Tips dan Solusi Perawatan Yang Tepat Agar Cat Kayu Tidak Mudah Pudar

Kayu adalah salah satu furniture yang biasa digunakan sebagai pelengkap kebutuhan rumah. Material kayu berbeda dengan material lainnya seperti besi, aluminium dan lainnya. Kayu dianggap memiliki material yang yang tahan lama serta memberikan kesan natural dengan nuansa yang berbeda. Kayu pada umumnya memiliki bahan dasar yang kuat sehingga kayu solid tepat menjadi pilihan jika kamu sedang mencari furniture kayu.

Selain itu setiap kayu memiliki tampilan karakter dan ciri khas masing-masing yang ditonjolkan. Sehingga variasinya dapat lebih beragam dengan lekuk alami yang indah. Hal ini tentu berbeda dengan jenis material lainnya. Maka dari itu, perlu kamu ketahui, kayu tidak dapat lepas dari proses finishing cat yang melapisi permukaannya. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan yang indah serta melindungi kayu agar tidak cepat rusak.

Cara Mengecat Kayu Dengan Hasil Yang Maksimal

Pertama, kamu dapat menyiapkan kayu yang akan dicat. Kemudian pastikan jika keadaannya sudah bersih, kering dan rata permukaannya. Jika belum rata, kamu bisa menghaluskan permukaan kayu terlebih dahulu menggunakan amplas. Tidak perlu bingung, karena amplas dapat kamu dapatkan di toko bangunan terdekat. Selesai dengan pengamplasan, kayu siap untuk dicat.

Kedua, gunakan dempul dan primer. Hal ini berfungsi sebagai dasar jika ingin membuat cat kayu lebih terlihat bagus dan solid. Jika ingin mendapatkan cat yang bagus kamu perlu memperhatikan cara dasar mengecat kayu. Dempul, putty, filmer atau plamir adalah cat yang digunakan pada lapisan paling dasar. Gunanya untuk menghaluskan permukaan kayu dan sebagai dasar agar warna menjadi solid. Namun, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih alami dan transparan, kamu tidak perlu menggunakan lapisan ini. Sedangkan untuk lapisan primer berfungsi untuk menyiapkan lapisan cat pewarna agar hasilnya maksimal.

Baca Juga:  Cari Agen Biopolish Di Bandung ? Cek Alamat Biopolish Bandung Disini

Ketiga, pilihlah cat kayu terbaik yang ingin digunakan. Perlu kamu ketahui, terdapat beberapa jenis cat kayu yaitu pigmented dan stain. Cat kayu pigmen akan memberikan hasil akhir yang menutup secara total. Sehingga serat akan tidak tampak sama sekali. Namun, berbeda dengan cat wood stain yang jauh lebih natural dan transparan. Cat ini berfungsi untuk menonjolkan estetika dari serat kayu sehingga akan tampak substrat kayu dengan kesan yang jauh lebih alami.

Ketika sudah usai mengecat kayu tunggu lapisan pertama kering kurang lebih 60 menit. Kemudian jika sudah, amplas kembali sampai halus. Kamu bisa melanjutkan mengecat kayu lapis demi lapis sampai mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu yang perlu  diperhatikan adalah pengenceran cat dengan benar. Jika kamu menggunakan cat kayu water-based encerkan menggunakan air terlebih dahulu. Sedangkan jika kamu menggunakan cat kayu solvent based, pengenceran menggunakan thinner atau spirtus.

Terakhir, jika kamu sudah mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu dapat melanjutkan dengan vernis atau clear coat atau top coat. Lapisan ini berguna untuk melindungi lapisan cat agar awet seperti melindunginya dari paparan sinar matahari maupun goresan. Namun, penting untuk diingat bahwa tahapan cat kayu tidak selalu sama pada setiap jenis kayu. Kamu dapat menyesuaikan dengan kondisi sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh serat kayu.

Pentingnya Memilih Produk Yang Tepat

Seperti yang kita ketahui ada begitu banyak produk yang dijual di pasaran sana. Hampir semua produk pasti menyertakan fungsi yang sama. Namun, tidak semua produk menggunakan kandungan yang serupa pula. Kritis terhadap kandungan produk adalah hal yang penting. Karena kebanyakan serat kayu tidak dapat menggunakan deterjen dengan bahan kimia yang terlalu tinggi. Maka dari itu penting untuk mencari produk yang mengandung bahan-bahan alami.

Baca Juga:  Begini Cara Merawat Jaket Kulit Asli

Salah satu produk yang mampu menjaga dan memberikan perawatan yang maksimal pada furniture kayu adalah Biopolish. Produk ini terdiri dari dua varian yaitu Biopolish Beeswax dan Biopolish Natural Oil. Pada dasarnya kedua produk tersebut memiliki fungsi yang sama namun dapat diaplikasikan pada furniture yang berbeda. Biopolish beeswax digunakan untuk perawatan furniture kayu yang bersentuhan langsung dengan makanan bayi dan juga anak-anak.

Namun kamu juga bisa menggunakan produk ini pada furnitur kayu lainnya. Biopolish Beeswax aman digunakan karena mengandung bahan alami yang diformulasikan secara khusus untuk perawatan kayu. Sehingga produk ini terbukti aman dan tidak meninggalkan resiko kesehatan apapun. Selain itu Biopolish Beeswax juga mampu memberikan warna yang lebih tajam dan mencerahkan permukaan kayu. Kamu bisa menggunakan Biopolish Beeswax pada kayu yang sudah kering baik selesai finishing maupun sebelum.

Keunggulan lain dari Biopolish Beeswax adalah mampu meresap sampai ke dalam serat kayu. Selain itu produk ini juga bisa menahan dari percikkan air. Sehingga serat dalam kayu tidak terlalu lembab dan terhindar dari jamur. Biopolish Beeswax juga mampu mempertahankan fleksibilitas pada kayu. Hal ini dapat mencegah kayu dari retak atau patah.

Biopolish beeswax dan Natural oil saat ini dijual secara online maupun offline. Untuk melakukan pembelian offline, kamu dapat mendatangi kantor pusat penjualan kami di yogyakarta, tepatnya di Jl. Sidikan No. 94 Sorosutan kec. Umbulharjo yogyakarta. Bagi kamu  yang berada di daerah lain selain yogyakarta, dapat menghubungi agen atau reseller biopolish di berbagai daerah di Indonesia. Untuk mendapatkan biopolish secara online, silahkan hubungi customer care kami di nomor 081225784920 atau langsung membeli biopolish di akun marketplace kami di bawah ini :

Baca Juga:  Manfaat Biopolish Natural Oil Untuk Finishing Outdoor

BUKALAPAK : https://www.biopolish.com/bio/mp-bukalapak/

TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/biopolishofficial

SHOPEE : https://shopee.co.id/biopolishofficial