Cara Merawat Furniture Kayu Jati Agar Warna Tetap Tajam dan Kinclong

Furniture kayu jati mempunyai prestise-nya sendiri, banyak orang menginginkannya sebagai koleksi. Tak hanya untuk keperluan praktis, tapi juga seni. Semakin berumur lama dan terawat, furniture bisa tampil sangat menarik, enak dipandang, adem ketika dipegang, serta kokoh menghadapi perubahan cauca. Untuk mencapai hal ini diperlukan cara merawat furniture kayu jati yang tepat. Banyak rumah memiliki furniture jenis kayu jati dan berbagai cara pun dilakukan untuk melakukan perawatan yang benar.

Keunggulan kayu jati lainnya adalah tidak berubah bentuk dan tidak cepat rusak. Meskipun musim yang ekstrim terkadang melanda kota dan provinsi, baik musim hujan dan kemarau, jika furniture diletakkan dan diposisikan secara benar pasti akan awet. Usianya bisa mencapai ratusan tahun, semisal kayu jati pendem yang memiliki umur hingga 10 dekade alias seratus tahun. Cara merawat furniture kayu jati pun disesuaikan dengan jenis kayu bahkan dilihat dari umurnya agar sesuai secara maintenance.

Sebenarnya meski perabot kayu jati memiliki nilai ekonomi yang tinggi, biaya perawatan tak membutuhkan kocek yang begitu tebal. Jika kotorannya cukup sederhana, kamu tinggal mengambil lap bersih yang dicelupkan ke air dan digosok hingga kotoran hilang tanpa melukai permukaan. Ketika sudah selesai, gosong ulang menggunakan kain lap yang bersih. Cara merawat furniture kayu jati ini merupakan cara yang umum. Ada pula maintenance lain yang lebih menyeluruh dan kinclong menggunakan bahan-bahan khusus, semisal produk dari Biopolish.

Bahkan ketika kamu tergolong dalam pribadi orang-orang yang memiliki karakter semarak dan ramai, perabotan kayu jati tak akan mengganggu perabotan lain kok. Furniture kayu jati bisa friendly dengan berbagai jenis dekorasi ruangan. Bisa cocok dengan berbagai material kaca, kain, kertas, dan lain-lainnya. Bahkan perabot kayu kati bisa menambah indah ruangan sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Sayangnya butuh cara merawat furniture kayu jati khusus semisal biar perabot tak diserang dengan jamur hingga binatang-binatang nakal yang bisa merusak kehalusan kayu. Untuk maintenance lanjutan pula, jangan lupa untuk melindungi permukaan kayu dengan material khusus seperti kain, karpet, alas meja, dan lain-lain.

Merawat Warna Furniture Kayu Jati

Karakteristik kayu jati tentu berbeda dengan kayu jenis lainnya. Hal ini bisa dilihat dari warna dan serat kayu jati. Serat biasanya akan terlihat gelombang-gelombang halus bergaris yang membentuk spiral, lingkaran, atau garis melengkung dan lurus yang random. Teknik agar serat kelihatan memiliki citra yang menonjol diperlukan cara merawat furniture kayu jati yang sesuai. Untuk warnanya sendiri, semakin tua biasanya akan semakin gelap, coklat tua hingga hitam. Semakin tua, furniture kayu jati akan lebih bernilai ekonomis (lebih mahal). Ini menjadi pertimbangan beberapa orang juga ketika hendak membelinya.

Untuk menjaga kualitas warna furniture kayu jati agar terjaga kualitasnya, produk-produk Biopolish dapat digunakan untuk merawatnya. Misal untuk cara merawat furniture kayu jati yang merupakan peralatan makanan dari kayu, bisa kamu gunakan Biopolish Beeswax. Produk ini sangat tepat untuk digunakan di beberapa media khususnya bagi perawatan wooden kitchen ware. Biopolish Beeswax membuat peralatan makan jadi aman, karena produk ini dibuat khusus tanpa ada campuran zat kimia berbahaya dalam pembuatannya. Seperti minyak khusus, kandungan antiseptik, antri sinar UV, hingga water  resistance yang aman. Bahan ini tentu bisa mencegah masalah-masalah yang diakibatkan karena jamur, air, serta sinar matahari.

Biopolsih Beeswax juga berkasiat tinggi dalam menambah ketajaman warna kayu. Cara merawat furniture kayu yang diformulasikan menggunakan Biopolish Beeswax merawat dan menjaga ketahanan warna karena adanya proses alami, yaitu oksidasi. Oksidasi terjadi karena akibat bersentuhan dengan oksigen hingga paparan sinar matahari. Selain itu Biopolish Beeswax merupakan produk yang tak akan berpengaruh pada bau serta rasa peralatan makan. Sertifikat standar food grade juga telah dikantongi untuk mejamin keamanan produk. Ketika menggunakan produk ini, makanan yang diletakkan pada perabotan yang dirawat dengan Biopolish Beeswax akan tetap aman. Menggunakan Biopolish Beeswax juga bisa membuat warna asli dari perabot kayu jadi tambah cerah seperti sedia kala.

Untuk menjaga warna kayu jadi tetap seperti sedia kala, jangan lupa pula untuk menepatkan furniture kayu jati secara tepat. Akan percuma jika warnanya sangat indah tapi kamu meletakkan di tempat yang salah. Penempatan yang benar ini menjadi bagian cari cara merawat furniture kayu jati yang bisa kamu aplikasikan. Pilihlah tempat yang tidak telalu panas dan terhindar dari sinar matahari secara langsung. Sebab sinar matahari memiliki peran besar membuat perabotan kayu jati jadi tambah kusam sebagaimana kulit manusia yang cepat kusam ketika terkena sinar matahari yang cukup lama. Selain itu sinar matahari bisa membuat warna perabotan kayu jati jadi memudar.

Merawat Warna Furniture Kayu Jati dengan Oil Serbaguna

Jika kamu bingung bagaimana melakukan cara merawat furniture kayu jati khususnya untuk perabotan yang kusam, kamu bisa menggunakan oil serbaguna Biopolish Natural Oil. Produk ini aman digunakan baik untuk produk kayu jati sebagai interior maupun eksterior. Produk ini diformulasikan khusus pula untuk pemoles perabotan kayu jati secara rutin, efeknya sebagaimana ketika kamu mengaplikasikan varnish kayu (pelitur) ke permukaan.

Tak hanya itu Biopolish Natural Oil juga cocok jika kamu ingin membuat kesan warna yang natural look bagi perabotan favoritmu. Cara pengaplikasiannya pun sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Tinggal sedikan lap, lalu gosok hingga merata. Setelah produk meresap ke dalam substrat dalam kayu secara sempurna, hasil tak akan mengecewakan. Kayu akan lebih terlihat eksotis sebagaimana awal membeli. Cocok pula karena produk ini tidak meninggalkan lapisan film pada kayu yang dianggap mengganggu. Cara merawat furniture kayu jati menggunakan Biopolish Natural Oil bisa kamu aplikasikan secara berkala, di samping kamu merawatnya secara teratur.

Nah, meskipun furniture yang kamu miliki terletak di tempat yang cukup lembap semisal ruangan ber-air conditioner (AC), kamu tetap bisa melakukan cara merawat furniture kayu jati yang maksimal. Meski tak bisa dipungkiri ruangan AC bisa memudahkan perabotan terkena udara yang membuat kayu jadi dingin dan suhunya menyusut. Jangan ragu untuk membersihkan debu dan kotoran yang menyelimutinya menggunakan sulak (kemoceng). Gunakan lap yang halus juga, meski hindari menggunakan lap yang terbuat dari silokon karena strukturnya yang cukup berbeda bisa membuat permukaan kayu jadi lecet. Jika sudah lecet maka warnanya pun akan jadi rusak.

Untuk menambah kesan warna baru pula dalam membersihkan, kamu dapat menerapkan cara merawat furniture kayu jati berikut ini: gunakanlah kuas dan sikat. Fungsi dari dua alat serbaguna ini adalah bisa digunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Semisal untuk perabot kayu jati khusus yang memiliki banyak celah. Semisal pada ukiran lemari, buffet, hingga tempat tidur. Bersihkanlah menggunakan dengan kuas secara tekun. Caranya cukup mudah seperti halnya kamu sedang menyapu, tapi menyapu di permukaan kayu jati.

Artikel "Finishing & Perawatan Furniture"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.