perawatan kursi kayu

Tips Perawatan yang Tepat Agar Cat Kayu Tidak Mudah Pudar

Kayu adalah salah satu furniture yang biasa digunakan sebagai pelengkap kebutuhan rumah. Material kayu berbeda dengan material lainnya seperti besi, aluminium dan lainnya. Kayu dianggap sebagai jenis material yang tahan lama serta memberikan kesan natural. Kayu pada umumnya memiliki bahan dasar yang kuat sehingga kayu solid tepat menjadi pilihan menjadi material furniture.

Selain itu setiap kayu memiliki karakter tampilan dan ciri khas masing-masing yang menonjol. Material kayu tentu berbeda dengan jenis material lainnya. Maka dari itu, perlu diketahui, kayu tidak dapat lepas dari proses finishing cat yang melapisi permukaannya. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan yang indah serta melindungi kayu agar tidak cepat rusak.

Cara Mengecat Kayu Agar Hasil Maksimal

Pertama, Anda dapat menyiapkan kayu yang akan dicat. Kemudian pastikan jika keadaannya sudah bersih, kering dan permukaan rata. Jika belum rata, kamu bisa menghaluskan permukaan kayu terlebih dahulu menggunakan ampelas. Selesai proses pengampelasan, kayu siap untuk dicat.

Kedua, gunakan dempul dan coating primer. Hal ini berfungsi sebagai dasar jika ingin membuat cat kayu terlihat bagus dan solid. Jika ingin mendapatkan cat yang bagus kamu perlu memperhatikan cara dasar mengecat kayu. Dempul, putty, filmer atau plamir adalah cat yang digunakan pada lapisan paling dasar.

Gunanya untuk menghaluskan permukaan kayu dan sebagai dasar agar warna menjadi solid. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih alami dan transparan, kamu tidak perlu menggunakan lapisan ini. Untuk lapisan primer berfungsi untuk menyiapkan lapisan cat pewarna agar hasilnya maksimal.

Ketiga, pilihlah cat kayu terbaik. Perlu kamu ketahui, terdapat beberapa jenis cat kayu yaitu pigmented dan stain. Cat kayu pigmen akan memberikan hasil akhir yang menutup secara total. Sehingga serat akan tidak tampak sama sekali. Namun, berbeda dengan cat wood stain yang jauh lebih natural dan transparan. Cat ini mampu menonjolkan estetika dari serat kayu sehingga akan tampak substrat kayu dengan kesan yang jauh lebih alami.

Ketika sudah usai mengecat kayu, tunggu lapisan pertama kering kurang lebih 60 menit. Jika sudah, ampelas kembali sampai halus. Kamu bisa melanjutkan finishing pada setiap prosesnya Selain itu yang perlu diperhatikan adalah pengenceran cat dengan benar. Jika kamu menggunakan cat kayu water-based encerkan menggunakan air terlebih dahulu. Sedangkan jika kamu menggunakan cat kayu solvent based, pengenceran menggunakan thinner atau spirtus.

Terakhir, jika kamu sudah mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu dapat melanjutkan dengan vernis atau clear coat atau top coat. Lapisan ini berguna untuk melindungi lapisan cat agar awet seperti melindunginya dari paparan sinar matahari maupun goresan. Namun, penting untuk diingat bahwa tahapan cat kayu tidak selalu sama pada setiap jenis kayu. Kamu dapat menyesuaikan dengan kondisi sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh serat kayu.

Pentingnya Memilih Produk yang Tepat

Seperti yang kita ketahui ada begitu banyak produk cat yang dijual di pasaran sana. Hampir semua produk pasti menyertakan fungsi terbaik sebagai cat kayu. Namun, tidak semua produk menggunakan kandungan yang serupa. Kritis terhadap kandungan produk adalah hal yang penting, karena kebanyakan serat kayu tidak dapat dibersihkan menggunakan deterjen atau bahan kimia dengan konsentrasi tinggi. Penting untuk mencari produk yang mengandung bahan-bahan alami.

Salah satu produk yang mampu menjaga dan memberikan perawatan yang maksimal pada furniture kayu adalah Biopolish. Produk ini terdiri dari dua varian yaitu Biopolish Beeswax dan Biopolish Natural Oil. Pada dasarnya kedua produk tersebut memiliki fungsi yang sama namun dapat diaplikasikan pada furniture yang berbeda. Biopolish beeswax digunakan untuk perawatan furniture kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan bayi dan anak-anak.

Namun, Anda juga bisa menggunakan produk ini pada furnitur kayu lainnya. Biopolish Beeswax aman digunakan karena mengandung bahan alami yang diformulasikan secara khusus untuk perawatan kayu. Produk ini terbukti aman dan tidak menyebabkan resiko terhadap kesehatan. Selain itu Biopolish Beeswax juga mampu memberikan warna yang lebih tajam dan mencerahkan permukaan kayu. Anda bisa menggunakan Biopolish Beeswax pada kayu yang sudah kering baik selesai finishing atau sebelum.

Keunggulan lain dari Biopolish Beeswax adalah mampu meresap sampai ke dalam serat kayu. Selain itu produk ini juga bisa menahan percikkan air sehingga serat dalam kayu tidak jadi lembab serta terhindar dari jamur. Biopolish Beeswax juga mampu mempertahankan fleksibilitas pada kayu. Hal ini dapat mencegah kayu dari retak atau patah.

Biopolish beeswax dan Biopolish Natural Oil saat ini dijual secara online maupun offline. Untuk melakukan pembelian offline, kamu dapat membeli melalui reseller yang tersebar di kota besar di seluruh Indonesia. Anda juga bisa mendapatkan produk Biopolish secara online melalui Whatsapp di sini atau melalui marketplace kami di bawah ini

BUKALAPAK : https://www.bukalapak.com/biopolish

TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/semirbiopolish

SHOPEE : https://shopee.co.id/shop/7299615/

LAZADA : https://www.lazada.co.id/biopolish