Beeswax Wood Stain, Multifungsi namun Kurang Aman

Beeswax wood stain adalah salah satu bahan semir kayu atau polishing yang multifungsi. Beeswax wood stain dapat memberikan manfaat ganda saat diaplikasikan pada berbagai jenis produk kayu. Sifat ini dikarenakan beeswax wood stain pada dasarnya merupakan beeswax wood polish yang dicampur dengan bahan pewarna. Dengan demikian, produk ini bukan hanya memiliki fungsi yang sangat efektif dalam hal perlindungan dan perawatan kayu, akan tetapi juga bisa membuat tampilan kayu jauh lebih menarik dan variatif.

Mengenal Wood Stain dan Jenis Kandungan Wood Stain dalam Beeswax Wood Stain

Pada dasarnya, wood stain memiliki komposisi yang sama dengan cat. Wood stain terdiri atas pigmen, pengikat atau binder, dan pelarut. Pada beeswax wood stain, juga terdapat beeswax dengan tambahan vegetable oil seperti linseed oil dan wood oil. Wood stain dibuat untuk memberikan efek pewarnaan pada produk-produk kayu, meskipun efek pewarnaannya tidak terlalu kuat. Hal ini disebabkan jumlah pengikat pada wood stain lebih sedikit. Akibatnya, sebagian besar pengikat akan banyak berada di dasar sedangkan sebagian besar pigmen berada di bagian permukaan. Jenis bahan pewarna pada beeswax wood stain sendiri hingga hari ini masih sangat terbatas. Pewarna yang bisa digunakan antara lain adalah pigmen mineral seperti kobalt dan timbal yang sifatnya toksik bila disediakan dalam kadar tinggi.

Solusi Alternatif Mengganti Beeswax Wood Stain

Kepraktisan beeswax wood stain memang tak perlu diragukan lagi. Namun demikian, efek toksiksitas bahan ini jelas perlu diwaspadai. Apalagi, kandungan di dalamnya seperti timbal, kobalt, dan silika dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Anak-anak yang terkena paparan zat toksik ini terancam resiko meninggal bila paparannya sangat buruk dan kondisi anak kurang baik. Untuk mengatasi permasalahan ini, sebaiknya konsumen mengaplikasikan wood stain tersendiri sebelum akhirnya dipolish dengan beeswax wood stain. Cara ini terbilang jauh lebih aman karena banyak pilihan bahan-bahan wood stain yang tidak toksik.

Biopolish Exterior

Bioindustries menyediakan wood stain yang sangat aman digunakan. Produk-produk wood stain dari Bioindustries antara lain adalah BioColours® Bioduco Solid Stain dan BioColours® Wood Stain Outdoor (WSO). Masing-masing jenis wood stain yang diproduksi Bioindustries memiliki fungsi spesifik dan sangat aman digunakan. Selain itu, Bioindustries juga menyediakan bahan polishing yang dapat diaplikasikan setelah proses pewarnaan dengan wood stain, yakni Biopolish® Beeswax pasta dan Biopolish®- Linseed oil. Proses pewarnaan dan penyemiran dengan kedua bahan tersebut dapat menggantikan beeswax wood stain yang hingga hari ini memang masih tidak aman untuk digunakan.

Artikel "Knowledge"

Ikuti Kami Social Media

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.