apa yang terjadi jika sepatu kulit tidak dirawat?

Tiga Tahap Sederhana Merawat Sepatu Kulit

Jika Anda banyak mengoleksi sepatu kulit, ada baiknya mulai memperhatikan cara menyimpan dan juga merawatnya. Sebab, sama seperti kulit pada tubuh, sepatu kulit juga bisa mengalami dehidrasi ketika musim panas. Hal ini akan mempengaruhi elasitas sepatu kulit yang kamu miliki. Akibatnya sepatu kulit akan mudah kaku dan terkelupas.

Oleh karena itu, pengetahuan cara merawat sepatu kulit berdasarkan iklim cuaca menjadi sangat penting. Sepatu kulit yang tidak dirawat dengan cara yang tepat akan membuat kualitasnya menurun. Permukaan kulitnya akan kasar, mengering, tidak mengkilap, kusam dan warna akan memudar.

Langkah Sederhana Merawat Sepatu Kulit

Ada tiga tahap sederhana dalam merawat sepatu kulit, yakni proses pembersihan, pemberian kondisioner dan penyemiran.

Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah proses pembersihan sepatu kulit. Sikat kotoran dan noda yang menempel di sepatu kulit menggunakan kain basah atau sikat halus.

Jika noda membandel, bisa dengan menggunakan sabun khusus sepatu. Tidak semua permukaan kulit tahan dengan detergen pakaian biasa. Dan sebaiknya memang diberi sabun khusus untuk sepatu kulit untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Benar-benar pastikan bahwa detergen tersebut memang dikhususkan untuk perawatan sepatu kulit.

Jika sudah bersihkan dengan handuk atau kain lembab. Seka busa sabun dari sepatu, lalu keringkan. Jangan sampai sepatu berada di kondisi basah terlalu lama. Bersihkan semua bagian sepatu kulit tanpa terkecuali. Uraikan ikatannya dan cuci menggunakan sabun khusus kemudian rendam beberapa saat. Jika sudah bersih, keringkan dan pasang kembali ke sepatu.

Langkah kedua adalah pemberian kondisioner. Anda bisa menggunakan sikat halus atau kain lembut untuk mengoleskan kondisioner khusus ke bagian terluar permukaan sepatu kulit.

Baca Juga:  Bahan Perawatan Material Berbahan Kulit Alami Terbaik

Anda bisa menggunakan merek bahan kondisioner sesuai keinginan yang banyak dijual di pasaran. Selain itu, alangkah lebih baik jika menggunakan kondisioner berwarna serupa seperti sepatu agar menyamarkan guratan dan lekukan pada sepatu.

Gunakan minyak khusus untuk melicinkan sol sepatu yang dalam rentan waktu satu sampai dua kali setahun. Setelah itu biarkan sepatu terpapar udara terbuka supaya tidak lembab.

Hidarkan mengeringkan sepatu pada paparan sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat sepatu menjadi terlalu kering sehingga mengurangi kelenturan dari permukaan kulitnya. Jika sudah kering, bersihkan dan kilapkan sepatu kulit dengan handuk atau kain bersih.

Langkah ketiga dan terakhir yang tidak kalah penting adalah proses penyemiran. Gunakan sikat halus untuk melakukan penyemiran. Usahakan untuk memilih warna sesuai dengan warna sepatu kulit.

Ana bisa melakukan poles pada permukaan kulit sepatu secara perlahan. Pastikan Anda memoles sepayu kulit dengan teliti sehingga guratan dari sepatu kulit yang kaku bisa tersamarkan.

Setelah itu, biarkan sepatu pada udara terbuka tanpa perlu diletakan di bawah sinar matahari langsung. Cukup diangin-anginkan saja. setelah itu seka dan usap sekali lagi menggunakan handuk bersih.

Jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, lakukan penyemiran beberapa kali seperti langkah di atas. Penyemiran yang dilakukan secara berulang dan bertahap akan memberikan hasil yang jauh lebih baik.

Catatan lainnya, jika ingin mengerikan sepatu kulit, jangan gunakan pemanas listrik. Seperti ulasan di atas, cukup biarkan sepatu terkena paparan udara terbuka sehingga bisa kering dengan sendirinya. Pemanas listrik dikhawatirkan akan membuat hasil akhir dari sepatu kulit justru kurang baik. Panas yang dihasilkan mungkin saja tidak sesuai dengan produk berbahan dasar kulit.

Baca Juga:  Solusi Tas Kulit Kusam Semir Tas Kulit Biopolish Leather Care

Yang tidak kalah penting, hindarkan menggunakan cairan dengan bahan dasar alkohol. Bahan kimia dengan kadar berlebih dapat membuat permukaan sepatu kulit menjadi kasar dan rusak. Ginakan produk dengan kandungan alami sehingga tidak memberikan efek samping pada sepatu kulit kesayangan Anda.

Biopolish Leather Care dengan Kandungan Bahan Alami

Untuk Anda yang masih bingung harus memilih produk perawatan bahan kulit yang tepat bisa mencoba Biopolish leather care. Produk yang menggunakan bahan utama beeswax atau lilin lebah ini diformulasikan dengan campuran berbagai jenis natural oil. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kandungan kimia yang dapat merusak sepatu kulit.

Biopolish Leather Care terdapat dua varian lainnya yaitu Biopolish Natural Oil dan Biopolish Beeswax. Dua varian yang dikeluarkan oleh Biopolish semuanya berdasarkan pada bahan natural, sehingga cocok untuk perawatan produk berbahan kulit yang kamu miliki.

Selain itu Biopolish juga bisa kamu gunakan untuk produk perawatan dan finishing kerajinan kayu. Jadi, ada banyak kegunaan yang bisa kamu dapatkan dari Biopolish.

Produk dari Biopolish memang menggunakan 100% bahan alami., karena produksi yang dilakukan memperhatikan bagaimana kualitas dari suatu produk berbahan kulit. Permukaan bahan kulit dengan produk yang salah akan membuat sepatu kulit menjadi mudah kusam dan rusak.

Biopolish Leather Care mampu membuat kualitas produk tetap terjaga, baik pada warna, tampilan serta perubahan kondisi seperti kelenturan sepatu atau produk berbahan dasar kulit. Proteksi tersebut tidak hanya pada tampilan luar saja. Biopolish Leather Care mampu memberikan perlindungan pada perubahan cuaca.

Untuk Anda yang memiliki koleksi furniture di rumah tidak perlu khawatir dengan paparan sinar matahari atau perubahan cuaca lainnya.

Baca Juga:  Begini Cara Merawat Jaket Kulit Asli

Anda bisa mendapatkan produk Biopolish Leather Care melalui marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Anda juga bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi reseller terdekat di kota Anda, atau hubungi nomor whatsapp di sini.