Stack
#TimeMemoryFunctionLocation
10.0001401896{main}( ).../index.php:0
20.0002403512require( '/home/biopolish.com/public_html/wp-blog-header.php' ).../index.php:17
30.215928448728require_once( '/home/biopolish.com/public_html/wp-includes/template-loader.php' ).../wp-blog-header.php:19
40.218328469536include( '/home/biopolish.com/public_html/wp-content/themes/newbiopolish/single.php' ).../template-loader.php:106

( ! ) Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/biopolish.com/public_html/wp-content/themes/newbiopolish/single.php on line 72
Call Stack
#TimeMemoryFunctionLocation
10.0001401896{main}( ).../index.php:0
20.0002403512require( '/home/biopolish.com/public_html/wp-blog-header.php' ).../index.php:17
30.215928448728require_once( '/home/biopolish.com/public_html/wp-includes/template-loader.php' ).../wp-blog-header.php:19
40.218328469536include( '/home/biopolish.com/public_html/wp-content/themes/newbiopolish/single.php' ).../template-loader.php:106

( ! ) Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/biopolish.com/public_html/wp-content/themes/newbiopolish/single.php on line 72
Call Stack
#TimeMemoryFunctionLocation
10.0001401896{main}( ).../index.php:0
20.0002403512require( '/home/biopolish.com/public_html/wp-blog-header.php' ).../index.php:17
30.215928448728require_once( '/home/biopolish.com/public_html/wp-includes/template-loader.php' ).../wp-blog-header.php:19
40.218328469536include( '/home/biopolish.com/public_html/wp-content/themes/newbiopolish/single.php' ).../template-loader.php:106

Artikel "Knowledge"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.