kitchenware dan peralatan dapur yang food grade

Ini dia Pilihan Bahan Finishing Kitchenware Kayu Oil Based yang Terjamin Food Grade

Bahan finishing kayu memiliki peranan penting dalam proses finishing, terutama finishing produk kitchenware yang erat dengan bahan makanan. Jika bahan finishing tidak dipilih dengan tepat, makanan bisa terkontaminasi senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Khusus untuk kitchenware kayu, ada beberapa alternatif bahan finishing sekaligus bahan untuk perawatannya. Nama bahan finishing kayu oil based biasanya adalah bahan finishing yang paling umum digunakan.

Pertanyaan pentingnya adalah, apakah bahan finishing tersebut masuk dalam kategori food grade? Apa saja produk oil based food grade yang bisa digunakan?

kitchenware dan kitchen utensil
wooden kitchenware

Apa Itu Bahan Finishing Kayu Oil Based?

Bahan finishing kayu dibagi sesuai dengan bahan pelarutnya, bahan pembuatanya, atau hasilnya. Bahan finishing kayu oil based adalah jenis bahan finishing menggunakan minyak alami yang memberikan hasil finishing tanpa perlu lapisan coating.

Hal ini disebabkan karena cara finishing kayu dari bahan oil based ini bisa langsung dioleskan ke permukaan kayu. Nantinya bahan finishing akan meresap ke dalam pori dan memberikan tampilan basah.

Perlindungan yang diberikan langsung dari dalam pori ketika bahan sudah meresap. Perlindungan ini bisa untuk mencegah jamur dan rayap yang akan merusak kayu. Karena alami dan tidak memberikan lapisan coating pada kitchenware kayu, oleh karena itu bahan finishing ini cepat terkikis jika sering digunakan. 

Jadi, Anda harus sering mengaplikasikan bahan finishing oil based sehingga kayu bisa tetap terjaga, khususnya kitchenware yang kerap kali dicuci dengan sabun.

Jenis bahan finishing kayu oil based di pasaran tersedia dalam banyak merek. Nah, untuk kitchenware ini, Anda perlu memilih produk yang tepat. Jangan sampai bahan finishingnya justru mengandung senyawa kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

Bahan Finishing Kayu Oil Based Food Grade

Ada beberapa produk finishing oil based yang aplikasinya dengan cara dipoles agar meresap ke pori kayu. Namun, beberapa produk tidak dibuat dengan tujuan khusus untuk melindungi peralatan makan dari kayu.

Misalnya teak oil, yang diciptakan khusus untuk memberikan lapisan pada perabotan kayu. Teak oil akan bekerja memberikan lapisan antiair dan kelembapan dari bagian dalam substrat kayu.

Lalu, adakah bahan finishing kayu oil based yang bisa digunakan untuk kitchenware? Jawabannya ada, Biopolish Natural Oil. Berbeda dengan teak oil, bahan ini dapat digunakan untuk furniture kayu sekaligus kitchenware.

Produk untuk finishing food grade artinya bahan yang bisa digunakan untuk produk yang bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman. Bahan finishing ini tidak beracun dan aman untuk makanan.

Tidak ada perubahan rasa dan kualitas makanan ketika bahan bersentuhan langsung dengan bahan makanan. Tidak ada gangguan kesehatan yang nantinya muncul setelah menggunakan Biopolish Natural Oil.

Keunggulan Biopolish Natural oil untuk Finshing Kitchenware

Selain food grade, ada beberapa kelebihan lain dari Biopolish Natural Oil sebagai berikut ini.

1. Meningkatkan keindahan kayu

Bahan finishing Biopolish Natural Oil berfungsi untuk meningkatkan keindahan alami dari kayu. Di sinilah fungsi Biopolish, salah satunya untuk memperindah penampilannya kitchenware.

Mengaplikasikan Biopolish Natural Oil akan membuat tampilan warna kithenware Anda di rumah menjadi lebih cerah dan juga tajam. Serat kayu akan tampak indah.

2. Melindungi substrat kayu dari air 

Kelemahan utama kayu adalah ketika terkena air, karena air dan kelembapan akan memicu tumbuhnya jamur. Jamur akan membuat kerusakan seperti substrat kayu yang menjadi keropos.

Finishing kitchenware dengan Biopolish Natural Oil merupakan langkah untuk mencegah kerusakan yang ditimbulkan air. Setelah diaplikasikan, substrat kayu akan menjadi water repellent (efek daun talas).

3. Mencegah masuknya organisme pembusuk 

Fungsi lainnya adalah untuk menjaga agar organisme pembusuk seperti rayap tidak masuk ke pori kayu dan membuat sarang. Kayu adalah makanan utama rayap, apalagi jenis kayu lunak.

Padahal, sebagian besar kitchenware memanfaatkan kayu lunak seperti mahoni, di mana material kayu ini merupakan sasaran utama organisme pembusuk. Memberikan Biopolish Natural Oil pada kayu mahoni (misalnya) akan memberikan perlindungan dari serangan organisme pembusuk.

Hanya dengan menggunakan bahan finishing kayuini Anda akan mendapatkan tampilan kitchenware lebih baru dan tahan lama. Anda pun tidak perlu khawatir keracunan atau masalah lainnya.

Cara menggunakan Biopolish Natural Oil untuk perawatan kitchenware 

Biopolish Natural Oil

Cara finishing kayu naturaldengan produk Biopolish Natural Oiltidak membutuhkan terlalu banyak peralatan. Anda hanya membutuhkan kain untuk mengaplikasikannya.

Tidak perlu menggunakan alat semprot seperti halnya ketika Anda mengaplikasikan pernis atau cat. Proses perawatan kitchenware sebaiknya dilakukan sesering mungkin sekitar satu atau satu setengah bulan sekali.

Jika Anda menggunakan kitchenware kayu setiap hari, akan lebih baik jika mengaplikasikan bahan finishing kayu Biopolish Natural Oil secara rutin. Berikut ini beberapa langkah-langkah saat melakukan perawatan.

1. Mempersiapkan kitchenware

Langkah pertama adalah dengan dengan mencuci dan mengeringkan. Tujuannya adalah menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada kitchenware.

Anda tidak perlu menggunakan ampelas, cukup mengeringkan permukaannya dengan kain yang bersih saja.

2. Tuangkan Biopolish Natural Oil

Ketika kitchenware sudah bersih, Anda bisa langsung menuangkan Biopolish Natural Oil pada permukaan kitchenware. Tuang sedikit saja agar lebih mudah diratakan.

3. Gosok lembut permukaan kitchenware 

Anda bisa langsung meratakan bahan finishing dan menggosoknya. Tujuannya agar bahan meresap ke dalam pori kayu.

Anda bisa menggosok sampai tampilan kitchenware menjadi mengkilap. Jangan biarkan Biopolish Natural Oil yang sudah diaplikasikan terasa lengket di permukaan kitchenware.

Usai langkah ketiga ini, artinya Anda berhasil melakukan perawatan dengan benar. Anda tinggal mengulangi sesuai dengan interval waktu yang dibutuhkan.

Kegunaan Biopolish Natural Oil untuk perawatan

Penggunaan Biopolish Natural Oil tidak terbatas untuk kitchenware saja. Anda yang ingin melakukan finishing dan perawatan jenis olahan kayu lainnya juga bisa menggunakannya.

Apa saja manfaat yang Anda peroleh dari penggunaan bahan finishing kayu Biopolish Natural Oil?

1. Perawatan furniture indoor dan outdoor 

Anda yang memiliki perabotan kayu indoor atau outdoor kini bisa merasa aman karena perawatan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan Biopolish Natural Oil.

Furnitur kayu indoor dan outdoor membutuhkan perawatan rutin ketika tidak dilapisi dengan pernis. Biopolish Natural Oil mampu memberikan perlindungan yang dibutuhkan furnitur.

2. Perawatan kerajinan kayu 

Jika Anda produsen kerajinan kayu, Anda juga pasti membutuhkan bahan finishing satu ini agar tampilan natural kerajinan Anda terlihat lebih menarik. Produk ini akan membuat kerajinan tidak tampak seperti dicat dan tetap mendapatkan perlindungan.

Warna kayu akan tetap bertahan tanpa takut memudar setelah melalui waktu tertentu.

3. Finishing perabotan kayu

Anda juga bisa menggunakan Biopolish Natural Oil untuk finishing perabotan kayu menggantikan pernis, namun dengan hasil warna yang tetap natural.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan memberikan lapisan sanding sealer terlebih dahulu pada furnitur. Setelah itu oleskan Biopolish Natural Oil di atas lapisan sanding sealer tersebut.

Banyak pengrajin kayu atau para DIY yang menggunakan produk ini di rumah. Sekarang, giliran Anda menggunakannya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *