Awas! Kursi Tamanmu Cepat Lapuk Karena Cuaca

kursi taman

Bagi kamu yang empunyai kursi taman di halaman rumah tentu sangat menyenangkan. Kamu bisa menghabiskan waktu luang dengan duduk di atas kursi taman di halaman rumah. Sambil merenungkan ide, gagasan, inspirasi, membaca buku, mendengarkan music, bahkan untuk berbincang bersama anggota keluarga kamu yang lainnya. Sambil merenung atau berbincang, berbagai macam makanan ringan bisa menjadi teman akrab.

Selain fungsi sosial untuk menikmati waktu senggang bersama keluarga, kursi taman juga memiliki fungsi estetis. Yaitu untuk memperindah taman atau halaman rumah kamu. Adanya kursi taman membuat halaman rumah menjadi lebih enak dipandang. Oleh karena itu banyak sekali bentuk dan model kursi taman yang dibuat untuk memenuhi fungsi ini.

kursi taman thamrin

kursi taman thamrin. sumber: https://www.satuharapan.com/read-detail/read/bangku-bangku-taman-untuk-warga-jakarta

Berikut ini adalah beberapa jenis kursi taman yang sering kita lihat seperti dikutip dari berbagai sumber.

  1. Kursi Taman Jati

Sesuai dengan namanya, kursi taman jati terbuat dari bahan kayu jati. Bentuknya seperti kursi biasa pada umunya, hanya saja ditempatkan di taman disertai dengan sebuah meja bundar di tengahnya. Kursi taman dari bahan kayu jati ini biasanya digunakan untuk keperluan pesta outdoor. Bahan kayu jati dipilih karena memiliki kualitas yang sangat bagus

  1. Kursi Taman Kayu

Sama dengan kursi taman jati, kursi taman kayu menggunakan bahan dasar kayu dalam pembuatannya. Hanya saja bukan dari bahan kayu jati. Sehingga harga kursi taman kayu lebih murah dibandingkan kursi taman jati. Berbeda dengan kursi taman jati yang bentuknya seperti kursi biasa, kursi taman kayu memili bentuk memanjang yang bisa memuat 3-4 orang sekaligus.

  1. Kursi Taman Rotan

Terbuat dari bahan rotan, kursi taman ini biasanya memiliki bentuk yang unik. Hal ini disebabkan karena material rotan lebih mudah untuk dibentuk. Materialnya ringan sehingga mudah dipindahkan. Meski demikian, kursi taman rotan sangat kuat untuk menopang bobot tubuh

  1. Kursi Taman Thamrin

Hampir sama dengan kursi taman kayu yang bentuknya memanjang, kursi taman thamrin dibuat dari bahan thamrin. Bahan thamrin sebagian besar terdapat pada pegangan, sandaran dan kaki-kaki kursi. Sedangkan bagian dudukan biasanya menggunakan potongan-potongan kayu yang telah dihaluskan

  1. Kursi Taman Besi

Kursi taman besi terbuat dari bahan dasar besi, terutama besi cor. Dibandingkan kursi berbahan kayu maupun thamrin, kursi taman dengan bahan besi lebih kuat dalam menopang tubuh. Alasan ini membuat kursi taman dengan bahan besi lebih banyak digemari di kalangan masyarakat umum.

  1. Kursi Taman Ayun

Seperti namanya, kursi taman ayun ini adalah kursi taman yang didesain sedemikian rupa seperti ayunan. Sehingga saat mendudukinya kamu bisa bersantai sambal mengayunkan kursi taman tersebut. Kursi taman jenis ini biasanya banyak ditemukan di kawasan taman bermain.

  1. Kursi Taman Semen

Kursi taman semen lebih banyak ditemukan di kawasan ruang terbuka hijau, kawasan sekolah, kawasan pusat kota. Berbeda dengan kursi taman dari kayu maupun logam, kursi taman semen lebih tahan terhadap cuacanya dan tahan terhadap benturan sehingga lebih awet.

Cuaca sebagai Musuh Kursi Taman

Sebagaimana namanya, kursi taman terletak di luar ruangan. Artinya, kursi taman bisa terkena berbagai macam dampak cuaca setiap harinya. Dampak dari cuaca tidak mengenal bahan kursi taman kamu. Baik kursi taman yang terbuat dari kayu jati, kayu biasa, maupun besi, semua bisa lapuk diterjang cuaca. Apalagi jika kamu kurang telaten dalam merawat kursi taman kamu.

kursi taman di luar ruangan

kursi taman di luar ruangan. sumber: http://seputarfurniture.com/tips-memilih-kursi-kayu-untuk-taman-di-halaman-rumah/

Indonesia sebagai negara yang terletak di kawasan tropis memiliki cuaca yang gampang sekali berubah. Pagi hari bisa saja cerah, menjelang siang mendung, sore hujan deras, malam dingin. Perubahan cuaca tersebut tentu menjadi kursi yang terletak di luar ruangan menjadi lebih cepat rusak. Bukan hanya kursi taman dengan bahan kayu, kursi taman dengan bahan logam dan semen sekalipun lama kelamaan akan rusak diterjang cuaca.

Saat musim hujan, kursi taman di luar ruangan akan sering terkena air. Untuk kursi taman dengan bahan kayu, air membuat kayu menjadi lebih cepat berjamur. Jamur ini lama kelamaan akan membuat kayu menjadi lapuk dan keropos. Sementara itu kursi taman dengan bahan logam akan cepat berkarat jika terus-terusan diguyur hujan.

Saat musim kemarau, sengatan matahari menyebabkan kursi taman di luar ruangan kering kerontang. Untuk kursi taman dengan bahan kayu, kelembaban kayu akan hilang dan kursi menjadi kering, retak, lalu pecah. Sedangkan kursi dengan bahan logam akan mengelupas dan kehilangan keindahannya.

Melindungi Kursi Taman dari Cuaca

Kamu tentu tidak menginginkan kursi taman yang seharusnya menjadi tempat kamu menghabiskan waktu luang justru tidak bisa digunakan karena sudah lapuk. Oleh karena itu penting untuk melakukan perawatan terhadap kursi taman yang kamu miliki. Ada beberapa langkah sederhana tetapi jika kamu rutin melakukannya akan berdampak bagus terhadap kursi taman.

  1. Membersihkan secara rutin. Pada musim hujan, setiap kali kursi taman terguyur hujan, kamu harus sesegera mungkin membersihkan sisa-sisa air hujan yang menempel pada kursi. Hal ini untuk menghindari kursi taman yang terbuat dari bahan kayu menjadi berjamur dan lapuk.
  2. Mengoleskan minyak kayu. Kamu harus memastikan bahwa minyak kayu yang dioleskan pada kursi taman cocok dengan bahan kayu yang digunakan. Mengoleskan minyak kayu bertujuan untuk melindungi kayu dari pelapukan baik karena cuaca maupun karena rayap dan jamur.
  3. Mengoleskan cat kayu. Agar kursi taman kamu terlihat seperti baru lagi, sesekali kursi taman perlu dicat ulang. Mengecat ulang bisa dilakukan dengan warna yang berbeda sesuai selera sehingga tampilan kursi semakin indah.

Biopolish Natural Oil Minyak Kayu Berkualitas untuk Melindungi Kursi Taman

Biopolish Natural Oil merupakan cairan berkualitas yang dibuat khusus menggunakan formula alami. Cocok untuk diaplikasikan baik di dalam atau di luar ruangan. Berbagai jenis kayu juga bisa diolesi dengan minyak satu ini, seperti kayu jati asli, kayu jati belanda, kayu mahoni, dan lain-lain. Dengan mengolesi kursi taman kamu menggunakan Bioplosih Natural Oil, bahan ini sanggup meresap ke permukaan dalam kayu yang membuatnya terlihat baru dan terawat.

Biopolish Natural Oil dibuat dari bahan-bahan alami dan menjadi minyak yang serba guna baik untuk finishing maupun perawatan. Minyak ini terbuat dari mineral oil bermanfaat untuk menambah keindahan dan keawetan furniture kayu dengan cara pengaplikasikan yang mudah. Biopolish Natural Oil mempunyai fungsi utama memberikan kecerahan dan ketajaman kayu dengan alami, melindungi dari percikan air, dan mencegah datangnya organisme yang mengganggu.

Selain itu, Biopolish Natural Oil juga membuat kursi taman jadi tampak lebih alami dengan sifat natural look yang diberikan. Produk ini juga mudah untuk digunakan, yakni cukup dengan menggunakan dengan alat bantu berupa lap atau kuas. Pertama-tama kamu harus memastikan bahwa permukaan kayu yang hendak kamu lapisi dengan Biopolish Natural Oil tersebut bersih dan halus, jika masih belum bersih cobalah untuk mengelapnya terlebih dahulu. Setelah itu, lakukanlah langkah-langkah berikut:

  1. Untuk membuat permukaan kayu lebih halus, ambilah amplas dan lakukan pengampelasan dengan menggunakan amplas halus.
  2. Oleskan Biopolish Natural Oil secara merata ke seluruh permukaan.
  3. Tunggulah hingga Biopolish Natural Oil menyerap pada substrat kayu dengan mendiamkannya selama beberapa waktu hingga mengering. Sekitar 10 hingga 15menit.
  4. Tunggu hingga hasilnya sesuai dengan yang kamu inginkan dan lap ulang untuk polesan terakhir menggunakan lap bersih.

Untuk mendapatkan produk Biopolish Natural Oil bisa menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Selain itu, tersedia juga di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi reseller terdekat di kota anda atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.