Ragam Tas Kulit dan Perawatannya

ragam model tas

Bagi kaum hawa, tas adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan sehari-hari. Tas menjadi asesoris wajib yang digunakan seseorang melakukan berbagai kegiatan. Entah itu bepergian, ke pasar, ke sekolah, ke mall, ke pesta, hingga ke kantor. Sesuai dengan keperluan dan fungsinya, model tas pun dibuat dalam bentuk bermacam-macam. Salah satu jenis tas yang jamak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari adalah tas kulit.

Tas jenis ini dibuat dengan kulit khusus sehingga memberikan kesan khasnya sendiri ketika disentuh dan dikenakan. Di pasaran memang harga tas kulit ini bisa merogoh kantong dengan cukup dalam, karena sifatnya yang memiliki nilai jual. Tas berbahan kulit memiliki banyak keunggulan dibandingkan tas berbahan lainnya sehingga menjadi pilihan utama.

Di Indonesia sendiri banyak daerah yang terkenal dengan kerajinan kulit. Kabupaten Garut yang terletak di Jawa Barat merupakan salah satu daerah penghasil kerajinan kulit terbesar di Indonesia. Beragam produk kerajinan kulit, termasuk tas, banyak tersedia di sana. Selain bahannya berkualitas, model dan bentuknya beragam sehingga menarik minat para pengguna.

Ragam Model Tas Kulit

Agar sesuai dengan kebutuhan kita, mari kita simak penjelasan ragam model tas kulit berikut ini sebagaimana dikutip dari masfikr.com dan brilio.net.

travel bag

trevel bag. sumber: https://www.yunru-bag.com/apa-itu-travelling-bag-atau-dufefl/

  1. Tas kerja. Berbentuk persegi panjang dengan model ditenteng. Tas ini sering digunakan oleh para pria untuk menyimpan berkas-berkas penting yang berhubungan dengan pekerjaan. Dimensinya yang tipis menjadikan tas kerja ringan untuk dibawa ke tempat kerja. Hanya saja kapasitasnya terbatas pada berkas-berkas dan beberapa alat tulis saja.
  2. Tas ransel. Tas ransel merupakan tas yang paling umum ditemukan. Sebagian besar anak sekolah, mulai dari PAUD hingga SMA menggunakan tas ransel. Hanya saja bahan yang digunakan untuk tas ransel sekolah kebanyakan adalah kain. Sementara untuk pria dewasa banyak tersedia tas ransel yang terbuat dari bahan kulit.
  3. Travel bag atau tas perjalanan. Tas ini biasanya berbentuk seperti silinder agak panjang. Sering digunakan oleh para atlit jika bepergian untuk kompetisi di luar kota atau di luar negeri. Tas perjalanan ini biasanya memiliki dua selendang, yaitu selendang pendek jika kita ingin menjinjing tas tersebut dan selendang panjang jika kita ingin menyampirkan tas di pundak.
  4. Tas selempang kecil. Tas ini menjadi tren di kalangan anak muda karena bentuknya yang praktis tetapi bisa memuat beberapa benda kecil sekaligus. sebagaimana kita ketahui, anak muda dengan mobilitas tinggi seringkali harus membawa gadget beserta aksesorisnya, dompet, dan barang berharga lain. Jika membawa ransel dirasa terlalu besar, maka tas selempang kecil adalah solusinya.
  5. Messenger bag atau tas pembawa pesan. Model tas ini hampir mirip dengan tas kerja. Perbedaannya terletak pada ketebalan dan ornamen tambahan. Pada messenger bag, tas lebih tebal dan memiliki ornamen tambahan berupa saku-saku kecil. Tas ini biasanya menjadi aksesoris tambahan para kurir pengantar surat dan paket sebelum era kendaraan bermotor.
  6. Tas jinjing. Tas model ini lebih banyak digunakan oleh kaum hawa. Biasanya perempuan menggunakan tas jinjing untuk berbagai keperluan. Untuk keperluan yang resmi seperti berangkat kerja, menghadiri acara, sampai keperluan yang lebih santai seperti pergi ke mall, pasar, atau untuk sekedar nongkrong.
  7. Bucket bag adalah tas yang sempat boooming ini memiliki tali yang berfungsi sebagai penutup. Jika tali ditarik, maka bagian atas tas akan menguncup. Bagi kamu yang memiliki tas ini harus hati hati agar tali penutupnya tidak cepat rusak.
  8. Cross body backpack adalah tas sejenis ransel yang banyak digunakan oleh anak muda. Meskipun sejenis dengan ransel, cross body backpack memiliki perbedaan, yaitu hanya memiliki satu tali dan dalam penggunaannya pun hanya menggunakan satu bahu saja. Dengan satu tali menyilang di dada, penggunanya terlihat lebih bergaya dibandingkan ketika menggunakan tas ransel konvensional.
messenger bag

messenger bag. sumber: https://www.cperezs.org/all-about-perfect-messenger-bags-and-types/

Merawat Tas Kulit dengan Biopolish Leather Care

Tas dengan bahan kulit memerlukan perawatan khusus agar keawetannya terjaga dengan baik. Bahan kulit sendiri memiliki sifat alami yang ketika perawatannya tak benar akan mudah terjadi pengelupasan. Selain pengelupasan, noda juga merupakan musuh utama dari tas kulit. Noda ini bisa muncul karena tumpahan makanan, terkena sengatan matahari, terkena hujan, dan lain-lain.

Merawat tas kulit agar tidak mengelupas bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan kondisioner khusus yang berfungsi untuk merawat tas. Produk yang telah dipercaya salah satunya adalah Biopolish Leather Care yang bentuknya krim dan mudah untuk diaplikasikan pada media tas. Biopolish Leather Care sangat efektif dalam menjaga dan merawat tas kulit jadi awet.

Biopolish Leather Care merupakan material yang sangat membantu membersihkan produk-produk kerajinan berbahan dasar kulit. Selain menjaga agar warnanya tetap sebagaimana aslinya, juga bisa untuk mencegah keretakan hingga pengelupasan pada permukaan tas kulit. Produk ini bisa digunakan untuk melakukan perawatan secara pro-aktif ketika dioleskan secara rutin semisal sebulan sekali atau waktu yang tepat bagi masing-masing jenis barangnya.

Ketika tas kulit sering digunakan, paparan sinar matahari juga memberikan pengaruh yang negatif pada tas, bisa membuatnya kusam dan pudar. Dengan mengoleskan Biopolish Leather Care pada kulit, kamu bisa menjaganya tetap normal, karena kandungan antioksidan yang terkandung pada Biopolish Leather Care membuat tas kulit terlindung dari teriknya paparan sinar matahari.

Cara membersihkan tas kulit kena noda menggunakan Biopolish Leather Care juga memiliki keunggulan sendiri dengan fungsi material yang penting untuk menajamkan warna tas kulit, bahkan jika tas kulit terlihat kusam. Manfaat itu didukung pula dengan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Biopolish Leather Care seperti terbuat dari bahan alami, tidak memiliki bau yangmenyengat seperti halnya semir, tidak berwarna sehingga sangat cocok diaplikasikan ke semua warna tas kulit, tidak terlalu licin sebagaimana minyak, dan kandungan beeswax-nya membuat perlindungan jadi kian maksimal dan awet.