Awas Anak anda Sakit akibat Talenan Kotor! perhatikan hal ini

Banyak hal dapat menyebabkan buah hati sakit. Salah satunya adalah talenan kotor. Tak disangka-sangka sakitnya si kecil disebabkan benda dapur ini.

Anak terancam sakit gara-gara talenan kotor

Anak terancam sakit gara-gara talenan kotor

Banyak di antara kita cenderung menyepelekan pengaruh higienitas alat dapur dengan kesehatan anak. Ketika si kecil tiba-tiba sakit, yang kita salahkan pertama kali pasti jajanan. Padahal, ia sudah biasa makan jajanan tersebut. Penyebab si kecil sakit justru bisa berasal dari dapur kita sendiri. Kotornya alat dapur adalah salah satu penyebab. Akumulasi atau berkumpulnya bakteri pada alat-alat dapur setelah sekian lama tak disangka-sangka bisa jadi penyebab utama sakitnya anak.

Salah satu alat dapur yang terbukti berpotensi menyebakan anak sakit adalah talenan. Baik talenan kayu atau plastik sama-sama dapat membuat Anda sekeluarga sakit. Ini karena terjadinya akumulasi bakteri Salmonella yang berkontribusi pada banyak penyakit di organ pencernaan.

Salmonella, Bakteri pada Talenan Kotor Penyebab Beragam Penyakit

Salmonella

Salmonella

Salmonella adalah kelompok bakteri enterobakteria gram negatif yang berpotensi menyebabkan banyak penyakit. Bakteri berbentuk tongkat ini bisa menimbulkan penyakit tifoid, paratifoid, dan foodborne (istilah untuk menyebut penyakit akibat makanan kotor). Gejala yang ditimbulkan mereka yang terserang Salmonella antara lain:

  • Diare
  • Keram perut
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Muntah-muntah

Mengapa Anak?

Anak menjadi pihak paling rentan sakit akibat terserang Salmonenlla. Ini dikarenakan tubuh anak masih kecil, sistem pertahanannya belum terbangun baik, hingga metabolismenya yang lebih cepat (termasuk dalam menyerap makanan kotor). Selain anak, golongan lain yang rentan sakit adalah lansia dan mereka yang daya tahannya sedang turun.

Tampak Bersih Belum Tentu Bersih

talenan kotor

Yakin Anda tidak menggunakan talenan kotor?

Anda mungkin menganggap talenan sudah bersih. Padahal, penampakan talenan yang bersih belum tentu demikian bila dilihat secara mikroskopis. Sebab, bakteri pada talenan dapat berkumpul di guratan-guratan talenan plastik maupun kayu. Ini jelas membahayakan. Ketika bakteri sudah berkumpul cukup banyak, jangan kaget bila si kecil atau anggota keluarga tiba-tiba sakit.

Baca Juga:  Bahan Kimia Berbahaya pada Bahan Finishing Kayu yang Perlu Diwaspadai

Untuk itu, pembersihan konvensional saja jelas tidak cukup. Gunakanlah produk perawatan untuk talenan yang Anda pakai. Untuk talenan kayu, manfaatkanlah poles kayu berbahan alami yang bersifat water resistance seperti Biopolish Interior. Selain dapat membuat talenan lebih tahan air sehingga tidak lembab, bahan tersebut juga aman (food grade) dan dapat membuat talenan tampak cantik seperti baru lagi. Aplikasinya pun mudah karena cukup diterapkan sekali setiap 2 minggu saja. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan talenan plastik, sebaiknya lakukan pula perawatan rutin dengan produk khusus. Bila guratan pada talenan terlalu banyak, ganti saja talenan tersebut. Berbeda dengan talenan kayu, guratan pada talenan plastik lebih rentan menyebabkan penyakit karena dekat permukaan namun sulit dibersihkan. (*)

Leave a Comment

Your email address will not be published.