Sedang Cari Sofa? 6 Bahan Sofa Yang Bagus Ini Patut Diperhitungkan

Mau beli sofa? Pertimbangkan jenis bahan pelapis sofa yang bagus terlebih dahulu. Jika anda belum tahu jenis jenis bahan sofa atau merk sofa apa saja yang bagus di pasaran, berikut ini kami beri rekomendasi untuk bahan sofa yang bagus serta modelnya baik minimalis atau sofa bed sesuai kebutuhan anda.

Sofa merupakan furniture yang kini wajib ada di dalam rumah. Namun kadang kita masih bingung akan memilih sofa seperti apa yang cocok dengan rumah serta budget yang kita miliki tentunya. Ada banyak sekali varian, model, motif hingga harga yang bervariasi dari sofa yang beredar di pasaran. Namun yang perlu anda perhatikan dengan baik saat membeli sofa adalah bagian upholstery atau kain pelapis sofa tersebut. Pasalnya akan berkaitan dengan daya tahan dan bagaimana mudah dibersihkan atau tidak.

Setidaknya ada 6 jenis bahan sofa terbaik di pasaran yang dapat anda gunakan sebagai pelapis. Berikut ini kami berikan penjelasan baik kekurangan dan kelebihan dari masing – masing jenis bahan sofa.

6 Jenis Bahan Sofa Yang Bagus Di Pasaran Indonesia

Aneka model, design dan merk sofa di jual di pasaran. Umumnya terdapat6 jenis bahan sofayang bagus. Setiap jenis bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing –masing. Berikut ini akan kami berikan ulasan masing- masing bahan. Silahkan tentukan pilihan bahan sofa yang paling bagus menurut anda.

  1. Bahan Katun
Bahan Sofa Yang Bagus

Jenis bahan sofa dari katun merupakan sofa yang umum di temukan dipasaran. Bahan ini sangat cook untuk jenis sofa untuk ruang keluarga atau ruang santai. Bahan katun memiiki kelebihan mudah di bersihkan, menyerap keringat dan nyaman untuk cuaca di indonesia yang tropis.

Model sofa dengan pelapis bahan kain katun hadir dengan beragam model. Namun biasanya yang banyak dijual menggunakan model kursi atau sofa dengan sandaran rendah. Material katun memiliki banyak motif dan warna yang sangat beragam. Mulai dari motif floral atau bunga hingga beragam motif lainya. rentang pilihan warnanya juga sangat banyak mulai dari warna pastel seperti warna cream, peach hingga warna warna bold atau tebal layaknya biru , hitam atau hijau.

Sayangnya bahan katun juga memiliki kekurangan tersendiri. Bahan katun memiliki kemampuan menyerap air dengan baik. Sehingga bahan katun akan mudah basah. Jadi sebisa mungkin hindarkan bahan katun pelapis sofa ini dari air. Selain itu kain katun juga rentan sobek. Apalagi jika anda memiliki hewan peliharaan atau anak anak.

  1. Bahan Kulit
Bahan Sofa Yang Bagus

Ada duajenis bahan kulityang digunakan untuk pelapis sofa. Bahan kulit sintetis atau kulit imitasi dan bahan kulit asli. Untuk bahan kulit umumnya banyak di gunakan untuk ruang tamu atau ruangan utama. Kesan yang di timbulkan dari foa kulit adalah elegan, mewah dan modern. Nuansa ini diciptakan sesuai dengan model dan warna dari sofa kulit sendiri.

Sofa kulit asli dikenal sebagai sofa dengan kualitas terbaik. Dengan harga yang mahal kesan mewah dan elegan memancar dari sofa kulit asli. Apalagi dengan pilihan warna coklat. Kesan mewah dan klasik kuat memancar dari sofa kulit asli kualitas premium seperti itu.

Design dan warna sofa kulit juga beragam. Baik sofa kulit sintetis ataupun asli. Pastikan sofa kulit tersebut memiliki dalaman isian yang nyaman untuk di duduki. Jika menggunakan isian dacron pastikan bahwa kualitas dacron yang terbaik agar tidak mudah kempes.

Bahan kulit memiliki kelebihan daya tahan yang baik terutama bahan kulit asli. Untuk kulit sintetis yang banyak di gunakan di pasaran dan memiliki kualitas yang bagus adalah bahan Oscar. Selain daya tahan yang bagus, warna dan ragam model sofa kulit juga sangat beragam.

Namun, bahan kulit baik asli atau sintetis juga memiliki kekurangan. Umumnya hal ini disebabkan karena daya tahan sofa kulit sintetis hanya beberapa tahun saja. Apalagi jika tidak dirawat dengan baik. Bahan sofa kulit mudah sekali rusak. Kerusakan awalnya muncul dari pelapis bahan kulit sintetisnya yang kaku sehingga akan mudah retak.

Kekurangan lain dari jenis sofa kulit adalah cara membersihkan atau mencucinya yang tidak dapat dilakukan sembarangan. Memelihara sofa kulit mahal tidak bisa di lakukan asal asalan. Oleh karena itu anda harus benar benar memperhatikan bagaimana perawatan sofa kulit asli yang benar agar sofa tidak mudah rusak.

Baca juga : Tips merawat sofa kulit lengkap

  1. Bahan Chenil
Bahan Sofa Yang Bagus

Bahan pelapis yang lembut dengan dudukan yang berisi busa terbaik membuat sofa pelapis chenis menjadi pilihan populer akhir akhir ini. Bahan chenille tekturnya sangat mirip dengan bahan curdory atau beludru yang lembut. Sejenis bahan suede yang bertekstur. Bahan chenille memiliki kelebihan tekstur bahan yang halus dan lembut. Pinggiran dari jenis bahan ini pada sofa juga banyak yang menggunakan teknik woven atau ditenun sehingga memberikan aksen yang unik.

Namun bahan chenille memiliki kekuerangan tidak tahan terhadap air serta sulit di bersihkan. Jadi ketika anda memiliki sofa dengan bahan ini sebaiknya berhati hati. Anda harus menjaga sofa dari noda yang menempel. Pasalnya cara mencuci jenis sofa chennil juga tidak bisa sembarangan. karena jika tidak dirawat dengan baik justru mudah rusak.

  1. Bahan Linen
Bahan Sofa Yang Bagus

Bahan linen sejenis bahan katun namun memiliki daya tahan yang lebih kuat. Umumnya bahan linen tampil dengan warna polos. Hal ini karena jenis bahan ini tidak dapat menyerap tinta dengan baik. Sehingga umumnya bernuansa polos. Layaknya bahan katun, pelapis sofa bahan linen juga bisa di lepas kemudian di cuci untuk dibersihkan.

Namun perawatan dari bahan linen ini ternyata tidak praktis. hindari membersihkan sofa dengan bahan kimia. Hal ini karena dapat menyebabkan permukaan sofa akan mudah mengelupas. Tak hanya itu, jangan gunakan hairdryer. Pasalnya panas dari hairdryer juga menyebabkan sofa ini mudah rusak.

  1. Bahan Nilon
Bahan Sofa Yang Bagus

Sofa bahan nilon banyak digunakan karena terkenal dengan lapisan bahan yang tahan air dan tidak mudah robek. Bahan nilon ini tegrolong jenis bahan katun sintetis. Bahan ini kurang populer digunakan karena akan terasa panas jika di gunakan terus menerus. Padahal sofa ini sangat mudah untuk di bersihkan saat kotor. Cukup di sikat dan dibersihkan dengan sampo atau detergen saja.

Memelihara dan menjaga kondisi sofa nilon juga tergolong cukup mudah. Bahan serat fiber dari nilon ini dapat menjadi penutup sofa yang bisa anda jadikan pilihan. Jika terasa panas anda bisa menggunakan bantal sofa yang diberi sarung kain lembut sehingga bisa digunakan sebagai alas saat duduk di sofa.

Bahan Sofa Yang Bagus

6. Bahan Polyester

Bahan polyester dikenal karena kekuatanya terhadap air. selain itu bahan ini juga dianggap lebih awet di bandingkan dengan bahan katun. Namun kadang bahan ini dikombinasikan dengan bahan katun atau dikenal dengan sebutan polyester sintetis. Bahan ini tergolong mudah dibersihkan. Anda dapat membersihkan bahan polyester dengan teknik dry cleaning. Sayangnya untuk membersihkan dengan teknik ini anda membutuhkan bantuan tukang reparasi sofa atau dry cleaning profesional. Sehingga anda harus mengeluarkan uang lebih untuk perawatan sofa.

Berbagai jenis bahan sofa yang bagus memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda sendiri yang menentukan sesuai budget dan selera. Namun pastikan bahwa sebagus dan semahal apapun jenis bahan sofa yang anda beli, jika tidak di rawat tentu akan mudah rusak. Oleh karena itu, rawatlah sofa kulit yang anda miliki jangan tunggu hingga rusak.

Tips Perawatan Berbagai Macam Bahan Sofa Agar Tidak Mudah Rusak

Bahan Sofa Yang Bagus

Sudah punya sofa model baru mahal dan bermerk, sayang malah kotor, tidak terawat atau tidak sengaja terkena goresan pulpen dan kotoran lainya?

Jika ini yang terjadi pastikan anda tahu bagaimana cara mengatasi noda atau kotoran yang menempel pada sofa. Daripada anda mengganti bahan pelapis sofa yang kotor dan masih bisa di usahakan untuk membersihkanya, tidak ada salahnya untuk mengatasi noda kotor tersebut sendiri.

Perawatan sofa sangat bergantung pada jenis bahan pelapis sofa itu sendiri. Sofa dengan pelapis bahan kain tentu berbeda perawatanya dengan sofa bahan kulit. masalah yang timbul dari berbagai jenis bahan pelapis sofa ini juga berbeda beda.

Sofa kulit rentan berjamur, sofa bahan kain atau sejenisnya juga sering terselip debu menumpuk pada bagian yang tersembunyi. Sofa bahan polyester atau nilon juga bisa kotor akibat tumpukan debu atau noda lainya yang terlihat layaknya daki.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi berbagai macam noda atau mencegah agar sofa tetap bersih dan nyaman di duduki ? simak tips perawatan sofa yang kami berikan di bawah ini:

  1. Kenali jenis bahan sofa terlebih dahulu
Bahan Sofa Yang Bagus

Mengenali jenis bahan pelapis sofa yang digunakan bermanfaat dalam menentukan perawatan selanjutnya. Pada tulisan artikel diatas telah kami singgung berbagai jenis bahan sofa serta penangananya. Jenis bahan pelapis kain berbeda cara mencucinya dengan bahan kulit begitupula sebaliknya.

  1. Jauhkan sofa dari koran atau majalah secara langsung

Mengapa perlu menjauhkan koran atau majalah dari sofa secara langsung? Hal ini terkait dengan tinta yang ada pada koran atau majalah tersebut. Tinta pada koran rawan berpindah pada bagian sofa tersebut. Bekas tinta tersebut dapat menempel pada bahan pelapis sofa sehingga sulit di bersihkan.

  1. Jauhkan sofa dari paparan cahaya matahari langsung atau sumber panas

Cahaya matahari atau sumber panas secara lansgung yang mengenai sofa dapat merusak tekstur sofa. Terutama sofa kulit baik sofa kulit sintetic atau kulit asli. Kedua jenis bahan kulit ini sangat mudah kaku dan keras akibat sumber panas. Oleh karena itu penting untuk merawat sofa kulit dengan menggunakan kondisioner khusus bahan kulit. untuk menjaga kelembapan dan kelenturan sofa kulit itu sendiri.

  1. Cuci atau bersihkan sofa sesuai dengan jenis bahan pelapisnya
Bahan Sofa Yang Bagus

Saat mencuci sofa sebaiknya perhatikan label pada sofa tersebut. Jika memang dapat dicuci sendiri menggunakan air, anda dapat melakukanya. Biasanya label pencucian terdapat pada bagian belakang sofa.

Hati hati juga saat mencuci kain pelapis sofa. Saat mencuci pelapis sofa bahan katun anda dapat merendamnya langsung didalam air. Namun hati hati jangan dicampur dengan kain yang lain terutama yang mudah luntur. Jika dicampurkan bisa jadi malah kelunturan dengan warna kain yang lainya.

Saat memilih pembersih untuk menghilangkan kotoran juga harus diperhatikan. Sofa kulit menggunakan pembersih khusus bukan detergen biasa yang untuk mencuci baju. Jangan asal menggunakan produk penghilang noda untuk sofa karena bisa mempengaruhi kualitas sofa itu sendiri.

Tips perawatan sofa tersebut dapat anda terapkan sendiri dirumah. Merawat lebih baik dibandingkan mengganti apalagi harus permak atau menggunakan jasa reparasi. Jika anda bisa menangani sendiri mengapa harus mengeluarkan biaya lebih. Beberapa jenis bahan sofa memiliki umur masing masing. Jika sofa anda bisa awet menjaganya mengapa anda harus ganti sofa lebih dini.

Sofa layaknya mebel yang ada dirumah lainya membutuhkan perawatan. Kadang perlu dibersihkan, di cuci atau hanya sekedar dibersihkan secara rutin dari debu dan kotoran. Namun merawat sofa secara benar dan rutin tidak ada salahnya. Menjaga aset dirumah dengan baik tentu akan menghemat kebutuhan dan menjaga rumah tetap nyaman huni.

Artikel "Knowledge"

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.