Ketahui 4 Alasan Mengapa Harga Kayu Jati Begitu Mahal

Apa yang menjadialasan mahalnya harga kayu jati? Terdapat setidaknya empat faktor mengapa kayu jati bisa dihargai lebih mahal dari berbagai jenis kayu lainnya. Yang jelas, karena harganya mahal, sebaiknya kita merawat produk dari jati dengan semaksimal mungkin menggunakan Biopolish Linseed Oil.

Kayu jati atau bisa disebut dengan nama teak wood memang terkenal harganya di pasaran yang melambung tinggi. Harga per papan kayu jati dapat puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Hal ini menyangkut biaya angkut, distribusi hingga kondisi serat dan usia dan kondisi kayu jati tersebut.

Apa Alasan Mahalnya Kayu Jati? Apa alasan mahalnya harga kayu jati?

Kayu jati sendiri termasuk dalam jenis kayu keras layaknya kayu kalimantan, bengkirai, meranti, ulin, mahoni dan lainya. Sehingga wajar jika harganya jauh diatas kayu kayu lunak layaknya kayu sengon atau jenis jati belanda atau palet yang beredar di pasaran.

Pohon Jatimerupakan jenis pohon penghasil kayu yang bermutu tinggi. Pohon jati memiliki karakter kayu yang keras dan arah pertumbuhannya punlurus. Karakteristik ini membuat kayu jati banyak dijadikan sebagai bahan untuk membuat furniture. Furnitureyang sering dibuat dari kayu jati misalnya adalah lemari, kursi, meja dan pintu.

Selain banyak digunakan untuk dijadikan beragam furniture, fakta lain yang tak bisa dipungkiri dan terkait dengan hal tersebut adalah mahalnya produk yang terbuat dari kayu jati dibanding produk yang terbuat dari kayu lain. Apa alasan mahalnya kayu jati? Selain karena kayunya keras dan arahnya lurus, masih terdapat beragam keunggulan kayu jati yang membuat harganya mahal.

4 Alasan Mahalnya Harga Kayu Jati

Apa alasan mahalnya harga kayu jati? Terutama jenis kayu jati asli atau jati perhutani yang telah berumur lama. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis jati emas atau jati kampung yang usianya tidak setua jati perhutani. Biasanya harga jati emas atau jati kampung lebih murah. Disamping itu semua pada dasarnya apa kelebihan dan kelemahan dari kayu jati sehingga membuat harganya mahal dipasaran?

Berikut ini akan dijelaskan empat alasan yang membuat harga kayu jati terutama jati tua atau jati perhutani begitu melonjak.

  1. Tingkat kekuatanKayu jati

Kayu jati terbukti sangat kuat dan juga tahan terhadap pengaruh cuaca seperti panas, sengatan matahari, dan hujan. Hal ini membuat kayu jati selalu dijadikanpilihan utama bagi industri-industri mebel. Kayu jati bisa digunakan untukfurniture indoormaupunoutdoor. Bagian bangunan yang menggunakan kayu seperti lantai kayu dan decking untuk teras atau dekat kola renang menjadi pilihan terbaik menggunakan kayu jati. Berbeda dengan jenis lantai kayu parket jenis kayu lainya yang tidak sekuat kayu jati.

  1. Tingkat keawetan kayu jati

Tingkat keawetan kayu jati sudah diakui di seluruh dunia. Keawetan ini ditunjukkan oleh banyak aspek yang terdapat pada kayu jati. Pertama, kayu jati tidak mudah lapuk. Kedua, kayu jati tidak mudah berubah bentuk oleh perubahan cuaca, walaupun ditempatkan di tempat yang lembab bahkan tanpa melalui proses pengawetan sekalipun. Dan yang ketiga, kayu ini tidak disukai oleh rayap atau serangga perusak kayu lainnya. Anda mungkin tak pernah memperhatikan, tapi bagi yang mempunyai perabot kayu jati di rumah, cobalah untuk memperhatikandi mana rayap biasanya bersarang di rumah Anda. Pada furniture dari jati atau dari jenis kayu lainnya?

  1. Tingkat Keindahankayu jati

Kayu jati memiliki nilai dekoratif yang sangat tinggi. Keindahan ini sangat unik dan tidak bisa dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Inilah yang membuat harga kayu jati sangat melonjak dari segi estetika. Dengan kehalusan tekstur dan keindahan warna kayunya, jati digolongkan sebagai kayu mewah. Oleh karena itu, jati banyak diolah menjadifurniture,kerajinan, panel, ukiran, bahkan untuk sekedar kusen pintu atau jendela dan anak tangga yang berkelas. Kayu jati selalu menjadi pilihan utama untuk memproduksi jenis produk yang berkualitas baik. Bila dirawat dengan baik, perabot jati juga tak akan pernah memudar keindahannya. Bahkan makin antik seiring dengan pertambahan usianya.

  1. Tingkat Kemudahan proses pengerjaankayu jati

kayu jati merupakan jenis kayu pertukangan yang sangat mudah diolah. Meskipun keras dan kuat, kayu jati mudah dipotong sertadikerjakan. Ini membuat kayu jati sangat disukai para pengrajin sekaligus membuat harga kayu jati menjadi naik. Setelah diampelas biasanya kayumemiliki permukaan yang licin dan seperti berminyak. Karena itulah kebanyakan pekerja atau tukang lebih suka mengerjakan kayu jati dari pada mengerjakan jenis kayu pertukangan lainnya seperti kayu akasia maupun kayu merbau

Itulah empat asalan mengapa hargakayu jatibisa mahal. Dengan fakta ini, seyogyanya kita bisa bersikap bijak ketika memiliki perabot dari jati di rumah. Misalnya, dengan merawat kayu jati agar kondisinya selalu menarik setiap saat.

Rawat Furniture Atau Mebel Kayu Jati agar Tidak Mudah Rusak

Mengelap Mebel Kayu Jati

Merawat kayu jati tidak harus membuat kayu ini mengkilap terus menerus. Ada kalanya jenis kayu ini di finishing dengan tidak mengkilap baik doff atau matte. Jika anda masih saja mengaplikasikan pengkilap untuk merawat kayu jati, sebaiknya hindari sejak saat ini.

Hal tersebut bisa merusak nilai estetika dari tema finishing yang di pilih. Selain itu hal tersebut juga tidak mengawetkan dan memperpanjang usia dari kayu jati itu sendiri. Menggunakan wax untuk kayu jati secara serampangan juga hanya mengurangi keindahan kayu. Apalagi jika anda salah memilih produk perawatanya. Bisa jadi yang terjadi justru kayu jati tampak tidak menarik.

Berikut ini kami berikan tips merawat furnitur kayu jati agar semakin antik dan menarik

  1. Letakkan mebel pada tempat yang teduh dan kering serta bersuhu normal. Jangan meletakkan mebel langsung dibawah sinar matahari atau tempat yang lembab
  2. Bersihkan secara rutin. Lakukan proses pembersihan dengan rutin, baik membersihkan debu, kotoran lainya. jangan biarkan kotoran tersebut kering dan keras sehingga ssulit untuk dibersihkan. Untuk membersihkan debu dari furniture sebaiknya nada cukup mengelapnya saja, tidak perlu menggunakan cairan khusus layaknya merk pledge yang beredar di pasaran. Jenis pembersih kimia seperti itu justru mengikis lapisan finishing yang diberikan pada furniture. Gunakan bahan alami untuk memberishkan furnitur.
  3. Gunakan air hangat untuk membersihkan kootran yang kering, terutama untuk bagian furniture yang tidak di finishing ataupun di vernish.peras lap sehingga hanya terasa lembab tidak basah untuk membersihkan kotoran yang menempel lama. Agar tidak banyak air yang masuk kedalam pori kayu
  4. Jangan lupa gunakan wax atau poles kayu bahan alami secara teratur guna menjaga tampilan dari furniture. Selain itu untuk menjaga lapisan coating dari furnitur itu sendiri agar tidak mudah hilang. Untuk furniture outdoor mengaplikasikan polish secara teratur juga memberikan manfaat untuk menjaga dari berbagai paparan yang merusak serta mengembalikan keindahan warna dari furniture jati tersebut.

Rekomendasi Produk Terbaik Berbahan Alami Untuk Wax Atau Poles Kayu Jati

Biopolish Linseed Oil

Untuk merawat produk dari kayu jati, gunakanlah produk perawatan kayu khusus, Biopolish Linseed Oil. Biopolish Linseed Oil adalah semir kayu yang terbuat dari bahan 100% alami. Semir kayu ini akan membuat mebel jati Anda terlihat indah sekaligus terproteksi dengan baik. Meskipun kayu jati awet dan tidak mudah rusak, namun tentunya akan lebih baik bila kayu jati dirawat sedemikian rupa.

Biopolish linseed oil mengandung minyak pine, linseed oil, beeswax serta berbagai natural oil lainya. kandungan bahan bahan yang ada pada biopolish ini mampu menjaga dan melindungi furniture kayu sehingga warnanya lebih tajam, tidak mudah basah, tetap kering, serta menjaga dari serangan jamur atau bakteri pembusuk lainya. diperkaya dengan bahan bahan alami, biopolish linseed oil mampu menjaga kondisi kayu jati tetap awet, tahan lama dan kuat. Bahkan semakin lama semakin nampak tua nan antik.

Dapatkan Semir Kayu Di Tempat Jual Semir Kayu Yang Bagus Untuk Memperindah Furniture Anda. kayu makin indah setelah disemir dengan Biopolish linseed oil

Informasi dan Pemesanan

Untuk informasi dan pemesanan Biopolish Eksterior, silahkan hubungi Customer Carekamidi081225784920 dan email di [email protected] Selain itu, anda juga bisa membeli biopolish linseed oil di marketplace berikut ini:

➡ BUKALAPAK : https://www.bukalapak.com/biopolish

➡ TOKOPEDIA : https://www.tokopedia.com/biopolish

➡ SHOPEE : https://shopee.co.id/shop/7299615/

➡ CAKNING : https://www.cakning.com/produk/biopolish-leather-care-1

➡ RALALI : https://www.ralali.com/v/biopolish

➡ LAZADA : https://www.lazada.co.id/biopolish

Artikel "Knowledge"

Ikuti Social Media Kami

Toko Online

Main Office

Jl. Sidikan No 94 Sorosutan
Yogyakarta, DIY 55162
Indonesia

081225784920

0274 388301

About Us

Biopolish produk untuk perawatan produk-produk berbahan kulit dan kayu. Produk ini juga bisa diaplikasikan untuk perawatan material berbahan sintetis seperti vinyl dan karet. Untuk pembelian dan pemesanan hubungi kontak.

©2015 - 2019 Biopolish.com - All Right Reserved.