Tips Memilih Bahan Anti Bacterial Untuk Perawatan Wooden Kitchenware

Kitchenware berbahan dasar kayu memiliki perbedaan dalam perawatannya. Berbeda dengan bahan material lain yang cukup dibersihkan dan di lap biasa menggunakan sabun. Namun, wooden kitchenware membutuhkan perawatan khusus dengan cara dipoles dengan bantuan minyak atau produk yang mengandung bahan alami. Salah satu fungsinya adalah untuk memberikan kesan alami sesuai dengan keunkana lekuk kayu. Selain itu hal ini juga dapat menambahkan unsur estetika yang memperindah desain interior rumah.

Barangkali banyak di antara kamu yang masih abai ketika melakukan perawatan pada kayu. Selain itu kayu juga memiliki beberapa pantangan, misalnya  tidak boleh terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini dapat menyebabkan kayu cepat using dan warnanya akan mudah pudar. Kayu juga tidak boleh terlalu lama terkena air. Biasanya hal ini kerap terjadi apabila kamu sering menunda mencuci wooden kitchenware. Padahal hal itu dapat menyebabkan penumpukan bakteri yang berbahaya untuk kesehatan.

Tips Sederhana Merawat Wooden Kitchenware Yang Efektif

            Pada dasarnya merawat wooden kitchenware cukup sederhana. Memang terdapat beberapa hal yang harus dilakukan secara khusus. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Karena sebenarnya terdapat beberapa tips cara merawat yang sederhana namun efektif. Hal tersebut dapat kamu lakukan untuk mengantisipasi adanya kerusakan baik pada serat kayu maupun tampilannya. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai tips sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

  1. Rutin membersihkan wooden kitchenware

Pembersihkan yang rutin tentu akan membantu menjaga kualitas dari wooden kitchenware. Memang membutuhkan energi lebih karena bahan dasar kayu harus diperlakukan dengan cukup hati-hait. Kamu dapat menulis wooden kitchenware dengan air hangat dengan sabun lembut yang mengandung bahan alami. Karena kayu tidak terlalu tahan pada sabun yang berkonsentrasi kimia tinggi. Setelah itu keringkan segera wooden kitchenware sampai benar-benar kering. Pastikan jika tidak ada air yang masuk ke dalam serta kayu.

Saran lain jika kamu hendak mencuci wooden kitchenware gunakan material non-abrasif agar tidak merusak tekstur dan permukaannya. Bahan sabun yang terlalu keras retan membuat wooden kitchenware menjadi rusak dengan permukaan yang kasar. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kain non-abrasif agar tidak menimbulkan goresan pada permukaan kayu. Pastikan jika pembersihan ini kamu lakukan secara berkala.

Pembersihan dan juga pengertiannya harus dilakukan dengan telaten agar tidak meninggalkan bekas. Karena wooden kitchenware rentan pada kondisi lembab yang dapat menyebabkan pertumbuhan mikroorganisme kecil dan serangga lainnya. Tentu, kamu tidak ingin hal ini terjadi pada wooden kitchenware di rumah. Karena pertumbuhan jamur dan lainnya dapat membahayakan kondisi kesehatan keluarga. Maka dari itu pastikan jika pembersihan dan pengeringan yang dilakukan sudah sesuai.

  1. Perawatan jangka panjang

Setelah melakukan pembersihan dan pengering, kamu juga perlu menambah perawatan lain untuk memberikan hasil yang maksimal. Kamu bisa meneterskan satu hingga tiga tets oil food grade pada permukaan wooden kitchenware. Kemudian usap secara perlahan dan diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bersihkan menggunakan air hangat baisa. Kamu bisa melakukan perawatan ini beberapa kali sampai permukaan kayu tampak bersih dan mengkilap.

Selain perasaan ini, perlu diperhatikan pula jika kayu tidak terlalu tahan pada kondisi ruangan yang terlalu lembab. Untuk itu aturlah penyimpanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan sirkulasi udara pada kayu. Perhatikan cahaya dan temperatur dalam ruangan untuk mencegah pertumbuhan jamur dan juga bau apek. Intinya, jangan biarkan wooden kitchenware disimpan pada suhu ruangan yang terlalu dingin atau panas.

Itulah beberapa tips sederhana namun efektif untuk merawat wooden kitchenware. Kondisi wooden kitchenware yang baik tentu tidak akan lepas dari perawatan yang kita lakukan. Jika kita rajin untuk melakukan pembersihan dan memoles dengan teratur tentu wooden kitchenware akan tetap terjaga kualitasnya. Selain itu daya estetikanya pun tidak akan luntur seiring dengan berjalanya waktu. Maka dari itu, keawetan dari wooden kitchenware tergantung dari bagaimana kita merawatnya.

Bagaimana Memilih Produk Perawatan Wooden Kitchenware?

            Belakang ini wooden kitchenware memang kerap menjadi gaya baru yang digemari masyarakat. Keberadaannya dianggap lebih ramah lingkungan dan dapat memberikan kesan tersendiri. Rumah yang memiliki furniture berbahan dasar kayu memang akan tampak berbeda. Kesan yang diberikan akan tampak sederhana namun tetap terdapat sentuhan modern di dalamnya. Belum lagi saat ini sudah banyak furniture maupun wooden kitchenware yang mengikuti perkembangan zaman. Maka dari itu, kamu membutuhkan produk yang aman dan mengandung bahan antibacterial.

Jika kamu sudah mengetahui mengenai pembersihan, pengeringan sampai pada perawatan khusus untuk wooden kitchenware. Lantas bagaimana memiliki produk perawatan yang tepat? Saat ini sudah terlalu banyak produk yang dijual di pasaran namun kita tidak tahu apakah produk tersebut aman untuk mempertahankan kualitas serta kayu. Tenang, kamu tidak perlu khawatir. Saat ini sudah ada produk terbaru yang dikeluarkan oleh Biopolish yang fokus pada perawatan wooden kitchenware.

Biopolish mengeluarkan variannya yaitu Biopolish Beeswax yang terkenal dengan kandungan alaminya berupa lilin lebah. Produk ini dipercaya mampu melindungi dan menjaga wooden kitchenware dan menyerap langsung pada seratnya. Selain itu, Biopolish Beeswax juga mampu mempertahankan warna dan kelembutan alami pada permukaan kayu. Kamu tidak perlu khawatir, karena produk ini dijamin aman bagi kesehatan. Selain itu, Biopolish Beeswax juga tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Sehingga tidak mengganggu ruang udara dalam rumah.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Beeswax, kamu bisa langsung mendatangi toko atau agen-agen yang tersebar di berbagai kota Indonesia. Jika domisili mu di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, bisa langsung mendatangi store point yang beralamatkan di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, 55162. Biopolish Beeswax juga bisa kamu dapatkan melalui marketplace seperti, Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.  Jika ada yang perlu ditanyakan kamu bisa menghubungi via WhatsApp 081225784920.