Tips Decking Kayu Kolam Renang tidak Lapuk

kolam renang dengan decking kayu

Pernah mendengar istilah decking? Kalau kamu belum pernah mendengarnya, mungkin kamu pernah melihatnya? Bagaimana dengan papan kayu yang digunakan untuk menutup permukaan tanah di luar ruangan yang terhubung menuju ke bangunan utama? Pasti kamu pernah melihatnya. Bagian bangunan ini disebut dengan decking kayu.

Dalam dunia arsitektur, istilah deck merujuk pada permukaan datar yang mampu menopang beban, mirip dengan lantai, tetapi biasanya dibangun di luar ruangan. Sedangkan menurut situs tokolantaikayu.net, decking kayu adalah material penutup lantai yang terbuat dari bahan kayu. Decking kayu umumnya terletak di luar ruangan, untuk menutupi area yang biasa terkena hujan dan terik matahari seperti taman, samping kolam renang, dan juga dermaga.

decking kayu kolam renang

decking kayu kolam renang. sumber: https://www.fantasiapools.com/2011/07/wood-deck-untuk-kolam-renang.html

Penggunaan decking kayu mulai marak digunakan di negara-negara barat pada tahun 1960-an. Decking kayu dipasang di taman belakang rumah untuk keperluan estetik, yaitu memperindah area taman sehingga menjadi lebih stylish. Penggunaan decking kayu juga belakangan mulai marak di Indonesia dengan tujuan dan fungsi yang sama.

Selain untuk unsur keindahan, beberapa orang menggunakan decking kayu untuk fungsi lain. Misalnya untuk pagar. Dengan menggunakan decking kayu untuk memagari taman depan rumah, pemandangan rumah menjadi lebih estetik. Mengingat decking kayu menggunakan bahan kayu yang kokoh dan bentuknya memanjang, maka sangat cocok untuk menjadi pagar yang melindungi rumah kamu.

Fungsi lain yang mulai digunakan oleh banyak orang adalah fungsi decking kayu sebagai gazebo. Penerapan decking sebagai gazebo sangat cocok untuk dilakukan karena kualitas kayu serta jika dipadukan dengan atap sirap kayu Ulin akan memberikan Gazebo yang sangat alami dan berestetika. Tentu halaman depan atau belakang rumah kamu menjadi semakin indah dilihat.

 

Jenis-Jenis Kayu untuk Decking

Decking kayu dipasang di luar ruangan. Dengan posisi ini decking kayu akan mengalami berbagai kendala akibat cuaca. Decking kayu akan sering terkena hujan dan sinar matahari langsung. Yang bisa berdampak pada keawetan decking kayu. Oleh karena itu, bahan kayu yang dipilih untuk decking harus jenis kayu yang berkualitas.

Beberapa jenis kayu yang bisa dipilih untuk decking kayu di antaranya adalah:

  1. Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai dikenal luas dengan nama Yellow Balau. Kayu ini banyak ditemukan di kawasan tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Kayu ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 40 m dengan diameter mencapai 120 cm. kayu ini memiliki karakter padat, warna kuning kecokelatan, dan membutuhkan waktu 12 hari hingga satu bulan untuk pengeringan agar bisa digunakan sebagai bahan hunian.

Menurut Departemen Kehutanan, kayu bengkirai merupakan jenis kayu dengan tingkat kekuatan kelas I dan II. Asal kamu tahu, jenis kekuatan ini hampir setara dengan kayu jati. Dengan demikian, kekuatan dari kayu bengkirai membuatnya ideal untuk diolah menjadi berbagai keperluan eksterior rumah seperti atap, decking, hingga pagar rumah.

  1. Kayu Kruing

Kayu Kruing banyak ditemukan di wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Kayu yang populer di kalangan dunia pertukangan kayu ini memiliki tinggi hingga mencapai 50 m, diameter mencapai 120 cm dan panjang cabang mencapai 35 cm. warna yang dominan pada kayu kruing adalah cokelat, cokelat kemerahan, dan kelabu.

Sebagaimana kayu bengkirai, kayu kruing memiliki tingkat kekuatan jenis I dan jenis II. Karena kekuatannya inilah kayu kruing banyak dimanfaatkan untuk berbagai elemen bangunan seperti kusen dan rangka atap. Salah satu keunikan kayu kruing adalah tidak mudah pecah meskipun dibelah dengan ukuran tipis. Oleh karena itu, sebagian orang memanfaatkan kayu kruing untuk membuat plafon.

  1. Kayu Jati

Kayu jati merupakan kayu yang paling terkenal di antara bahan kayu lainnya. Banyak orang yang memilih kayu jati untuk menjadi elemen bangunan karena kekuatannya. Pohon jati bisa tumbuh mencapai ketinggian 50-70 meter. Salah satu karakter yang dimiliki pohon jati adalah daunnya yang rontok di musim kemarau sebagai bagian dari adaptasi.

kayu jati Belanda

kayu jati Belanda. sumber: https://www.bramblefurniture.com/journal/kelebihan-kekurangan-kayu-jati-belanda/

Kayu jati merupakan kayu kelas satu karena kekuatan, keawetan dan keindahannya. Secara teknis, kayu jati memiliki kelas kekuatan II dan kelas keawetan I-II. Kayu ini sangat tahan terhadap serangan. Selain itu, kayu jati memiliki tekstur yang halus dan warna yang indah. Sehingga kayu ini digolongkan ke dalam jenis kayu yang mewah.

  1. Kayu Ulin

Kayu ulin adalah kayu asli Indonesia, dikenal dengan istilah indigenous tree species yang digolongkan ke dalam suku Lauraceae. Umunya kayu ulin bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 30-35 meter dengan diameter mencapai 60-120 cm. Tingkat kekuatan kayu ulin adalah jenis I dan tingkat keawetan adalah jenis I.

Kayu ulin digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pondasi bangunan di dalam air dan lahan basah, atap rumah (sirap), kusen dan pintu. Kayu ulin terutama dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, seperti konstruksi rumah, jembatan, tiang listrik, dan perkapalan.

 

Masalah Decking Kayu Kolam Renang

Unsur estetik yang muncul melalui penggunaan decking kayu inilah yang menjadi tujuan utama kenapa decking kayu digunakan di kolam renang. Berbeda dengan lantai keramik atau lantai tembok biasa, menghiasi kolam renang dengan decking kayu menjadikan kolam renang menjadi lebih elegan.

Meskipun jenis kayu yang digunakan untuk decking kebanyakan memiliki tingkat kekuatan dan keawetan jenis I, namun penggunaan decking kayu di kolam renang tetap rawan kerusakan. Selain sering terkena air hujan dan sengatan matahari, decking kayu di kolam renang akan sering terkena air cipratan dari kolam. Sehingga intensitas terkena air menjadi sangat tinggi.

Mengingat kayu memiliki sifat hygroscopic yang tinggi, yaitu kecenderungan menyerap lembab yang sangat tinggi, maka intensitas cipratan air yang lebih banyak akan menyebabkan kayu semakin lembab. Efek dari sifat ini adalah decking kayu menjadi gampang berjamur, lama-lama kayu menjadi keropos dan lapuk.

Untuk menghindari decking kayu kolam renang menjadi lapuk, kamu bisa terapkan beberapa langkah berikut:

  1. Membersihkan decking menyeluruh secara rutin. Saat membersihkan decking kayu kolam renang, hindari penggunaan deterjen dan sabun karena akan membuat decking menjadi semakin cepat lapuk. Untuk membersihkan, cukup menggunakan lap lembab.
  2. Membersihkan celah decking kayu kolam renang dari air dan kotoran.
  3. Menggunakan furniture beralas karet untuk menghindari goresan dari benda lain.
  4. Mengganti decking kayu kolam renang secepatnya jika sudah terjadi kerusakan yang parah.

 

Biopolish Natural Oil untuk Perawatan Decking Kayu Kolam Renang

Merk perawatan decking kayu kolam renang terbaik bisa kamu temukan di pasaran, beberapa di antara adalah produk-produk dari Biopolish.

Produk-produk Biopolish dikenal sebagai merk perawatan decking kayu kolam renang terbaik karena terbuat dari bahan-bahan alami. Ketika hendak melakukan maintenance decking kayu kolam renang, jangan asal pilih. Pilihlah produk yang terpercaya untuk memastikan produk perawatan yang kamu pakai memang bagus dan mempertahankan kualitas alami dari si kayu itu sendiri sebagaimana Biopolish—tidak malah merusaknya.

Beberapa indikator yang bisa kamu terapkan dalam memilih merk di antaranya: (1) Bisa diaplikasikan baik untuk bahan kayu indoor dan outdoor; (2) Bisa menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang tak menentu; (3) Tahan terhadap serangan jamur, organisme, air, hingga paparan sinar matahari; (4) Daya rekatnya kuat; (5) Dibuat dari bahan yang aman dan mudah untuk diaplikasikan. Dengan menggunakan produk dari Biopolish, kamu akan merasakan hasil yang berbeda sesuai indikator-indikator lima ini.

Salah satu produk yang bisa digunakan untuk perawatan decking kayu kolam renang adalah dengan menggunakan Biopolish Natural Oil. Produk Biopolish Natural Oil ini merupakan minyak serba guna yang bisa diaplikasikan untuk melindungi berbagai macam jenis kayu, yang diformulasikan dengan bahan-bahan alami. Fungsinya selain melindungi juga untuk mencerahkan decking kayu kolam renang yang kusam jadi tampak cerah. Selain itu, Biopolish Natural Oil dapat melapisi decking kayu kolam renang agar tidak mudah lapuk.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Natural Oil kamu bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.