Cara Mudah Finishing Food Grade Kayu Jati Belanda dengan biopolish

Kayu jati belanda terkenal memiliki serat dan tektur yang unik. Selian itu kayu jati belanda juga mudah untuk dibuat menjadi beragam furniture. Kayu jati belanda juga banyak digunakan sebagai perlengkapan untuk makan mulai dari piring, mangkok , sendok , spatula dan lain lainya. Salah satu kendala yang  biasanya dialami dalam finishing kayu jati belanda adalah warnanya yang mudah kusam dan juga gampang terserang jamur. Apalagi jika dibuat menjadi perlengkapan makan tentunya harus menggunakan finishing yang food grade. Finishing food grade kayu jati belanda  bisa dilakukan dengan menggunakan biopolish beeswax.

Finishing food grade kayu jati belanda ini membuat furnitu yang difinishing tetap aman untuk kontak langsung dengan makanan. Namun kayu jati belana sbelum di finishing harus benar benar diperhatikan kondisinya. Syaratnya kayu dalam kondisi kering dan telah di obati menggunakan obat anti jamur ataupun kumbang bubuk. Hal ini penting untuk dilakukan sebeum kayu jati belanda di finishing. Pasalnya  Kayu yang berwarna cerah ini sangat rentan terserang blue stain dan kumbang.

Finishing Food Grade Kayu Jati Belanda Dengan

Biopolish Beeswax

Kayu jati belanda memiliki pretreatmen yang harus di lakukan agar finishing pada kayu jati belanda berhasil maksimal. Pretreatment tersebut meliputi aplikasi insektisida, kemudian fungsiisda dan dilakukan penyeragaman warna. Setelah warna seragam baruah kayu jati belanda di finishing.  Berbagi jenis pretreatne ini tentunya membuat kayu jati belanda mengandug bahan kimia dari insektisida maupun fungisida. Oleh karena itu penting untuk menutup lapisan kayu paling luar dengan finishing yang aman.

Finishing food grade kayu jati belanda bisa dilakukan dengan memberikan top coat water based food grade dari biocolour TC FA 714. Untuk aplikasi top coat sendiri, dilakukan step step sebagai berikut :

  • Setelah kayu kering aplikasikan sanding sealer untuk memudahkan mengamplas kayu
  • Kayu diamplas hingga halus
  • Kemudian aplikasikan top coat TC FA 714 baik dengan kuas atau spray
  • Biarkan hingga kering

finishing food grade kayu jati belanda

Langkah langkah Finishing food grade kayu jati belanda yang dipaprkan diatas belum lengkap dengan biopolish beeswax. Anda bisa tidak menggunakan top coat tetapi setelah diamplas menggunakan biopolish beeswax. Namun hasil kayu jati belanda yang dihasilkan warnanya akna Nampak lebih tua. Pasalnya  biopolish beeswax mampu menguatkan/menajamkan warna kayu menjadi lebih tajam. Untuk kayu jati belanda sendiri warna kayu akan Nampak lebih tua atau lebih coklat.

Berikut ini langkah finishing food grade kayu jati belanda dengan biopolish beewax :

  • Amplas kayu jati belanda hingga halus dan bersih
  • Pastikan bahwa kayu dalam kondisi kering, bersih dari debu, kotoran atau minyak dan noda lainya
  • Oleskan biopolish beeswax ddengan kain pada sleuruh bagian kayu
  • Diamkan hingga beberapa saat hingga biopolish meresap kedalam serat kayu
  • gosok bagian yang telah diaplikasikan biopolish dengan kain hingga terlihat bersih dan kilap

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *