Cara Menyimpan Tas Kulit agar Tidak Cepat Rusak

Apakah kamu termasuk pengguna tas kulit?

Kalau iya, kamu pasti sudah paham bahwa menggunakan tas kulit tidak hanya sekedar bergaya saja. Tetapi ada aspek perawatan rutin yang harus dilakukan agar tas kulit tetap bagus dan tidak cepat rusak.

Tas dengan bahan kulit sudah terkenal sebagai tas yang memiliki daya tahan lama. Apalagi jika tas kulit dirawat dengan baik. Jangka waktu pemakainnya bisa lebih dari 5 tahun. Oleh karena itu, menggunakan tas kulit tidak boleh hanya menggunakan saja. Harus siap juga dengan perawatan rutin yang dilakukan.

 

Masalah yang Muncul pada Tas Kulit

Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Kondisi ini sebenarnya kurang ideal untuk aksesoris dan fashion dari bahan kulit. penyebabnya adalah bahan kulit sangat mudah terserang jamur jika dalam kondisi lembab yang tinggi.

Jamur merupakan salah satu musuh utama bagi tas kulit. jika tidak berhati-hati, kamu bisa saja mendapati tas kulit kamu sudah berjamur tanpa kamu sadari. Oleh karena itu pastikan tas kulit kamu disimpan di tempat yang tepat.

Selain jamur masalah lain yang sering muncul pada tas kulit adalah permukaan kulit yang retak. Berbeda dengan masalah jamur yang muncul karena tas berada di tempat yang terlalu lembab, permukaan tas kulit bisa menjadi retak karena kulit kehilangan kelembaban. Kondisi ini bisa terjadi jika tas kulit terlalu sering terpapar sinar matahari langsung tanpa disertai dengan perawatan.

Tas kulit yang sudah retak jika tidak segera ditangani dengan baik akan mengelupas. Jika sudah mengelupas itu artinya permukaan tas kulit kamu sudah sangat parah sekali kerusakannya. Tas kulit yang sudah mengelupas sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Tas kulit yang terkenal karena awet pun menjadi tidak berlaku lagi jika sudah seperti ini.

Baca Juga:  Lima Tas Kulit Wanita Terpopuler Sepanjang Masa

Jika kamu tidak mau tas kulit kamu mengalami masalah-masalah tersebut, lakukan perawatan dengan rutin. Berikut ini beberapa cara untuk merawat tas kulit kamu agar tetap awet dan tidak cepat rusak.

 

Merawat Tas Kulit Agar tidak Cepat Rusak

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat tas kulit kamu agar tidak cepat rusak. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Menjaga Kelembaban

Sebagaimana sudah disebutkan tadi, salah satu masalah utama dari tas kulit adalah munculnya jamur akibat dari kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu kamu harus bisa menjaga kelembaban tas kulit kamu.

Kamu bisa menggunakan alat penyerap kelembaban agar tas kulit berada dalam kondisi yang pas. Sehingga tidak terserang oleh jamur.

  1. Membersihkan rutin

Kadang-kadang tas kulit menjadi kotor karena terkena debu atau noda. Saat kamu menggunakan tas kulit untuk kegiatan sehari-hari debu jalanan tentu akan menempel di tas. Debu ini meskipun terlihat sepele jika tidak rutin dibersihkan akan merusak tas kulit kamu.

Membersihkan tas kulit dari debu dan noda cukup gampang. Kamu bisa menggunakan kain lap atau sikat halus. Untuk debu, kamu bisa langsung usapkan lap atau sikat halus tersebut ke seluruh permukaan tas kulit kamu. Sedangkan untuk membersihkan noda, kamu bisa memberikan sedikit air pada lap atau sikat, lalu usapkan pada noda yang menempel di tas.

Ingat, jangan pernah mencuci tas kulit kamu dengan air deterjen atau di mesin cuci. Kandungan deterjen yang keras dapat membuat tas kulit kamu menjadi kering. Selain itu, jangan menjemur tas di bawah sinar matahari langsung karena itu dapat merusak kelembaban tas kulit kamu.

  1. Menggunakan lotion khusus
Baca Juga:  Menghilangkan Jamur Pada Jaket Kulit Dengan Biopolish Leather Care

Selain dibersihkan secara rutin, tas kulit juga perlu mendapatkan perawatan rutin dengan poles atau lotion khusus. Poles khusus untuk produk fashion dari bahan kulit sudah tersedia banyak. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Nah, salah satu produk poles bahan kulit yang terbaik adalah produk Biopolish Leather Care.

 

Cara Menyimpan Tas Kulit agar Tidak Cepat Rusak

Ingat bahwa salah satu bentuk perawatan tas kulit agar tidak cepat rusak adalah dengan menjaga kelembaban tas kulit. kelembaban ini biasanya identik dengan tempat penyimpanan tas. Menyimpan tas kulit memang tidak bisa sembarangan. Kamu harus mengikuti beberapa cara menyimpan tas kulit agar tidak cepat rusak di bawah ini:

  1. Simpan di tempat dengan sirkulasi udara yang baik

Tempat menyimpan dengan sirkulasi udara yang baik akan menjaga tingkat kelembaban tetap stabil sehingga tas kulit tidak gampang berjamur.

  1. Jauhkan dari tempat lembab

Jangan menyimpan tas kulit di dalam lemari tertutup karena tempat tertutup akan membuat kondisi tempat penyimpanan menjadi lembab. Simpan lah di tempat terbuka dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

  1. Hindarkan dari sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung dapat merusak permukaan tas kulit. Jauh dari sinar matahari langsung saat menyimpan tas.

  1. Gunakan buble wrap

Setelah digunakan, keluarkan semua barang dari dalam tas, kemudian isi tas kulit kamu dengan buble wrap agar bentuknya tetap terjaga. Posisi ini dapat membuat tas terhindar dari keriput yang muncul pada lipatan-lipatan tas. .

  1. Gunakan baking soda

Jika kamu bermaksud menyimpan tas kulit kamu dalam jangka waktu yang lama, masukan tas ke dalam dust bag, kemudian taburkan baking soda ke dalam dust bag itu. Baking soda dipercaya dapat menghindarkan tas kulit dari bau tak sedap saat lama tak digunakan.

Baca Juga:  Semir Sepatu Kulit Terbaik dari Biopolish

Perawatan Rutin Tas Kulit dengan Biopolish Leather Care

Bagi kamu yang ingin menambahkan perawatan dengan cara mengoleskan lotion khusus untuk produk fashin dari bahan kulit. Yaitu Biopolish Leather Care.

Kegunaan Biopolish Leather Care untuk merawat kerajinan bahan kulit atau leather goods. Baik bahan kulit asli dari binatang ataupun bahan kulit imitasi. Biopolish leather care dapat digunakan baik untuk jaket kulit, tas, dompet, sepatu kulit, jok mobil dan lain-lainya.

Biopolish Leather Care mampu menguatkan dan menajamkan warna alami bahan kulit. biopolish sangat tepat diaplikasikan  untuk mengatasi tas kulit yang telah kusam warnanya.

Tak hanya itu, Biopolish Leather Care juga melembutkan, melenturkan, dan mencegah paparan sinar matahari merusak tekstur bahan kulit. Biopolish Leather Care berfungsi untuk melenturkan, melembutkan dan juga membersihkan bahan kulit.

Kamu bisa mendapatkan dengan mudah produk Biopolish Leather Care untuk finishing maupun perawatan kursi minimalis kamu. Caranya adalah dengan menghubungi reseller yang tersebar dikota-kota besar di seluruh Indonesia.

Selain itu, produk Biopolish Leather Care tersedia di beberapa marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain. Jika penasaran dan ingin bertanya tentang produk ini, informasi lebih lanjut silahkan hubungi reseller terdekat di kota kamu atau hubungi nomor whatsapp di 081225784920.